• Beranda
  • ...
  • Fashionista
  • Tampil Beda, Pramugari Garuda Indonesia dalam Balutan Kebaya Karya Anne Avantie

airell.718Avatar border
TS
airell.718
Tampil Beda, Pramugari Garuda Indonesia dalam Balutan Kebaya Karya Anne Avantie


Kebaya merupakan salah satu khas Indonesia dan menjadi warisan kebudayaan. Oleh karena itu, kebaya harus tetap dilestarikan mengingat arus globalisasi yang mengakibatkan perubahan di berbagai bidang. Diantaranya: bidang pertanian, bidang sosial, bidang budaya. Sehingga, perubahan tersebut juga menyebabkan pola hidup serta pola pikir sebagian besar orang juga berubah.

Source: m.dream.co.id

Alasan yang lumrah kita jumpai mengapa sebagian anak muda atau remaja enggan memakai kebaya yaitu ribet. Honestly, ane juga ber-opini demikian GanSis, karena terbatasnya ruang gerak. Jadi, pemakian kebaya oleh anak muda atau remaja hanya digunakan pada acara/event tertentu. Misalnya wisuda, pernikahan, hari besar (hari kartini, pahlawan), upcara adat , dan kehidupan sehari-hari tapi sangat minim. Selain ribet, alasan lainnya adalah ketinggalan jaman.

Namun, seiring dengan perkembangan inovasi kebaya menjadi sangatlah keren dan tidak terkesan kuno seperti masa lampau. Bahkan, motif atau corak kebaya sudah beraneka ragam. Oleh karena itu, untuk terus melestarikan pakaian wanita tradisional ini (kebaya) maka banyak designer muda Indonesia yang melakukan inovasi. Hal tesebut juga bertujuan untuk menjunjung kearifan lokal. Sehingga, kesan memakai kebaya tidak terkesan formal dan cukup terbilang elegan.

Seperti rancangan designer Indonesia yaitu Anne Avantie. Anne merancang sebuah kebaya yang anggun (bertajuk kebaya pertiwi) dan dijadikan sebagai seragam pramugari Garuda Indonesia. Dengan perlakuan seperti ini diharapkan kebaya menjadi identitas Indonesia agar lebih dikenal di seluruh dunia.


Source: ekbis.rmol.id

Berdasarkan foto tersebut diketahui, rancangan dari Anne sangatlah bagus dengan memadukan warna soft pink keunguan (warna baju kebaya) dan batik (warna rok). Sehingga, menampilkan kesan yang anggun dan elegan sekaligus.


Source: Stylo.ID - Grid.ID

Dengan design yang elegan pastinya membuat kebaya terlihat tak akan ketinggalan jaman bukan?. Jadi, pola pikir para remaja mengenai kebaya harus diubah. Karena, di era sekarang sudah adanya inovasi kebaya menjadi modern dan terlihat sangat menawan tentunya tidak terkesan kuno.

Terkait dengan hal itu, adanya catatan berupa pemaduan kebaya. Karena, mengingat arti atau makna yang melekat pada kebaya.


Sumber: opini TS
Diubah oleh airell.718 19-08-2019 01:35
fanniajah
tata604
indriketaren
indriketaren dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashionista
Fashionista
icon
2.2KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.