• Beranda
  • ...
  • UKM
  • Minim Modal, Belum Punya Pengalaman, Ingin Memulai Usaha? Ini Tipsnya

agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Minim Modal, Belum Punya Pengalaman, Ingin Memulai Usaha? Ini Tipsnya
Beberapa Tips Merintis Usaha Minim Modal, Tanpa Pengalaman
 (UKM - Usaha Kecil Menengah)
  





GanSis, pernah gak terbesit di pikiran, untuk mulai mencoba merintis usaha? Ada yang bilang susah, namun tidak sedikit yang menggampangkan masalah persiapan dan perencanaan. Berikut tips mengenai langkah-langkah untuk memulai bisnis, yang sudah penulis rangkum dari berbagai teori dan sumber, agar bersahabat dan ringan untuk dibaca para pembaca. 

Quote:



Beberapa Tips Merintis Usaha Minim Modal, Tanpa Pengalaman
 (UKM - Usaha Kecil Menengah)
 


1. Pahami Apa Yang Anda Sukai, dan Sukai Apa yang Anda Kerjakan



Bicara tentang melakukan sesuatu (segala hal), akan lebih maksimal jika hal tersebut terlebih dahulu kita 'cintai'.  Untuk menyeriusi apa-apa yang sudah kita cintai, pasti akan menjadi lebih mudah dan ringan. Maka dalam memulai usaha minim modal, apalagi minim pengalaman. Penulis sangat menganjurkan, untuk memulai dari hal yang sudah kita pahami dulu. 

Misalnya, seorang gadis sangat menyukai bunga. Mungkin diawali dengan menanam bunga, lalu bunga tersebut bertumbuh semakin banyak, pada akhirnya bunga-bunga itu bisa dimanfaatkan menjadi bouquet (karangan bunga). 

Atau, seorang pengoleksi jam tangan. Dikarenakan terbiasa membeli jam, lambat laun dia mengerti mana jam yang bagus, dan mana yang bisa dibeli murah, kemudian dijual lebih mahal. 

Kendati, memulai bisnis tak harus dari yang kita sukai. Tetap saja akan lebih baik sambil berjalan kita bisa menyukai apa yang kita lakukan, sehingga dalam perjalanan menjalankan bisnis ini kita tidak akan bosan.

2. Tetapkan Jenis Usaha, Survey Lapangan, dan Kenali Pangsa Pasar



Dari banyaknya peluang usaha, tentukan yang paling mudah untuk agan-sista pahami. Pilihlah usaha yang agan-sista sukai. Misal Agan-sista hobi masak, maka jualan Ayam Geprek (misalnya) adalah salah satu pilihan yang tepat. 

Setelah menetapkan jenis usaha, segera lakukan survey lapangan (terjun langsung), dengan tujuan melihat kompetitor dan pangsa pasar. Dengan contoh Ayam Geprek tadi misalnya, siapa pangsa pasar Agan? jikalau pangsa pasarnya adalah mahasiswa, yang agan butuhkan adalah lokasi dan tempat yang ketce badai (minimal bersih, syukur-syukur insta-worthy). Kalau pangsa pasar Agan adalah pekerja, maka yang diprioritaskan adalah harga, kebersihan dan rasa. Meskipun akan lebih baik jika semua kriteria diatas bisa diprioritaskan.

3. Lakukan Trial and Error



Sebelum menjalankan usaha, akan lebih baik jika Agan - Sista melakukan uji coba terlebih dahulu. Masih pada usaha Ayam Geprek, agan dan sista sebaiknya mencoba memasak ayam geprek, supaya tahu durasi masak, dan bahan yang dibutuhkan, selain itu coba-lah untuk membagikan ayam geprek pada orang lain, minta pendapat jujur dari mereka, dan coba tanyakan "Jika harganya Rp xx, kamu mau beli atau tidak?"

