Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
4450
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5237de12bfcb175022000002/cara-membedakan-madu-asli-dan-palsu
klik gambar untuk melihat lapak :cendols Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu Cara pertama: Tuangkan sedikit madu kedalam gelas yang berisi air putih bening, coba perhatikan dengan seksama. apabila
Lapor Hansip
17-09-2013 11:44

Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu

Past Hot Thread
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
klik gambar untuk melihat lapak emoticon-Cendol (S)


Quote:Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu

Cara pertama:



Cara kedua:



Videonya


rujukan


Ada cara lain?
Share di marih emoticon-Shakehand2

Quote:
F A Q


Quote:Original Posted By asuraimucok
gan
kalo madu yang ada sisa tawonnya gimana tuh gan emoticon-Bingung (S)

atu asli apa nggak.?


maksudnya yang dijual keliling itu? not recomended gan, bukan merendahkan hanya saja harganya itu lho yang membuat ragu..

kalau untuk sisa tawon, pada saat kita beli madu curah dalam skala besar juga terkadang ada sisa tawonnya, tapi kemudian di saring (disaring, bukan dicampur bahan lain) dan dikemas maka tinggal madu bersih saja.
Madunya asli selama penjual madu nya agan percaya. menjual madu = menjual kepercayaan.


Quote:Original Posted By asiamastravel
perasaan ada cara yg dibakar deh gan. tp lupa ane cara ngliatnya gmn tuh. dlu sih nyokap ane gitu gan emoticon-Big Grin


dengan cara korek api dimasukkan madu itu kan gan, ane gak percaya gan, hanya mitos.

Quote:Original Posted By 12dewa12iblis
madu asli ga disemutin gan


Quote:Original Posted By Centriga
kalo madu asli gak bakalan dikrubung ama semut gan
kalo palsu udah pasti dikrubungin semut


tidak mutlak juga gan kalau hanya dengan uji semut datang ke madu.

Penjelasannya begini,
pada saat madu masih di sarang/di pohon maka madu terlindungi oleh lapisan lilin yang tidak memungkinkan bagi semut untuk mendatanginya, pahit kali ya rasanya, sudah sunnatullah begitu. Kemudian ketika di panen, lapisan lilin itu disisir dan yang tersisa adalah madunya saja.
Nah, ketika tinggal madunya saja, meskipun gula madu berbeda dengan gula tebu dan gula lainnya, tapi tidak kemudian tidak ada semut yang akan datang, karena ternyata ada satu jenis semut yang masih mau manis gula, yaitu semut yang berkaki hitam, bukan rangrang ya, apa namanya ane gak tahu gan emoticon-Matabelo

Ringkasnya begitu gan. Intinya cari penjual yang agan percaya aja deh, yang tahu orang per orang sampai ke petani madunya, insya Allah itu madu asli.


Quote:Original Posted By auditor999
kalo setau ane, :
1. Madu aseli ga bakal membatu biar ditaruh di freezer selama apapun.
2. Madu aseli ga bakalan disemutin.
3. Kalo mau beli madu aseli, saran ane ya ente liat dulu yg jual madu tu punya peternakan madu segede apa? matching ga sama hasil madu yg dia jual gitu. tapi kalo beli madu di perhutani atau perusahaan resmi kayak 'madu pramuka' biasanya uda jelas kandungan madunya berapa di komposisinya.
4. Kalo ga yakin sama keaslian madu yg ente taksir, ya mendingan jangan coba2 beli.

sekian,
emoticon-Cool


Ane jawab semampu ane ya emoticon-Cool
1. Madu di taruh di Freezer.

Agan bilang membatu, yang bener gan: membatu, mengental atau mengkristal? Beda ya antara ketiganya. Kalau madu mengkristal itu biasa gan, masih mungkin madu itu asli, hanya saja kadar airnya kebanyakan, mungkin panen pas musim hujan dan sebagainya.

2. Madu asli tidak disemutin?

Sudah ane jawab pada komentar sebelumnya. emoticon-Cool

3. liat dulu yg jual madu tu punya peternakan madu segede apa?

