InaSendry
TS
InaSendry
Kesenian Tari Indonesia yang Dikagumi Dunia


Hai Gansist, beberapa waktu lalu kita baru saja memperingati hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus. Hmm,
ternyata sudah tujuh puluh empat tahun bangsa kita merasakan nikmatnya kemerdekaan yang diwariskan oleh para pahlawan pejuang kemerdekaan. Sebuah hadiah yang patut disyukuri.

Bicara tentang rasa syukur, Gansist, orang bilang negeri kita ini secuil surga yang diturunkan ke bumi. Bagaimana tidak, keindahan panorama, keanekaragaman hayati, kekayaan alam, budaya dan bahasa yang berasal dari keberagaman suku, semua kita miliki. Semua ada di sini, di Indonesia. Bangga bukan?

Nah, kita ambil satu contoh kekayaan budaya berupa kesenian. Kalau boleh ane persempit lagi, deh, tarian tradisional suku bangsa kita. Ada banyaaak sekali ragamnya dari Sabang sampai Merauke. Dengan perbedaan yang amat mencolok, baik kostumnya, musik pengiring, gerakannya. Beda sekali. Seperti tarian berikut ini:

1. Tari Saman


sumber gambar

Tarian ini berasal dari tanah Gayo Aceh, dimainkan oleh sepuluh orang penari atau lebih. Tari saman ditampilkan dalam peristiwa penting seperti menyambut tamu kehormatan atau perayaan hari besar keagamaan.

Tarian ini dimainkan tanpa iringan musik. Tepukan oleh para penarilah yang mengiringi setiap gerakan mereka. Keunikan tari saman terletak pada gerak yang dinamis, kekompakan dan juga kostumnya.

2. Tari Piring


sumber gambar

Tarian unik yang menampilkan atraksi lincah para penari--dengan piring di kedua tangan--berasal dari tanah Minangkabau kota Solok Sumatra Barat. Tari piring dipentaskan saat upacara adat seperti acara pernikahan, khitanan, pengangkatan penghulu. Tarian ini dulunya dilakukan saat perayaan panen, sebagai wujud rasa syukur.

3. Tari Reog


sumber gambar

Tarian dari Ponorogo Jawa Timur ini punya keunikan tersendiri. Para penarinya memakai kostum dan properti yang berbeda-beda. Ada yang memakai kostum prajurit berkuda, ada yang memakai kostum bertopeng binatang harimau dan monyet, kostum pendekar gagah yang disebut warok, dan penari utama yang membawa topeng raksasa, berupa kepala harimau berhiaskan bulu-bulu merak. Topeng raksasa tersebut dibawa dengan cara digigit. Para penari tersebut memerankan tokoh-tokoh cerita dalam kisah peperangan antar dua kerajaan, yaitu: Kerajaan Kediri dan Kerajaan Ponorogo.

4. Tari Pendet


sumber gambar

Tarian dari tanah dewata Bali ini dibawakan oleh gadis remaja, yang membawa mangkok berisi bunga. Bunga tersebut ditaburkan kepada penonton/tamu kehormatan. Dan ini ditampilkan sebagai pembukaan acara-acara penting.

Pada awalnya tarian ini dipakai dalam acara keagamaan. Dimaksudkan sebagai lambang rasa syukur, hormat, dan suka cita menyambut kehadiran para dewata yang turun dari kahyangan.

5. Tari Galangi


sumber gambar

Tarian perang ini berasal dari kesultanan Buton Sulawesi Tenggara. Para penari membawa properti gala atau tombak, bendera kuning, bendera merah, dan genderang. Tarian Galangi ini biasanya digunakan untuk mengiringi sultan, saat keluar istana atau menyambut tamu.

Itu hanya sedikit dari kekayaan tari tradisional kita. Kalau negeri lain mungkin, ya, dengan menampilkan sebuah tarian pasti akan ketahuan itu dari negara mana. Lah, kalau negara kita, ketika menampilkan satu tarian lalu kita bilang dari Indonesia, orang asing akan percaya. Lalu ketika ada tarian lain lagi yang sangat jauh berbeda, dan kita bilang itu pun dari Indonesia. Maka orang-orang dari negara lain pasti akan heran dan kagum.

Gansist pastinya sepakat bukan, apabila kekayaan negeri kita ini wajib dijaga dan dirawat agar tetap lestari? Bagaimana caranya? Tentu saja dengan mengenali, mempelajari dan melestarikan lalu mewariskannya kepada anak cucu kita kelak. Agar bangsa kita yang dikenal berbudi luhur, ramah dan indah akan selalu dikenal sepanjang masa.

Merdeka!

Malang, 22 Agustus 2018
Diubah oleh InaSendry 22-08-2019 02:31
adegkecilanasabila4iinch
4iinch dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.2K
111
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.