iissuwandi
TS
iissuwandi
Kelor Tanaman Ajaib Multi Fungsi

Sumber dokpri


Assalamualaikum.

Halo, Agan dan Sistah di seluruh nusantara. Semoga sehat dan bahagia selalu.

Dalam kesempatan kali ini, ane ingin membahas tanaman ajaib multi fungsi, kelor. Jadi ingat pepatah, "dunia tak selebar daun kelor," yang artinya dunia tidak sempit. Sebuah nasihat yang mengingatkan kita agar tidak putus asa, patah semangat, ada banyak jalan menuju Roma.

Di tempat ane, Jepara Jawa Tengah, tanaman ini masih banyak tumbuh. Daun kelor menjadi salah satu masakan favorite keluarga. Cara memasaknya cukup mudah, Agan dan Sistah, cukup ditambah bumbu bawang putih dan temu kunci yang digeprek, sama seperti masak sayur bening pada umumnya.


Sumber dokpri

Kegunaan kelor sangat banyak, ya, GanSist. Tanaman ini dipercaya dapat menurunkan asam urat dan kolesterol. Apalagi setelah memakan daging kurban kemaren, kelor bisa menjadi alternatif sebagai pengganti obat.

Kelor juga dipercaya dapat mengobati kanker, karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Menurunkan kadar gula dalam darah, menyehatkan pencernaan, dan menjaga fungsi otak.

Tanaman kelor ini juga dapat mengobati cacingan, loh, Agan dan Sistah. Caranya dengan merebus daun kelor bersamaan dengan daun cabai dan meniran. Air rebusan tersebut diminumkan pada anak yang menderita cacingan. Fungsinya untuk mengurangi infeksi cacing, terutama cacing pita dan cacing kremi.

Bukan hanya daun kelor yang dapat dimanfaatkan, ternyata bunga kelor juga bermanfaat, loh, Agan dan Sistah. Bunga kelor dimanfaatkan sebagai bahan membuat parfum. Penasaran, ane mencoba mencium bunga ini. Setelah ane petik dari pohonnya, bunga dalam genggaman langsung ane cium. Ternyata memang harum, meskipun wanginya cenderung lembut, tidak menyengat seperti bunga pada umumnya.


Sumber dokpri

Bunga kelor dipercaya dapat mengurangi segala macam peradangan. Terutama radang tenggorokan (bersamaan dengan pilek), radang gusi atau sakit gigi. Sebaiknya bunga kelor dikonsumsi secara segar. Tidak dianjurkan untuk dipanaskan atau dimasak. Karena dapat mengurangi kandungan gizi. Dapat dibuat lalapan, GanSist.

Setelah membahas daun dan bunga kelor, selanjutnya biji kelor, ya, GanSist. Biji kelor dapat menurunkan tekanan darah, tekanan darah tinggi yang tidak terkendali dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Bahaya bangat, kan. Ngeri, ane ngebayanginnya.


Sumber dokpri

Bagi Agan dan Sistah yang kesulitan tidur nyenyak, biji kelor bisa jadi solusinya. Satu jam sebelum tidur, GanSist bisa mencoba minum air rebusan biji kelor. Selain membuat tidur berkualitas, juga bisa membuat badan segar esok harinya. Badan jadi lebih berenergi.

Semakin majunya teknologi, sekarang kelor sudah dapat dikonsumsi dalam bentuk pil atau kapsul. Agan dan Sistah tidak perlu repot-repot mengolahnya lagi, cukup ditelan.

Itulah beberapa manfaat dari pohon kelor. Meskipun tanaman ini identik dengan hal mistik, yang konon katanya bisa melunturkan susuk bagi pemakainya, tapi manfaatnya luar biasa.

Semoga trit ane bermanfaat, ya, GanSist. Sampai jumpa lagi di trit ane berikutnya. Terima kasih atas apresiasinya. Salam hangat, selamat beraktifitas.


delia.adelhvzalfvasbungaku1985
vasbungaku1985 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.6K
148
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.