Setuju gan, ane lebih mengedepankan kepercayaan penjual madu itu dengan apakah ia mempunyai jalur/kenal/tahu orangnya sampai ke petani madunya, itu penting gan..

4. Kalo ga yakin sama keaslian madu yg ente taksir, ya mendingan jangan coba2 beli.

sama dong dengan no 3 emoticon-Malu (S)

Terimakasih.


Quote:Original Posted By wh.
waktu itu ane ke Thailand diajarin sama pakarnya gan

ambil sesendok madu
tuang kemana aja suka2
setinggi apapun ente nuang itu madu, aliran nya ga bakalan putus

kalo soal disemutin ato ga itu salah kata pakar disana

madu asli ga boleh disimpen di kulkas
minum madu jangan pake sendok stainless
pake sendok plastik ato melamin



Mantap gan, tambahan yang bagus. Ada benarnya, TAPI untuk aliran putus itu tergantung kadar airnya juga sih, kalau madu asli dipanen tapi kadar airnya melebihi batas (>22-25) maka tidak akan terjadi aliran madu seperti itu, pasti akan putus-putus nantinya, ingat ya, madu ini asli juga.

Ane juga gak merekomendasikan madu untuk disimpan di kulkas, karena kemungkinan akan merusak kandungan madunya, sebagaimana madu dipanaskan. semua itu tidak disarankan.

Minum madu dengan logam? jangan gan, berbahaya. karena terbukti ketika madu bersentuhan dengan logam maka kandungan zat dalam logam akan bisa ikut dalam madu yang kita minum dan itu berbahaya bagi tubuh kita. sebaiknya minum dengan sendok plastik atau melamin, itu lebih bagus.


Quote:Original Posted By pamungkas31
lebih kentel madu asli kan


Yang ini juga bukan yang utama gan, madu berbeda kadar airnya pada setiap panennya. Disebabkan perbedaan nektar bunga yang dihisap lebah, cuaca, jenis lebah juga menentukan, dan lain-lainnya.

Quote:Original Posted By kingsoul
Ane pernah dengar gan, katanya kalo asli di kocok dlm botol kaca gk meletup
Cmiiw


Betul gan, itu juga salah satu trik untuk menguji keaslian Madu
Ujian keaslian dapat dilakukan dengan cara mengocok madu dalam botol pengemasnya. Madu asli biasanya setelah mengalami proses pengocokan akan mengeluarkan buih, sedangkan madu palsu tidak. Karenanya saat madu asli dalam botol, ia akan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka, maka akan terdengar suara letupan kecil.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa pengujian-pengujian diatas sangat berpengaruh terhadap geografis, bunga-bunga, iklim, nektar serta suhu setempat. Bila ada beberapa ketidakcocokan dalam hasil pengujian diatas itu disebabkan letak geografis yang menghasilkan madu berbeda-beda, akan tetapi pengujian yang terbaik masih pada pengujian laboratorium.


Quote:Original Posted By reversalchaos
jadi klo di tes pake api ato tes dirubung semut gak valid ya gan..? emoticon-Bingung (S)


Valid pada beberapa jenis madu, maksudnya dari beberapa madu dari jenis nektar bunga yang dihisap lebah. Jangan digeneralisasi.

Quote:Original Posted By Monkii1
boleh tips nya gan,,, ada juga kata orang kalo asli ditaruh dikertas tipis,madunya g nyerap ke kertas,,, emoticon-Bingung


Penjelasannya begini:
Uji keaslian dapat juga dilakukan dengan cara meneteskan madu pada selembar kertas. Madu yang berkategori palsu biasanya akan lebih mudah diserap oleh kertas karena kadar air yang dikandungnya lebih tinggi dibanding madu asli. Selain itu intensitas rasa manis madu palsu akan terasa lebih "lengket" di lidah. Sebaliknya pada madu asli, selain rasa manis akan ditemukan pula rasa asam mengingat madu asli memiliki tingkat keasaman (pH) sekitar 3,4 - 6,1.


