News
Batal
KATEGORI
link has been copied
86
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5e116809b5ca75ea19f6cb/maafkan-sikap-saudaraku-wahai-saudaraku
Sesungguhnya Islam itu damai dan membawa kedamaian bagi pribadi dan bagi siapapun yang berada disekelilingnya. Begitu yang diajarkan Baginda Nabi Rasulullah Nabiyullah Muhammad Sallallahu 'alaihi wa Aalihi Wassalam. Nabi mengajarkan bagaimana cara Berinteraksi atau berakhlak dalam proses hidup dan kehidupan kita baik sesama muslim maupun penganut agama lain ataupun kepercayaan lainnya. Bagi saya,
Lapor Hansip
22-08-2019 10:52

Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...

Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...

Sesungguhnya Islam itu damai dan membawa kedamaian bagi pribadi dan bagi siapapun yang berada disekelilingnya. Begitu yang diajarkan Baginda Nabi Rasulullah Nabiyullah Muhammad Sallallahu 'alaihi wa Aalihi Wassalam. Nabi mengajarkan bagaimana cara Berinteraksi atau berakhlak dalam proses hidup dan kehidupan kita baik sesama muslim maupun penganut agama lain ataupun kepercayaan lainnya.

Bagi saya, sepengetahuan saya, tidak ada satupun agama yang mengajarkan keburukan, penghinaan, penghasutan atau bahkan mengkerdilkan orang lain yang tidak sejalan dengannya. Agama ada sebagai kontrol, sebagai rel agar kita semua tetap berada di jalur yang benar untuk mengenal Tuhan, Sang Pencipta, Pemilik alam dan semesta ini. Karena sifat manusia yang sombong, angkuh, merasa paling benar, merasa paling berilmu dibuatlah aturan agar tidak terjerumus terlalu dalam, itulah fungsi AGAMA.

Diluar Pro dan Kontra akibat adanya perkataan seorang pemuka agama, da'i, ustadz, yang menyinggung lambang dari saudara saya Nasrani, itu menurut pendapat pribadi beliau. Pendapat itu tidak mewakili semua umat Islam, saya adalah salah satu yang tidak diwakili oleh pendapat beliau. Kembali lagi, dan selalu diingatkan oleh para Ulama terdahulu bahwa sebelum ILMU hendaknya AKHLAK yang didepan. Karena dengan Akhlak, ilmu itu disampaikan dengan Baik tanpa menyinggung siapapun, sebaliknya ketika ILMU tidak disandarkan pada AKHLAK maka yang keluar dari ilmunya hanya sebagai pemuas EGO dari Nafsunya saja. Ini salah satu sebab kenapa ulama besar, ulama sepuh sangat berhati-hati dalam berkata-kata. Karena pertanggungjawabannya yang sangat besar.

Wahai saudaraku Nasrani, kalau seandainya ada salah satu saudara kami menyakiti bahkan menghina lambang suci kalian, maka aku pribadi mengucapkan maaf, maaf karena itu bukanlah ajaran yang diajarkan oleh Nabi kami. Kalau mengutip perkataan Al Imam Ali Bin Abi Thalib Karamallah Wajhahu, "yang bukan saudaramu seiman maka ia adalah saudara dalam kemanusiaan". Artinya kalian semua adalah SAUDARAKU. Ajaran kita semua mengajarkan cinta kasih terhadap sesama, maka terimalah maaf ini dari orang yang mencintai dan mengasihi kalian sebagai saudara. Semoga negara ini kembali sejuk, kembali adem agar kita semua bisa menjaga Tanah Air ini dengan keberaneka ragamannya, dengan kemajemukannya, tanpa harus menyakiti siapapun yang berada didalamnya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa menjaga kita semua, menjaga bangsa ini dari orang-orang yang tidak ingin kita BERSATU DALAM DAMAI...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kenpachiku dan 7 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 5
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:26
Quote:Original Posted By Faqih1730
[URL="https://www.[sensor spam]/check-valve"]Indahnya saling memaafkan[/URL], [URL="https://www.[sensor spam]/check-valve"]bertanggung jawab atas apa yang dilakukan[/URL] dan [URL="https://www.[sensor spam]/check-valve"]hidup berdamai[/URL]. Truk lagi dipake ama supir baru, yuk klik yang biru biru emoticon-Wink


Siap gan ntr mampir, mksh gan
emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:28
Quote:Original Posted By a12s
yah minimal berita nya gak seheboh ini lah saudaraku, bisa ketutup sama berita sara yg lain dan lambat laun akan menghilang seiring dengan waktu yg berlalu emoticon-Traveller


