• Beranda
  • ...
  • Education
  • Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara

agungdar2494
TS
agungdar2494
Sedikit Kisah Tentang Seseorang yang Pendidikannya dibiayai FULL oleh Negara
Anak Kampung, Orang Tua Petani, Bisa-kah Jadi Sarjana?


sumber foto : Pinterest


Sebagai anak seorang petani, dan wiraswasta. Semangat ane berkali-kali dipatahkan, oleh orang lain, tetangga, bahkan keluarga jauh. "Orangtua-mu mana punya uang buat kuliah!? Sudah di Kampung Saja!" kira-kira demikian kata yang dulu begitu menusuk ke relung hati ini, disampaikan oleh orang yang ane sayangi pula. 

Adapun pembahasan ini ane angkat, bukan karena ane dendam, melainkan karena ane memang purely ingin membagikan kisah nyata ane sendiri. Betapa ane punya hutang pada negara ini, hm. Suatu saat akan kubayar ya Indonesia, sekarang? kucicil dulu melalui tulisan yang semoga bisa menjadi penyemangat bagi anak indonesia yang lain. emoticon-Smilie

Quote:


Dalam hidup, ane selalu berusaha untuk berterus terang. Maka apa-apa yang ane sampaikan ini adalah apa yang betul-betul ane jalani (tanpa perez).

Dari jaman ane masih mengemban Sekolah Dasar (SD)dulu, SPP (Iuran Sekolah) orangtua ane dulu dibantu dengan program Dana BOS. Sejauh yang bisa ane ingat, bantuan tersebut diberikan karena ane tergolong anak kurang mampu, ck. Thanks to that program, karena pasti program tersebut amat membantu orangtua ane dulu, yang punya anak 3, sekolah semua.

Naik ke tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) pun, ane masih dibantu oleh negara. Bagian ini ane minta maaf banget kepada para pembaca, ane sedikit lupa (samar-samar) nama programnya. Antara program dana BOS atau program dari Gubernur Sumatera Selatan. Program ini juga berlanjut sampai ane Sekolah Menengah Atas (SMA) di salah satu sekolah negeri favorit di kota kecil ane dulu. Hehe.

Kelas 3 SMA semester 2 (akhir) sebelum Ujian Nasional (UN), ane mulai galau tuh gan. Ane pengen banget lanjut kuliah, namun orangtua udah angkat tangan dari awal, ck. Untungnya, pada saat yang sama tiba-tiba ada pengumuman dari sekolah, bahwa ada beberapa anak yang berhak mengikuti PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) dan BidikMisi, nah ane salah satu dari anak beruntung itu. Singkatnya, program ini membantu anak-anak terpilih untuk memilih Universitas tujuannya, dan jika terpilih, berhak kuliah tanpa tes, dan jika termasuk golongan tidak mampu, maka kuliahnya pun dibiayai secara penuh oleh negara (Uang Saku + Kuliah (Terima Amin Sampai Wisuda asal nilai bagus)).


Sumber Foto : Dokumen Pribadi emoticon-Malu (S)

Dan seperti yang nampak di Foto, akhirnya ane wisuda. Dengan nilai yang alhamdulillah membuat nama kedua orangtua ane digaungkan di satu aula wisuda. Dari depan, ane dapat melihat orangtua ane tampak menahan tangis bangga.

Kesimpulannya adalah, dari sekolah dasar hingga menempuh pendidikan strata 1, ane secara penuh dibiayai oleh negara. Kalau ane bisa, maka tidak ada anak lain yang tidak bisa (asal usaha).

Sebagai penutup, ane bagikan sedikit tata cara pendaftaran beasiswa BidikMisi secara individu (tidak harus didaftarkan pihak sekolah). Terkhusus untuk anak-anak di sekolah yang tidak pernah mendengar program ini.



Quote:



Quote:



Untuk Semua Manusia yang Kebetulan Mampir di Thread ini, Tolong Jangan Pernah Menyerah!

Dear Indonesia beserta pemerintahannya, aku tau bahwa kesempurnaan hanyalah milik tuhan. Terlepas dari tingkah beberapa oknum, terima kasih atas kerja keras kalian. Akhirnya anak kampung ini juga bisa jadi sarjana. 


Sincerely Kind
Agung Dermawan
emoticon-Salaman

Diubah oleh agungdar2494 15-08-2019 09:51
ikakurnia28cattleyaonlyprimalaprima
primalaprima dan 74 lainnya memberi reputasi
75
10.7K
214
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.