4. Buat Perencanaan Modal, dan Pengeluaran Belanja Awal (Termasuk Sewa Tempat)



Dalam memulai sesuatu usaha, tentu memerlukan modal (baca juga : Tips Menabung). Buatlah daftar apa-apa perlengkapan dan peralatan yang kira-kira diperlukan untuk membuat usaha ini berjalan, serta jangan lupa tambahkan komponen biaya sewa tempat (jika sewa), dan upah karyawan (jika perlu karyawan).

Pisahkan antara dana modal (termasuk biaya operasional), dari dana pribadi agan-sista. Jangan sampai tercampur aduk, penulis menyarankan untuk memisahkan catatan dan juga (kalau bisa) rekening. Hal ini penulis sarankan agar catatan agan-sista rapi, dan mudah untuk mengetahui usaha berjalan untung atau rugi.


5. Memprediksi Trend dan (atau) Kebutuhan Pasar


Di era yang serba canggih ini, kita bisa saja melihat tren pasar saat ini dari internet. Apa yang sedang hits dan viral. Dari sini terciptalah peluang usaha yang bisa kita ikuti. Misalnya beberapa waktu lalu sedang hits Es Kelapa Milo, meskipun sebentar dan tidak bertahan lama. Usaha yang seperti ini sangat menguntungkan loh GanSist.


Sedangkan untuk usaha yang ingin bertahan lama, GanSis perlu mengamati lebih mendalam perihal kebutuhan pasar, disesuaikan dengan target pasar dan tempat usaha ini akan beroperasi.
Misalnya di kawasan perindustrian, yang kebanyakan konsumen adalah pekerja kantoran. Gansist mungkin bisa membuka usaha minuman sejenis thai tea, dengan harga yang terjangkau. 


6. Manfaatkan Segala Wadah Gratis Untuk Promosi





Ada begitu banyak media sosial yang kita bisa manfaatkan sebagai ladang berpromosi secara gratis, jangan pernah malu untuk memanfaatkan media-media ini. Melalui media sosial, kita dapat memberikan informasi terkait produk kita, keunggulan produk, dan berbagai macam lainnya. 



7. Membangun Jaringan (Networking)



Dalam dunia bisnis (usaha), jaringan (networking) adalah sesuatu yang sangat penting. Melalui jaringan yang luas, kita bisa saja mendapatkan investor, bisa juga memperkecil pengeluaran, bahkan bisa juga menemukan customer loyal dan besar.  Ada banyak cara untuk membangun jaringan, dari bergabung ke suatu komunitas, kenalan, tukaran kartu nama, ikut berbagai acara, sosial media, dan masih banyak lagi. 

x. Bermanfaat

Sebaik-baiknya manusia, adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Oleh sebab itu, atas usaha yang agan-sista akan buat nanti. Utamakan ke-bermanfaatannya. Niscaya hal ini juga akan membuat usaha kita berjalan lancar, dan sukses.

Lagipula definisi sukses, tidak hanya sebatas tentang uang. Lebih daripada itu, adalah kepuasan batin kita pribadi.

Sebagai makhluk sosial, hati manusia akan menjadi ringan setiap kali berbagi ke manusia lainnya. Ada begitu banyak yang bisa penulis sarankan, diantaranya:
1. Menyediakan es teh gratis di warung makan.
2. Memberikan makanan yang tidak habis terjual ke anak jalanan, atau panti asuhan.
3. Bersedekah di tempat yang tepat (dari sebagian hasil usaha).

dan masih banyak lagi cara lainnya.

***

Mungkin sekian dulu, yang bisa ane sampaikan. Semoga ada manfaat yang bisa diambil.
Setiap komentar, kritik dan saran akan sangat berharga bagi ane pribadi sebagai bahan evaluasi menjadi penulis yang lebih baik lagi.


emoticon-Jempol

Hampir lupa, kalau thread ini ada bagusnya, tolong di cendol dan rate 5 (ehehe)
Sekian, Terima Kasih.



Referensi : di mari & di mari
Sumber foto : Google



lina.wh
Indriaandrian
agusagus294
agusagus294 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
5.1K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
UKM
UKM
icon
14.8KThread3.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.