Quote:Original Posted By SKenz
ada madu palsu yang ga di semutin, itu apa pake bahan kimia ?


indikator palsunya darimana? jangan asal vonis lho, banyak teman ane yang membuang madu yang masih banyak isinya hanya karena mitos-mitos yang tak pasti. setelah ane tanya ia bilang madu merk ini dan ini, padahal setahu ane sebagai penjual madu merek yang ia sebut ane kenal pengemasnya dan asal madunya. nyesel deh dianya.

Kemudian, madu dengan bahan kimia, memang ada, dan menakjubkan, bahkan uji manual seperti uji-uji yang telah kita kenal itupun bisa lolos, uji lab kadar air juga lolos, tapi untuk kandungan madunya semisal enzim yang terkandung itu yang dinyatakan sebagai madu palsu.

Kalau ente malas ke lab uji madu sendiri, ada cara mudah mengetahui keaslian madu yang kita beli setelah diuji manual, yaitu dengan merasakan reaksi di tubuh kita setelah mengkonsumsi madu. Biasanya setelah mengkonsumsi madu murni dan asli, badan agak lebih ringan, dan rasa lapar agak sedikit hilang untuk sementara waktu.
Semoga membantu. Terimakasih.


Quote:Original Posted By foo234
kebetulan nih nyokap beli sama tetangga. pas ane cek ternyata palsu gan. mau dibalikin juga udah dibuka. maklum gan nyokap ga tahu kayak gituan

kalo yang ane tahu sih ada beberapa gan

cium baunya, kalo madu asli ada semacam bau keras gitu gan, tapi ane ngga bisa jabarin kayak gimana ya

tes pake pentol korek, celupin dikit pentolnya, trus nyalain pentol koreknya. kalo nyala berarti asli

kalo madu asli ngga diribung semut sih kadang efektif juga, walaupun banyak agan meragukannya. menurut ane, madu itu sukrosa bukan glukosa. makanya semut ga begitu suka sama sukrosa CMIIW ya

kalo mau lebih jelas sih biasanya ane rasain gan. kebetulan lidah ane sensitif rasa. jadi udah langsung ketahuan tanpa dites. kalo bedainnya ane ga bisa jabarin dg kata2 ya

oya ada tips juga kalo minum madu jangan pake sendok logam, sebab menurut penelitian interaksi logam dan madu bisa mengurangi khasiatnya.

kalo tips bokap yang turun menurun itu kalo minum madu dituang ke telapak tangan dan dijilat gan emoticon-Ngakak (S) telapak tangan itu katanya netral. kalo orang2 dulu katanya juga gitu gan. yang jelas madu itu obatnya hampir semua penyakit


jawab:
dari bau: bahkan madu palsupun sekarang ini bau sifat dan rasanya bisa menyerupai madu asli

dengan pentol korek: itu juga tidak berlaku mutlak untuk semua jenis madu dari lebah yang berbeda-beda

dirubung semut: sudah terjawab

dirasain: madu asli akan bereaksi dalam tubuh dalam waktu 2 jam setelah diminum

dengan sendok logam, sudah terjawab

dengan telapak tangan: benar, tangan kita itu netral


Quote:Original Posted By prayogot
katanya kalo madu itu ga akan kadaluarsa,

pernah baca kalo di piramida pernah ditemukan madu, kagak tau boong bukan ????
emoticon-Matabelo


memang tidak ada batasan waktu kadaluarsa untuk madu, hanya saja untuk dipasarkan karena mengikuti kkode etik dari dinas kesehatan bahwa masa kadaluarsa untuk madu adalah 2 tahun.

jadi batasan masa kadaluarsa adalah tuntutan dari hukum yang berlaku di Indonesia bukan batasan madu itu berbatas waktu asalkan madu itu asli


Quote:Original Posted By alifrian.
Madu palsu itu berbahaya ga sih? emoticon-Bingung (S)


berbahaya kalau bahan yang dicampurkan di dalam madu tidak ada takaran pasti, yang mana overdosis pada suatu bahan ada kalanya sangat berbahaya bagi tubuh kita

Quote:Original Posted By kopikotak
kalo madu pait itu asli atau engga gan'


karena memang ada jenis lebah yang menghasilkan madu tapi pahit, yang saya tahu sih madunya kebanyakan berasal dari bangka belitung, tempat lain mungkin ada.

dan selama ente tahu dan percaya dengan penjualnya, maka itu adalah madu asli


Quote:Original Posted By Handsomemia
Hmmph, ternyata ada beberapa macam cara yang juga dipengaruhi beberapa faktor..
Kesimpulannya apa dong gan yang bener2 fix dan akurat untuk membedakan madu asli dan palsu..?? emoticon-Bingung (S)


kepercayaan aja kepada penjualnya
lebih fix lagi dan paling valid dan dianggap akurat untuk saat ini adalah dengan uji lab


Quote:Original Posted By davidsapta
1. mau nanya gan. yg di maksud madu palsu itu apa? madu yg di campur air (gula), atau emang dari bahan lain yg di buat jadi mirip madu?
2. kalo yg di jual di mini market itu termasuk madu ahlu atau bukan (iklannya agnes monica kalo gak salah)?


1. palsu bisa karena madu bukan dihasilkan tawon tapi dari campur tangan manusia dengan menggunakan bahan-bahan gula dan sejenisnya, ada juga dengan bahan kimia tertentu yang menghasilkan sifat dan rasa seperti madu asli emoticon-Nohope

madu asli dihasilkan oleh lebah, dan dikemas tanpa ada tambahan apapun dalam pengemasannya.

2. kami tidak mau men-judge merek tertentu, karena kami tidak tahu menahu tentang madu yang ente sbut, tanya ke penjual atau ke CS nya barangkali itu akan lebih memuaskan ente emoticon-shakehand


Quote:Original Posted By betamequip
kl dari segi harga bisa gak gan dibedain?kl madu asli itu ada harga standarnya?gmn dengan madu yg sudah diproduksi nasional dan sudah ada iklannya di tv,apakah termasuk asli atau palsu?sebenarnya kl madu yg palsu bisa berbahaya gak sama kesehatan?sori banyak nanya gan


kl dari segi harga bisa gak gan dibedain?

tergantung penjualnya jual berapa jenis madu

kl madu asli itu ada harga standarnya?

ada standar SNI, standar hasil cek laboratorium. masing-masing terdapat spesifikasi tersendiri dalam hasilnya

gmn dengan madu yg sudah diproduksi nasional dan sudah ada iklannya di tv,apakah termasuk asli atau palsu?

kami tidak berani menjudge merek tertentu karena kami tidak tahu banyak tentang madu yang mereka gunakan, silakan tanya CS madu yang bersangkutan

sebenarnya kl madu yg palsu bisa berbahaya gak sama kesehatan?

bisa berbahaya, karena madu campuran, kadang bahan campuran selain madu dicampurkan tanpa takaran yang jelas dan tanpa ada riset sebelumnya


Quote:Original Posted By readmeordie
fungsi madu buat apa sih, gan?
jarang konsumsi madu soalnya. pernah paling yg sachetan dulu, madurasa kalo gak salah.


agan maunya buat pengobatan apa/perawatan tubuh bagian mana?
beda diagnosa beda penyajian dan takaran, tidak bisa juga asal minum.

asalnya madu bisa digunakan untuk segala penyakit, tergantung penyakitnya apa, selanjutnya orang yang tahu madu akan tahu seberapa banyak dan kapan waktu terbaik untuku memberikan madunya.


Quote:Original Posted By duduloveodonk
madu asli kalo dminum akan terasa hangat

oiy,untuk kemasan bagusnya dtaruh dibotol apa ya?


bagus ditaruh di botol kaca saja, lebih aman, kalaupun ingin disimpan di botol plastik (PVC) usahakan gunakan sekali saja, jangan digunakan untuk diisi ulang emoticon-shakehand


Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu

Jangan lupa, kunjungi juga lapak alkhair disini: [Ready Stock] Madu Lebah Apis Dorsata Hutan Sumatera
Diubah oleh alkhairgroup
profile-picture
78Kg memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 227 dari 227
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
20-08-2019 21:15
kalau ane sih cek aja itu madu terdafar bpom gak, atau udah sertifikasi halal dr mui apa belom udah standar nasional apa belom kayak madu yg iklannya mpok agnes mo ntuh kan udah pasti keasliannya emoticon-Smilie madu tj asli lah yak
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
20-08-2019 21:25
Banyak juga ternyata cara tes madu asli apa gak
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
20-08-2019 21:52
Quote:Original Posted By jackfrostz
madu TJ tresno joyo yang 20 rb an di minimarket itu gimana tingkat keaslian nya gan ? apakah meragukan masuk kategori palsu madu kembang gula ?


