alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e535cc9518b3164572ce9/menkominfo-jelaskan-alasan-pemblokiran-layanan-data-di-papua-papua-barat
Lapor Hansip
22-08-2019 15:33
Menkominfo Jelaskan Alasan Pemblokiran Layanan Data di Papua-Papua Barat
Past Hot Thread
Menkominfo Jelaskan Alasan Pemblokiran Layanan Data di Papua-Papua Barat

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, menjelaskan alasan pemblokiran sementara layanan data di Papua dan Papua Barat. Ia mengatakan keputusan pembatasan itu ditetapkan demi menjaga keamanan nasional.

"Ya kalau pro kontra semua apa pun yang diambil pasti ada yang suka ada yang tidak suka. Tapi ini kan kepentingan nasional dan sudah dibahas dengan aparat penegak hukum," ujar Rudiantara di Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019).

Rudiantara mengatakan pemerintah sangat menaruh perhatian terhadap insiden yang terjadi di sejumlah lokasi di Papua dan Papua Barat. Dia menegaskan pembatasan akses internet tak berlaku secara keseluruhan.

"Concern-nya adalah bagaimana kejadian-kejadian yang di Papua. Kan itu juga tidak seluruh Papua hanya beberapa kota tertentu, pertama dari Manokwari, terus ke Jayapura, pindah ke Sorong, pindah ke Fakfak," ucapnya.

Ia mengatakan bagi masyarakat yang ingin berkomunikasi bisa melalui sambungan telepon atau layanan pesan singkat (SMS). Rudiantara menegaskan pemerintah tak represif.

"Ini perjalanannya ini yang terjadi. Jadi dilakukan awalnya dilakukan thorttling (perlambatan akses), tapi sekarang datanya tidak berfungsi hanya masih bisa berkomunikasi orang menggunakan bertelepon voice maupun SMS," kata Rudiantara,

"Jadi tidak semua ditutup, Indonesia tidak represif-lah seperti negara lain. Kalau negara lain kan binary, binary itu kan ada atau tidak ada, kita masih ada, voice masih ada," imbuh dia.

Lebih lanjut, Rudiantara menyatakan pembatasan akses internet itu bersifat sementara. Menurutnya, pembatasan layanan data akan dihentikan jika situasi sudah kondusif.

"Mudah-mudahan kalau makin kondusif ya sudah. Kita juga operator kasihan juga kalau lama-lama, biar bagaimana pun ada pendapatan yang berkurang walaupun untuk kepentingan nasional," tuturnya.

Diberitakan, Kominfo RI memblokir layanan data di Papua dan sekitarnya. Hal ini menyusul peristiwa kerusuhan di sejumlah titik di Papua dan Papua Barat. Pemblokiran layanan data dilakukan per Rabu (21/8). Kominfo mengatakan pemblokiran akan dicabut setelah situasi di Papua dan sekitarnya kembali normal.

"Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya, setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan data telekomunikasi, mulai Rabu (21/8) hingga suasana tanah Papua kembali kondusif dan normal," kata Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo RI Ferdinandus Setu.

Quote:SUMBER BERITA


Dampak hoaks yang sempat membuat resah berbulan-bulan lalu memang terasa sangat signifikan sampai hari ini.

Pemerintah dan aparat bahkan harus mengambil langkah simpel (shortcut) dengan memblokir internet setiap ada kericuhan yang terjadi.

Jujur, agaknya jalan pintas yang sekarang ini sering diambil Menkominfo harus dikurangi dan mencari alternatif lainnya.

Karena harus diakui, dengan pemblokiran internet seperti ini akan memberikan dampak buruk pada ekonomi masyarakat berbasis digital.
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
22-08-2019 18:04
kakekane mana ? menterimu berulah lagi nih emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan bhumbhazta memberi reputasi
0
22-08-2019 18:04
Ah buruk rupa cermin dibelah emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gembalaonta212 dan 4 lainnya memberi reputasi
-1
22-08-2019 18:06
Setuju untuk mencegah berita Hoax tersebar yg memecah bela bangsaemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
22-08-2019 18:08
bagus, lebih baik kehilangan koneksi atau kerugian materi, daripada ada korban jiwa massal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maria.olivia dan 2 lainnya memberi reputasi
1
22-08-2019 18:08
Quote:Original Posted By hirak0
semakin mantap jadi menteri 2 periode emoticon-Leh Uga


Amit2..... amit2.... emoticon-Ngacir
profile-picture
anuku20cm memberi reputasi
1
22-08-2019 18:13
Quote:Original Posted By DoNotEvil
gw takutnya ini bakal jadi SOP pemerintah. lama2 jadi kayak china dah emoticon-Cape deeehh


Emang knp dengan cina? Phobia?

Maju terus pak rudi emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
bhumbhazta memberi reputasi
-1
22-08-2019 18:17
Quote:Original Posted By kakekane.cell
Saya nyampe nggak bisa brkata apa2,,,utk nanggepin MENTERI PEKOK YG SATU INI... emoticon-Cape d...


kontermu piye mas ??? keno imbas opo ora ??? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
22-08-2019 18:19
Jaman serba kritis
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
22-08-2019 18:20
gampang amat ya
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
22-08-2019 18:21
Quote:Original Posted By kakekane.cell
Amit2..... amit2.... emoticon-Ngacir


jangan sampai.... menurutku kebijakannya ga pro rakyat mulai dari pembatasan registrasi kartu yang seharusnya ga perlu di batasi asal pake no. KTP dan no. KK, terus yang baru baru ini pemblokiran HP BM di jaman perdagangan bebas seperti rada memberatkan distributor kecil padahal menurut ane TKDN udah cukup seharusnya untuk memangkas harga produk agar bisa bersaing harganya dari harga HP BM
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
22-08-2019 18:26
sabar yaa saudaraku disana semoga lekas pulih kembali emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
22-08-2019 18:29
lha pemerintah belum bisa batasi penggunaan sim card dan registrasinya juga msih ada yg pake no nik sembarang
Diubah oleh arshp
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
22-08-2019 18:30
Quote:Original Posted By saya.kira
Bukannya dengan tidak diblokir malah bisa counter hoax dengan cepat yah? Pemerintah males nih, Jakarta macet, banjir, polusi solusinya pindah ibu kota.

Padahal dulu ada yg bilang mengatasi masalah di Jakarta gampang, lalu bilang lagi jika jadi presiden lebih mudah mengatasi masalah di jakarta.


Hey, itu bukan urusan saya
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
22-08-2019 18:37
biar keliatan kerja
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
22-08-2019 18:45
Emang sejak kapan di papua kgk pernah mati2an internetnya? Goblok ini menkominfo kebanyakan pencitraan emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
22-08-2019 18:45
Quote:Original Posted By matthysse67
kontermu piye mas ??? keno imbas opo ora ??? emoticon-Big Grin


Nek sing PAPUA di blokir jelas ora... emoticon-Big Grin


Tapi pmbatasan prdana...??? Jelas aku,, kenok imbase... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
matthysse67 dan LaSeixas memberi reputasi
2
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
22-08-2019 19:39
wihhhhh bener banget, mantab nih ts nya, aku tunggu update threadnya. emoticon-Wink
profile-picture
profile-picture
bhumbhazta dan kakekane.cell memberi reputasi
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.