Update.BeritaAvatar border
TS
Update.Berita
Udara Tangsel Sangat Tidak Sehat, Studi Kaitkan Polusi dengan Gangguan Bipolar
Akhir-akhir ini masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di sekitar Ibukota sedang berkutat dengan kualitas udara yang masuk kategori tidak sehat. Bahkan, kualitas udara yang buruk tersebut tidak hanya di DKI Jakarta, namun juga menjalar hingga ke Tangerang Selatan.

Buruknya kualitas udara di kedua kota tersebut tentunya akan menyebabkan kesehatan paru-paru terganggu. Namun, ternyata ada studi lain yang menyebut jika polusi udara yang buruk juga berpengaruh pada kesehatan mental seseorang.

Masa sih? Kita baca aja yuk beritanya dibawah ini:


Ilustrasi polusi udara. Foto: Pradita Utama


Jakarta- Pagi ini, Jakarta masih dikelilingi polusi udara yang terbilang belum sehat. Gantian Kota Tangerang Selatan yang berdasarkan data Airvisual, kualitas udaranya ada di level sangat tidak sehat.

Bukan hanya kesehatan paru-paru, polusi udara juga bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian dari University of Chicago yang melibatkan analisis dua negara, Amerika Serikat dan Denmark.

Penelitian itu, dari database kesehatan Amerika Serikat, ditemukan bahwa kualitas udara yang buruk memiliki peningkatan 27 persen masyarakatnya terkena gangguan bipolar dan peningkatan 6 persen pada depresi berat dibandingkan masyarakat yang dikelilingi udara yang sehat.

Sementara penelitian pada wilayah Denmark menemukan ada peningkatan gangguan kesehatan mental sebesar 29 persen di wilayah yang kualitas udaranya buruk.

Para peneliti juga menemukan, paparan udara yang buruk pada anak usia dini berkaitan kuat dengan pengembangan depresi berat, skizofrenia, dan gangguan kepribadian lain.

"Studi kami di Amerika Serikat dan Denmark menunjukkan bahwa tinggal di daerah yang tercemar, terutama di awal kehidupan, merupakan prediksi gangguan mental," kata ahi biologi komputasi yang juga peneliti utama, Atif Khan dikutip dari DailyMail.

Quote:

vly69
kenpachiku
kudanil.la
kudanil.la dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.4K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.