Liat aja label komposisinya gan, tpi ane rasa madu tj asli gan, wong udah bpom juga udah SNI kan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
20-08-2019 21:55
Quote:Original Posted By panjhie_Jr
kalau ane sih cek aja itu madu terdafar bpom gak, atau udah sertifikasi halal dr mui apa belom udah standar nasional apa belom kayak madu yg iklannya mpok agnes mo ntuh kan udah pasti keasliannya emoticon-Smilie madu tj asli lah yak


Nah iyah br ane bilang td ke agan onoh, madu tj udah pasti keaslian nya ya karna kita tau madu tj asli uda terdaftar bopm
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
20-08-2019 23:09
wah nice thread banget emoticon-2 Jempol
aku lg pengen konsumsi madu nih buat kesehatan, apalagi cuaca ekstrim gini, setelah baca komen para agan sista kayanya banyak yang pake madu TJ ya emoticon-Thinking jadi pengen coba juga, karena aku emang pgn madu asli n murni... kayanya madu TJ udh byk yg konsumsi nih jd trusted
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
21-08-2019 14:12
Thank u infonya gan emoticon-Sundul
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
21-08-2019 14:16
Quote:Original Posted By jackfrostz
madu TJ tresno joyo yang 20 rb an di minimarket itu gimana tingkat keaslian nya gan ? apakah meragukan masuk kategori palsu madu kembang gula ?


Kayaknya madu tj asli gan, ane sih yg penting ada lebel halalnya sama bpom udeh percaya asli emoticon-Blue Guy Peace
Lagian juga madu tj udeh top brand yg iklannya agnezmo itu tuh emoticon-Kiss
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
21-08-2019 14:17
Quote:Original Posted By caryancanda
Liat aja label komposisinya gan, tpi ane rasa madu tj asli gan, wong udah bpom juga udah SNI kan


emoticon-Jempol
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
22-08-2019 19:46
Quote:Original Posted By panjhie_Jr
kalau ane sih cek aja itu madu terdafar bpom gak, atau udah sertifikasi halal dr mui apa belom udah standar nasional apa belom kayak madu yg iklannya mpok agnes mo ntuh kan udah pasti keasliannya emoticon-Smilie madu tj asli lah yak


Aku liat sih madu tj udah bpom, ada lebel halal juga, liat komposisinya juga ga ada tambahan kandungan lain, aman lah ya kalau gitu minum madu tj asli
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
23-08-2019 19:02
kudu hati2 skrng kalau beli madu yak, takut oplosan
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
23-08-2019 19:15
Ooh madu2 ane udah lulus uji gan mantap
profile-picture
profile-picture
TossBoy dan 999archer memberi reputasi
2 0
2
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
30-08-2019 15:26
Quote:Original Posted By 12dewa12iblis
madu asli ga disemutin gan


Bener gan, ane pernah coba tes madu tj.. tutup nya ane buka seharian dan ga disemutin
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
30-08-2019 15:29
Quote:Original Posted By suzy.zy
ane punya tuh madu tj drumah, dicek lebelnya aman sih gan madunya murni
udah memenuhi syarat sni juga


Ane juga dirumah pakennya madu tj.. klo udah ada label halal dan bpom nya pasti kan ga sembarangan..
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
30-08-2019 16:14
Ini madu tj lagi spam komen keknya wkwk
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
01-12-2019 05:20
Cara terbaik untuk mengecek madu asli atau tidak sebenarnya haru di lab. Artikel ciri ciri madu asli tanpa campuran dapat membantu juga mencerahkan gan
0 0
0
Cara Membedakan MADU Asli Dan Palsu
01-03-2020 06:08
Terima kasih gan infonya... Bermanfaat!
0 0
0
Halaman 227 dari 227
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia