ceritanyaw.idAvatar border
TS
ceritanyaw.id
Pengguna VPN jadi target penjahat cyber!!

Sebelum ane sharing-sharing ane mau mendoakan agan dan sista sekalian agar sehat selalu dan semua doanya bisa cepat terwujud. Amin..

:terimakasih




Penjahat cyber yang sebelumnya menyerang dengan menyamar menggunakan website multimedia editor VSCD untuk mendistribusikan Trojan Win32.Bolik.2 sekarang mengubah strateginya.

Jika sebelumnya mereka meng-hijack link download dan menyematkan malware, para penjahat cyber sekarang memilih untuk membuat klon dari sebuah website ternama untuk mendistribusikan Trojan ke para korbannya. Hal ini membuat mereka dapat fokus untuk membuat trojan yang lebih mutakhir ketimbang menghabiskan waktu untuk mengambil alih aliran link dari website ternama.

Lebih jelasnya para penjahat cyber itu mendistribusikan trojan banking Win32.Bolik.2-nya via website nord-vpn[.]club, yang bisa kita lihat sendiri website yang di buat bisa memiliki kemiripan yang bisa di bilang sempurna. 



Kloning dari website tersebut bahkan memiliki sertifikat SSL yang valid dari "Open Certificate Authority" yang terenkrispsi di tanggal 3 agustus dan berakhir di tanggal 1 November. 
"Win32.Bolik.2" sendiri adalah versi upgrade dari Win32.Bolik.1, dan memiliki kapabilitas yang lebih tinggi.
Dengan menggunakan malware ini para penjahat cyber itu mampu untuk melakukan injeksi terhadap web, penyadapan, Keylogging dan bahkan mencuri informasi perbankan dari sistem client yang berbeda.

Penjahat cyber yang melakukan aksi ini sudah memulai aksinya dari tanggal 8 agustus kemarin, mereka berfokus kepada user yang berbahasa inggris namun tidak jarang ada pengecualian bagi user di luar bahasa inggris juga bisa menjadi target jika di lihat bisa menguntungkan. Dan website kloning dari nordVPN itu sudah di akses lebih dari seribu kali oleh para user untuk mencari link download dari aplikasi VPN nordVPN. 
Jika kita mengakses website tersebut dan mendownload aplikasi dari website klon tersebut, aplikasi yang kita cari benar-benar bisa kita download dan install seperti aplikasi aslinya dengan tujuan mencegah rasa curiga dari target selama proses penginjeksian malware.
emoticon-Cape d... 

Quote:




Untuk di indonesia sendiri masih jarang kasus seperti ini, namun bukan tidak mungkin penjahat cyber di indonesia mulai menerapkan cara yang serupa. Terlebih sekarang kita mulai bergerak kearah transaksi digital yang kedepanya akan lebih sering kita lakukan di keseharian kita. Ada baiknya jika kita mulai lebih bijak dan lebih teliti lagi untuk melakukan berbagai kegiatan di internet. Jangan sampai kejadian yang buruk menimpa kita hanya karena keteledoran kita karena tidak berhati-hati. Bagi agan dan sista sekalian yang sering menggunakan aplikasi VPN ada baiknya lebih waspada, ane gak melarang untuk menggunakan VPN toh ane juga pake buat akses beberapa situs seperti reddit, tapi ane lebih menghimbau agan dan sista sekalian untuk terus berhati-hati karena kejahatan di jaman sekarang bisa ada dimana-mana. 
emoticon-Jempol emoticon-Jempol


SUMUR

Jangan lupa bahagia.. 😁😁😁[url=traffic intercepts][/url]
davecchio
7kryptonite
azidqi
azidqi dan 9 lainnya memberi reputasi
10
6K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Computer Stuff
Computer Stuff
icon
50.4KThread8.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.