Salaman gan salaman... Hehehhee mudah2an semua bawa kebaikan

emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:29
ini ayat udah dibuang kok sama so mademoticon-Leh Uga
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:30
Quote:Original Posted By drs.obama
Itu jebmen saja saudaraku, maaf berarti ngaku salah dan mahok tetap di bui meski berbuih congornya moap maap moap maap...jangan suka menjebak saudaraku, itu tidak baik. Biarkan somad apa adanya ya...

emoticon-Wakaka


Gpp gan, atas siapapun yang tersinggung saya minta maaf, tidak mewakili siapapun, mewakili diri saya sendiri, mudah2an semua jadi adem amiiin...

emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:31
mari saling memaafkan



emoticon-Bata (S) ONLY emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
njir dan fahree.muhammad memberi reputasi
1 1
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:31
Quote:Original Posted By asuuuuuk
ini ayat udah dibuang kok sama so mademoticon-Leh Uga


Gak kok gan, bukan dibuang, mungkin saja terlupa karena tidak semua bisa hafal ayat perayat. Intinya saya minta maaf saja atas gesekan yang telah terjadi... Mudah-mudahan tidak terulang lagi, dan kita semua dalam kedamaian amiin...

emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:32
Quote:Original Posted By bata.special
mari saling memaafkan



emoticon-Bata (S) ONLY emoticon-Bata (S)


Marii gan.... Terimakasih...

emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:33
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Tapi saudara kita itu tidak mau minta maaf, wahai saudaraku
Kira-kira apa yang menyebabkan saudara kita itu ogah minta maaf?
Apakah karena ilmunya kelewat tinggi sehingga susah merendahkan diri?
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:36
Quote:Original Posted By widya poetra
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Tapi saudara kita itu tidak mau minta maaf, wahai saudaraku
Kira-kira apa yang menyebabkan saudara kita itu ogah minta maaf?
Apakah karena ilmunya kelewat tinggi sehingga susah merendahkan diri?


Kalau beliau belum mau meminta maaf, maka izinkan saya yang meminta maaf atas perkataan beliau yang telah menyakiti hati saudaraku, mudah2an damai negeri ini kembali....

emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:41
Apa urusannya ente sama somad, knp ente yg minta maaf?
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:43
Padahal banyak Kaskuser yg bijak menanggapi pertanyaan hadirin kepada Ust Abd Somad.
Kenapa ga di jawab
"Jika hatimu menggigil melihat salib berarti kadar keimananmu belum kuat saudaraku. Kamu harus lebih banyak beribadah ... dst."
Kan lebih enak didengar nya ..
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:48
Quote:Original Posted By to2wnrt
Apa urusannya ente sama somad, knp ente yg minta maaf?


Gk ada urusan gan, sama sekali. Hanya sebagai sesama saudara sebangsa saja, agar tensinya bisa sedikit lebih mereda...

emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:48
Sumur mana...curhat di hth, maaf mah udah keles...proses hukum tetep jalan emoticon-Traveller
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:51
Quote:Original Posted By sandal.unyu
Padahal banyak Kaskuser yg bijak menanggapi pertanyaan hadirin kepada Ust Abd Somad.
Kenapa ga di jawab
"Jika hatimu menggigil melihat salib berarti kadar keimananmu belum kuat saudaraku. Kamu harus lebih banyak beribadah ... dst."
Kan lebih enak didengar nya ..


Kalau mengutip kata-kata gus muwafik gan "iman dihati itu seperti saat kita pakai Kartu Telkomsul, walaupun berada di bawah tower indasit, tetep aj kita menggunakan kartu telkomsul"....

Kembali lagi, maafkan saudaraku wahai saudaraku... semoga damai menyertai kita semua amiin... terimakasih gan 🙏

emoticon-Salaman
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:52
Quote:Original Posted By hhendryz
Sumur mana...curhat di hth, maaf mah udah keles...proses hukum tetep jalan emoticon-Traveller


Proses hukum silahkan gan, udh ada yang berwenang, saya hanya melihat dari sisi yang lain. Terinakasih gan, nanti saya perbaiki lagi...

:siapgan
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:58
Tiada sehelai daun pun yang jatuh ke bumi tanpa izin ALLAH SWT.

Dan sesungguhnya kesombongan itu adalah milik ALLAH semata. Siapapun manusia yg sombong, apapun pangkat nya, setinggi apapun ilmu nya, maka diharamkan surga baginya....
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 11:59
Luar biasa Saudaraku, tapi sayang berbeda dgn Pak Usd UAS. Apa karena ilmu agamanya tinggi ya, kembali lagi ke Akhlak yg Saudara bilang di atas Dan, ane cukup bingung... Proses hukum, tetap harus berjalan itu sudah. Permohonan maaf sudah diwakili MUI emoticon-Smilie
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
Lapor Hansip
22-08-2019 12:02
Balasan post nikah6.indehoi9
Krn ada pepatah dr Ujung Kulon : "Minta maaf berarti mengaku salah."
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 12:23
Quote:Original Posted By 1stroland
Luar biasa Saudaraku, tapi sayang berbeda dgn Pak Usd UAS. Apa karena ilmu agamanya tinggi ya, kembali lagi ke Akhlak yg Saudara bilang di atas Dan, ane cukup bingung... Proses hukum, tetap harus berjalan itu sudah. Permohonan maaf sudah diwakili MUI emoticon-Smilie


Baru tau mui mewakili minta maaf..

Bukan mendukung uas utk tdk perlu minta maaf?
0 0
0
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...
22-08-2019 12:28
Quote:Original Posted By fahree.muhammad
Maafkan Sikap Saudaraku, Wahai Saudaraku...

Sesungguhnya Islam itu damai dan membawa kedamaian bagi pribadi dan bagi siapapun yang berada disekelilingnya. Begitu yang diajarkan Baginda Nabi Rasulullah Nabiyullah Muhammad Sallallahu 'alaihi wa Aalihi Wassalam. Nabi mengajarkan bagaimana cara Berinteraksi atau berakhlak dalam proses hidup dan kehidupan kita baik sesama muslim maupun penganut agama lain ataupun kepercayaan lainnya.

Bagi saya, sepengetahuan saya, tidak ada satupun agama yang mengajarkan keburukan, penghinaan, penghasutan atau bahkan mengkerdilkan orang lain yang tidak sejalan dengannya. Agama ada sebagai kontrol, sebagai rel agar kita semua tetap berada di jalur yang benar untuk mengenal Tuhan, Sang Pencipta, Pemilik alam dan semesta ini. Karena sifat manusia yang sombong, angkuh, merasa paling benar, merasa paling berilmu dibuatlah aturan agar tidak terjerumus terlalu dalam, itulah fungsi AGAMA.

Diluar Pro dan Kontra akibat adanya perkataan seorang pemuka agama, da'i, ustadz, yang menyinggung lambang dari saudara saya Nasrani, itu menurut pendapat pribadi beliau. Pendapat itu tidak mewakili semua umat Islam, saya adalah salah satu yang tidak diwakili oleh pendapat beliau. Kembali lagi, dan selalu diingatkan oleh para Ulama terdahulu bahwa sebelum ILMU hendaknya AKHLAK yang didepan. Karena dengan Akhlak, ilmu itu disampaikan dengan Baik tanpa menyinggung siapapun, sebaliknya ketika ILMU tidak disandarkan pada AKHLAK maka yang keluar dari ilmunya hanya sebagai pemuas EGO dari Nafsunya saja. Ini salah satu sebab kenapa ulama besar, ulama sepuh sangat berhati-hati dalam berkata-kata. Karena pertanggungjawabannya yang sangat besar.

Wahai saudaraku Nasrani, kalau seandainya ada salah satu saudara kami menyakiti bahkan menghina lambang suci kalian, maka aku pribadi mengucapkan maaf, maaf karena itu bukanlah ajaran yang diajarkan oleh Nabi kami. Kalau mengutip perkataan Al Imam Ali Bin Abi Thalib Karamallah Wajhahu, "yang bukan saudaramu seiman maka ia adalah saudara dalam kemanusiaan". Artinya kalian semua adalah SAUDARAKU. Ajaran kita semua mengajarkan cinta kasih terhadap sesama, maka terimalah maaf ini dari orang yang mencintai dan mengasihi kalian sebagai saudara. Semoga negara ini kembali sejuk, kembali adem agar kita semua bisa menjaga Tanah Air ini dengan keberaneka ragamannya, dengan kemajemukannya, tanpa harus menyakiti siapapun yang berada didalamnya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa menjaga kita semua, menjaga bangsa ini dari orang-orang yang tidak ingin kita BERSATU DALAM DAMAI...


Sori ni gan, emangnya masih pada ribut? Ane ga ngikutin berita maupun tv.

Ane cm tau dr kaskus UAS sendiri yg heboh bikin klarifikasi segala macam.
Bukan dr pihak kristen.

Kl dikaskus terkesan ribut itu demi traffic aja... Biar kaskus tetep awet.... emoticon-Ngakak

Btw, ane apresiasi agan yg mencoba utk berempati..
profile-picture
fahree.muhammad memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia