iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Kebaya Dan Kartini


Assalamualaikum.

Halo, Agan dan Sistah. Semoga sehat dan bahagia selalu, ya. Pada trit kali ini, ane ingin membahas tentang peringatan hari lahir Kartini, di tempat ane khususnya, Jepara Jawa Tengah.

sumber gambar

Nama pahlawan nasional wanita ini, sudah tidak asing lagi, ya, GanSist. Karena perjuangan beliau, wanita sudah tidak dipandang sebelah mata. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan wanita pribumi.

Di tempat ane, peringatan hari lahir Kartini, identik dengan pemakaian kebaya, GanSist. Tepat pada tanggal 21 April setiap tahunnya, semua sekolah, baik dari tingkat PAUD hingga SMA berbusana kebaya bagi wanitanya, baik guru atau anak didik.

Bagi para orang tua murid, dari jauh-jauh hari sudah mulai disibukkan mencari jasa sewa kebaya bagi yang tidak memiliki koleksi kebaya pribadi. Atau membuat sendiri kebaya yang akan dipakai nanti. Para penjahit mulai kebanjiran orderan kebaya, tiap tahunnya.

Kebayang, kan, GanSist, bagaimana repotnya emak-emak mendandani anaknya, ini curhatan ane pribadi.

Peringatan Kartini tiap tahun, menjadi ladang subur bagi salon-salon kecantikan. Jasa merias wajah, selalu penuh pesanan. Bahkan ada yang dirias dari jam 5 pagi, loh, GanSist. Mulai dari merias wajah, memasang bulu mata, sampai memakai sanggul. Bagi yang berhijab, model hijab bisa disesuaikan sesuai pesanan.

Bagi siswa pria, dikondisikan sesuai kemauan, asal rapi dan sopan. Ada yang memakai baju muslim, berpakaian ala-ala pejabat, dan pakaian daerah.

Biasanya kegiatan belajar mengajar diliburkan, acara diisi dengan kegiatan doa bersama. Bagi siswa tingkat PAUD, ada acara lomba-lomba juga, meriah, GanSist. Ada lomba fashion show, bakiak, memasukkan bendera ke dalam botol, dan lainnya.

Sumber dokpri

Ada yang unik, GanSist. Emak-emak di Desa Bantrung, Kecamatan Batealit, Jepara Jawa Tengah, mengadakan lomba memancing berpakaian kebaya lengkap dengan riasan dan sanggul. Mereka seru-seruan saling mengadu ketangkasan memainkan kail pancing di sungai, yang sebelumnya sudah disebar 100 kg ikan lele.

Sumber gambar

Meriah, kan, GanSist. Semoga impian Kartini dapat terus terwujud. Bukan hanya euforia kemeriahan yang dirasa, tetapi semangat beliau, semoga tetap menyala di benak kartini-kartini masa kini.

Sekian dulu trit ane dalam perjumpaan kali ini, semoga menginspirasi. Jangan lupa cendol dan subcribenya. Salam hangat, selamat beraktifitas.
Diubah oleh iissuwandi 18-08-2019 07:02
Cahayahalimah
vasbungaku1985
tata604
tata604 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
1.6K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashionista
Fashionista
icon
2.2KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.