alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.85 stars - based on 27 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5379c282d495267947b55c/sedikit-kisah-tentang-seseorang-yang-pendidikannya-dibiayai-full-oleh-negara
Lapor Hansip
14-08-2019 10:02
Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara
Past Hot Thread
Anak Kampung, Orang Tua Petani, Bisa-kah Jadi Sarjana?

Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara
sumber foto : Pinterest


Sebagai anak seorang petani, dan wiraswasta. Semangat ane berkali-kali dipatahkan, oleh orang lain, tetangga, bahkan keluarga jauh. "Orangtua-mu mana punya uang buat kuliah!? Sudah di Kampung Saja!" kira-kira demikian kata yang dulu begitu menusuk ke relung hati ini, disampaikan oleh orang yang ane sayangi pula. 

Adapun pembahasan ini ane angkat, bukan karena ane dendam, melainkan karena ane memang purely ingin membagikan kisah nyata ane sendiri. Betapa ane punya hutang pada negara ini, hm. Suatu saat akan kubayar ya Indonesia, sekarang? kucicil dulu melalui tulisan yang semoga bisa menjadi penyemangat bagi anak indonesia yang lain. emoticon-Smilie

Quote:
Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara



Dalam hidup, ane selalu berusaha untuk berterus terang. Maka apa-apa yang ane sampaikan ini adalah apa yang betul-betul ane jalani (tanpa perez).

Dari jaman ane masih mengemban Sekolah Dasar (SD) dulu, SPP (Iuran Sekolah) orangtua ane dulu dibantu dengan program Dana BOS. Sejauh yang bisa ane ingat, bantuan tersebut diberikan karena ane tergolong anak kurang mampu, ck. Thanks to that program, karena pasti program tersebut amat membantu orangtua ane dulu, yang punya anak 3, sekolah semua.

Naik ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pun, ane masih dibantu oleh negara. Bagian ini ane minta maaf banget kepada para pembaca, ane sedikit lupa (samar-samar) nama programnya. Antara program dana BOS atau program dari Gubernur Sumatera Selatan. Program ini juga berlanjut sampai ane Sekolah Menengah Atas (SMA) di salah satu sekolah negeri favorit di kota kecil ane dulu. Hehe.

Kelas 3 SMA semester 2 (akhir) sebelum Ujian Nasional (UN), ane mulai galau tuh gan. Ane pengen banget lanjut kuliah, namun orangtua udah angkat tangan dari awal, ck. Untungnya, pada saat yang sama tiba-tiba ada pengumuman dari sekolah, bahwa ada beberapa anak yang berhak mengikuti PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dan BidikMisi, nah ane salah satu dari anak beruntung itu. Singkatnya, program ini membantu anak-anak terpilih untuk memilih Universitas tujuannya, dan jika terpilih, berhak kuliah tanpa tes, dan jika termasuk golongan tidak mampu, maka kuliahnya pun dibiayai secara penuh oleh negara (Uang Saku + Kuliah (Terima Amin Sampai Wisuda asal nilai bagus)).

Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara
Sumber Foto : Dokumen Pribadi emoticon-Malu (S)

Dan seperti yang nampak di Foto, akhirnya ane wisuda. Dengan nilai yang alhamdulillah membuat nama kedua orangtua ane digaungkan di satu aula wisuda. Dari depan, ane dapat melihat orangtua ane tampak menahan tangis bangga.

Kesimpulannya adalah, dari sekolah dasar hingga menempuh pendidikan strata 1, ane secara penuh dibiayai oleh negara. Kalau ane bisa, maka tidak ada anak lain yang tidak bisa (asal usaha).

Sebagai penutup, ane bagikan sedikit tata cara pendaftaran beasiswa BidikMisi secara individu (tidak harus didaftarkan pihak sekolah). Terkhusus untuk anak-anak di sekolah yang tidak pernah mendengar program ini.



Quote:Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara

Sumber Foto : screenshoot laman https://bidikmisi.belmawa.ristekdikt...id/petunjuk/7



Quote:
Sesungguhnya diri kita-lah, yang membuat batas dari impian-impian kita sendiri.
Diri kita juga-lah yang dapat membuat impian kita menjadi mungkin ''pun tidak mungkin.




Untuk Semua Manusia yang Kebetulan Mampir di Thread ini, Tolong Jangan Pernah Menyerah!

Dear Indonesia beserta pemerintahannya, aku tau bahwa kesempurnaan hanyalah milik tuhan. Terlepas dari tingkah beberapa oknum, terima kasih atas kerja keras kalian. Akhirnya anak kampung ini juga bisa jadi sarjana. 


Sincerely Kind
Agung Dermawan
emoticon-Salaman

Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cattleyaonly dan 73 lainnya memberi reputasi
74
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 11
18-08-2019 10:50
ya ampun, engkau keren sekali kak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
18-08-2019 13:25
wih keren Gan ...
sangat menginspirasi ...
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
18-08-2019 16:46
lakukan yg terbaik
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
18-08-2019 16:46
Quote:Original Posted By DeYudi69
wih keren Gan ...
sangat menginspirasi ...


Iya gan
Mantepp
profile-picture
profile-picture
DeYudi69 dan agungdar2494 memberi reputasi
2
19-08-2019 22:15
WOW, keren euy perjuangannya.

tak semua kemauan ada jalannya, jika kemauan itu hanya sekedar angan-angan.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
20-08-2019 08:05
Semangat meraih cita-cita
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:05
mantap gan lanjjutkan, semoga sehat selalu buat bapak dosennya
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:10
Satu dari sejuta yang memanfaatkan dengan baik amanat negara, di kampus ane yang sekarang, anak anak bidik misinya malah foya-foya, beli distro, pasang alis mata, otak gak ada, skripsi beli.. Sia-sia negara biayain sampah kaya gitu, terus semangat gan, semoga menjadi motivasi bagi yang lain.. emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:11
semangat gan. ane salah satu orang yang ga seberuntung ente yang mesti nyari duit sendiri buat kuliah emoticon-Malu (S)
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:11
keep goin gan.jangan patah semangat
ane juga kuliah gratis.hehe
agan ini yg patut dicontoh generasi muda
emoticon-2 Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:16
sangat memotivasi gan....pasti orang tua sangat bangga...
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:18
mantap gan
perjuangannya

memang bidikmisi dan dana bantuan itu sangat membantu gan. cuman saat dijaman ane masuk kuliah (2012) belum ada informasi memadai.

teman ane aja yang ke kampus bawa mobil, dapat bidikmisi.
bukan karena kalah saing atau pakai orang dalam. hanya saja, pelamar bidikmisi untuk dikampus ane itu sgt rendah. Tidak mencapai kuota yang tersedia, alhasil ya dimanfaatin.

kdg juga ada org yg udah punya, tapi masih nyari2 bidikmisi/dana bantuan kek gitu.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:26
Quote:Original Posted By agungdar2494
Next Story Tentang Beasiswa S2 (LPDP). Ane gagal di tahap wawancara akhir (perih), karena pada saat itu masih "labil".


Jangan menyerah Bro. Sebagai penerima LPDP, banyak temen2 gw yg seangkatan juga baru bisa dapet setelah 2 atau 3 kali percobaan bro.

Terus berjuang! Percayalah, ketima bro dapet dan bisa melanjutkan S2 ke luar negeri, itu bakal jadi pengalaman yang luar biasa bro.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:26
Ane dulu juga dpt beasiswa, beasiswa mama papa😂
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:27
Congratulation, brey emoticon-Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:28
Quote:Original Posted By DeYudi69
wih keren Gan ...
sangat menginspirasi ...


Quote:Original Posted By pabloo
lakukan yg terbaik


Quote:Original Posted By berbagi274
WOW, keren euy perjuangannya.

tak semua kemauan ada jalannya, jika kemauan itu hanya sekedar angan-angan.


Quote:Original Posted By esranida26
Semangat meraih cita-cita


Quote:Original Posted By khambing34
mantap gan lanjjutkan, semoga sehat selalu buat bapak dosennya


Quote:Original Posted By panjang.kaki
Satu dari sejuta yang memanfaatkan dengan baik amanat negara, di kampus ane yang sekarang, anak anak bidik misinya malah foya-foya, beli distro, pasang alis mata, otak gak ada, skripsi beli.. Sia-sia negara biayain sampah kaya gitu, terus semangat gan, semoga menjadi motivasi bagi yang lain.. emoticon-Blue Guy Peace


Quote:Original Posted By screamo37
semangat gan. ane salah satu orang yang ga seberuntung ente yang mesti nyari duit sendiri buat kuliah emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By benzodyssey
keep goin gan.jangan patah semangat
ane juga kuliah gratis.hehe
agan ini yg patut dicontoh generasi muda
emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By 4m15Bud1
sangat memotivasi gan....pasti orang tua sangat bangga...


Quote:Original Posted By Susahny
mantap gan
perjuangannya

memang bidikmisi dan dana bantuan itu sangat membantu gan. cuman saat dijaman ane masuk kuliah (2012) belum ada informasi memadai.

teman ane aja yang ke kampus bawa mobil, dapat bidikmisi.
bukan karena kalah saing atau pakai orang dalam. hanya saja, pelamar bidikmisi untuk dikampus ane itu sgt rendah. Tidak mencapai kuota yang tersedia, alhasil ya dimanfaatin.

kdg juga ada org yg udah punya, tapi masih nyari2 bidikmisi/dana bantuan kek gitu.


Terima Kasih sudah mampir dan membaca gan, semoga semakin banyak beasiswa pendidikan di Indonesia. Dan semoga dana tersebut jatuh ke tangan yg tepat.

Begitupun untuk tenaga pendidiknya, semoga segera diperhatikan kesejahteraannya. Kesian kalo tau gaji guru dan dosen. Sungguh tidak seimbang dengan jasa yg mereka lakukan (membangun peradaban).
profile-picture
screamo37 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:29
Quote:Original Posted By agungdar2494
Terima Kasih sudah mampir dan membaca gan, semoga semakin banyak beasiswa pendidikan di Indonesia. Dan semoga dana tersebut jatuh ke tangan yg tepat.

Begitupun untuk tenaga pendidiknya, semoga segera diperhatikan kesejahteraannya. Kesian kalo tau gaji guru dan dosen. Sungguh tidak seimbang dengan jasa yg mereka lakukan (membangun peradaban).


Asiyap gan emoticon-2 Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
22-08-2019 14:53
Mantab gan ...sangat menginspirasi emoticon-Jempol emoticon-Shakehand2
0
22-08-2019 15:13
Quote:Original Posted By agungdar2494
Next Story Tentang Beasiswa S2 (LPDP). Ane gagal di tahap wawancara akhir (perih), karena pada saat itu masih "labil".


Dulu daftar beasiswa ke Australia juga gagal emoticon-DP
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
22-08-2019 15:18
Balasan post kenditz
Quote:Original Posted By kenditz


Dulu daftar beasiswa ke Australia juga gagal emoticon-DP


Semangat, Gan!
Ada niat daftar lagi?
0
Halaman 8 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.