iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Berbeda Tetap Satu


Assalamualaikum

Halo, Agan dan Sista. Semoga kita selalu diberi kesehatan, ya. Melihat kondisi cuaca yang agak ekstrem akhir-akhir ini.

Pada kesempatan kali ini, ane ingin membahas masalah perbedaan. Lambang negara kita adalah Bhinneka Tunggal Eka yang artinya walaupun berbeda namun tetap satu. Menurut data dari sensus BPS tahun 2010, Indonesia mempunyai sekitar 1300 suku bangsa yang tersebar di seluruh provinsi.

Sumber gambar

Begitu banyaknya suku di Indonesia membuat kita kaya akan budaya. Baru-baru ini sedang hangat topik rasisme yang menimpa saudara kita, Papua. Jangan sampai kita ikut-ikutan memperkeruh suasana, ya, GanSist. Marilah kita terus menjaga rasa persaudaraan sesama.

Ane ingin menceritakan pengalaman pribadi, yang mengalami kasus rasis. Waktu itu ane masih lucu-lucunya, GanSist. Ketika memasuki tahun ajaran baru, orang tua ane mau daftar di sekolah madrasah ibtidaiyah, setingkat sekolah dasar.

Ane masih digandeng emak waktu jalan takut nyasar, maklum masih imut-imutnya. Ketika masuk ruang guru, emak ane bilang mau masukin ane sekolah. Ane lupa, siapa nama guru yang ditemui emak, kan ane masih kecil. Yang ane inget, waktu itu guru tersebut bilang gini, "maaf, Bu. Ini sekolah islam, anak ibu enggak bisa sekolah di sini."

Ane cuma bengong, enggak ngerti. Cuma emak ane bilang gini, "keluarga kami islam, Bu." Tapi dari pihak sekolah tetap menolak menerima ane jadi salah satu muridnya. Setelah berbincang cukup lama, baru diberi tahu alasannya. Alasan ane enggak diterima karena mata ane sipit.

Meskipun itu kejadian udah lama banget, tapi masih terekam jelas dalam memori ane. Begitu dahsyatnya efek yang ditimbulkan dampak rasialisme.
Bayangkan umur masih unyu-unyunya, lagi semangat-semangatnya memasuki dunia pendidikan. Kecewa, pasti. Marah, mau marah sama siapa, ane masih imut-imut.

Ane berharap tidak ada lagi rasisme dalam kehidupan kita. Kita semua sama. Sama-sama ciptaan Tuhan yang maha sempurna. Tidak ada yang lebih mulia di hadapan-Nya kecuali kadar keimanan.

Mari kita jaga persatuan negara kita, jangan mudah diadu domba. Berpikir bijak sebelum bertindak.

Sekian dulu, ya, GanSist. Semoga trit ane bermanfaat. Terima kasih atas apresiasinya. Jangan lupa cendol dan bintangnya. Maju terus Indonesia, selamat beraktifitas.





haz0204
anna1812
cattleyaonly
cattleyaonly dan 30 lainnya memberi reputasi
31
1.4K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.