alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
41
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5c818928c9911372230c6f/tanpa-tunggu-laporan-polri-bisa-segera-cekal-ustadz-abdul-somad
Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), seharusnya bisa segera lakukan tindakan kepolisian terhadap Ustadz Abdul Somad terkait dugaan penistaan atau penodaan agama sebagaimana rekaman video yang berisi ucapan tausiyah atau dialog Ustadz Abdul Somad tentang Yesus, Salib Yesus dan Setan atau Jin dalam Salib Yesus. Tindakan Kepolisian ini sangat diperlukan karena Video yang berisi Tau
Lapor Hansip
21-08-2019 06:26

Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad



Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), seharusnya bisa segera lakukan tindakan kepolisian terhadap Ustadz Abdul Somad terkait dugaan penistaan atau penodaan agama sebagaimana rekaman video yang berisi ucapan tausiyah atau dialog Ustadz Abdul Somad tentang Yesus, Salib Yesus dan Setan atau Jin dalam Salib Yesus.

Tindakan Kepolisian ini sangat diperlukan karena Video yang berisi Tausiyah Ustadz Abdul Somad telah beredar secara luas dalam beberapa hari terakhir ini berpotensi menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan antar individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA.

“Polri tidak boleh membudayakan sikap menunggu masyarakat melapor baru bertindak atas setiap tindak pidana umum yang terjadi di tengah masyarakat, meskipun Laporan Masyarakat juga sangat penting bagi Polri untuk melakukan tindakan kepolisian. Namun khusus untuk kasus-kasus kejahatan tertentu yang sangat mengganggu keutuhan NKRI dan Ketertiban Umum terlebih-lebih kasus yang bermuatan SARA, maka Polri harus bertindak cepat tanpa harus menunggu laporan masyarakat, karena tindakan kepolisian berupa melarang seseorang atau beberapa orang tidak berpergian ke luar negeri (mencekal) menetapkan sebagai tersangka dan menahan merupakan wewenang Polri yang dilindungi UU,” ujar Ketua Tim Task Force Forum Advokat Pengawal Pancasila, Petrus Selestinus, melalui siaran pers di Jakarta, Senin (19/8).

Beredarnya rekaman video berisi dialog/ceramah Ustadz Abdul Somad yang berisi penjelasan atas pertanyaan audience tentang Salib Yesus, telah melukai hati dan perasaan Umat Kristen di Indonesia bahkan di negara lain yang menonton video tersebut.

Oleh karena itu, menurut Petrus, jika Polri baru akan bertindak setelah ada Laporan Masyarakat, bahkan setelah masyarakat melapor, pun laporan masyarakat tidak diproses, hal itu berpotensi menimbulkan tindakan main hakim sendiri yang mengarah kepada perpecahan dalam masyarakat. “Apalagi peristiwa pidana yang diduga terjadi adalah peristiwa yang dikualifikasi sebagai penodaan atau penistaan agama yang diduga dilakukan oleh tokoh yang seharusnya menjaga toleransi dan persatuan,” ujarnya.

Petrus mengatakan, dalam kasus yang sangat mengganggu pilar-pilar negara terutama kasus yang berkonten SARA, negara harus hadir dan bertindak adil terhadap setiap orang yang diduga melakukan penistaan agama, tidak boleh ada diskriminasi dalam negara Pancasila, karena hukum positif kita sudah cukup mengatur tentang perbuatan yang dilarang dan diancam dengan pidana terkait SARA dan/atau Penodaan Agama sebagaimana dimaksud dalam pasal 156a KHUP jo. pasal 28 ayat (2) dan pasal 45A ayat (2) UU No. 19 Tahun 2016, Tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Pembentukan UU No. 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008, Tentang Informasi dan Transasksi Elektronik, bertujuan untuk menjamin pengakuan dan penghormatan terhadap hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan keamanan dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat yang demokratis.

“Karena itu tindakan kepolisian terhadap Ustadz Abdul Somad berupa mencekal, memberikan status tersangka, ditangkap dan ditahan guna dimintai pertanggungjawaban pidana adalah merupakan suatu keharusan demi keselamatan bangsa dan NKRI,” ujar Petrus.

Petrus melanjutkan, tindakan Kepolisian berupa pencekalan secara lebih dini harus dibudayakan oleh Polri dalam kasus-kasus pidana yang mengancam 4 (empat) pilar negara. “Hal itu guna mengakhiri budaya lari dari tanguung jawab dan berpergian ke luar negeri ketika tahu proses hukum mulai berjalan sebagaimana pernah dilakukan oleh beberpa tokoh yang diduga melakukan kejahatan namun serta merta menghilang ketika tahu proses hukum mulai berjalan,” pungkasnya.

http://indonews.id/mobile/artikel/23...z-Abdul-Somad/

Orangnya ada dimedan, tunggu apalagi emoticon-Bata (S):
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
Lapor Hansip
21-08-2019 07:43
Balasan post areszzjay
Tanpe beban tai kucing.. pret ah!!
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 07:43
Quote:Original Posted By jepanghebat


Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), seharusnya bisa segera lakukan tindakan kepolisian terhadap Ustadz Abdul Somad terkait dugaan penistaan atau penodaan agama sebagaimana rekaman video yang berisi ucapan tausiyah atau dialog Ustadz Abdul Somad tentang Yesus, Salib Yesus dan Setan atau Jin dalam Salib Yesus.

Tindakan Kepolisian ini sangat diperlukan karena Video yang berisi Tausiyah Ustadz Abdul Somad telah beredar secara luas dalam beberapa hari terakhir ini berpotensi menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan antar individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA.

“Polri tidak boleh membudayakan sikap menunggu masyarakat melapor baru bertindak atas setiap tindak pidana umum yang terjadi di tengah masyarakat, meskipun Laporan Masyarakat juga sangat penting bagi Polri untuk melakukan tindakan kepolisian. Namun khusus untuk kasus-kasus kejahatan tertentu yang sangat mengganggu keutuhan NKRI dan Ketertiban Umum terlebih-lebih kasus yang bermuatan SARA, maka Polri harus bertindak cepat tanpa harus menunggu laporan masyarakat, karena tindakan kepolisian berupa melarang seseorang atau beberapa orang tidak berpergian ke luar negeri (mencekal) menetapkan sebagai tersangka dan menahan merupakan wewenang Polri yang dilindungi UU,” ujar Ketua Tim Task Force Forum Advokat Pengawal Pancasila, Petrus Selestinus, melalui siaran pers di Jakarta, Senin (19/8).

Beredarnya rekaman video berisi dialog/ceramah Ustadz Abdul Somad yang berisi penjelasan atas pertanyaan audience tentang Salib Yesus, telah melukai hati dan perasaan Umat Kristen di Indonesia bahkan di negara lain yang menonton video tersebut.

Oleh karena itu, menurut Petrus, jika Polri baru akan bertindak setelah ada Laporan Masyarakat, bahkan setelah masyarakat melapor, pun laporan masyarakat tidak diproses, hal itu berpotensi menimbulkan tindakan main hakim sendiri yang mengarah kepada perpecahan dalam masyarakat. “Apalagi peristiwa pidana yang diduga terjadi adalah peristiwa yang dikualifikasi sebagai penodaan atau penistaan agama yang diduga dilakukan oleh tokoh yang seharusnya menjaga toleransi dan persatuan,” ujarnya.

Petrus mengatakan, dalam kasus yang sangat mengganggu pilar-pilar negara terutama kasus yang berkonten SARA, negara harus hadir dan bertindak adil terhadap setiap orang yang diduga melakukan penistaan agama, tidak boleh ada diskriminasi dalam negara Pancasila, karena hukum positif kita sudah cukup mengatur tentang perbuatan yang dilarang dan diancam dengan pidana terkait SARA dan/atau Penodaan Agama sebagaimana dimaksud dalam pasal 156a KHUP jo. pasal 28 ayat (2) dan pasal 45A ayat (2) UU No. 19 Tahun 2016, Tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Pembentukan UU No. 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008, Tentang Informasi dan Transasksi Elektronik, bertujuan untuk menjamin pengakuan dan penghormatan terhadap hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan keamanan dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat yang demokratis.

“Karena itu tindakan kepolisian terhadap Ustadz Abdul Somad berupa mencekal, memberikan status tersangka, ditangkap dan ditahan guna dimintai pertanggungjawaban pidana adalah merupakan suatu keharusan demi keselamatan bangsa dan NKRI,” ujar Petrus.

Petrus melanjutkan, tindakan Kepolisian berupa pencekalan secara lebih dini harus dibudayakan oleh Polri dalam kasus-kasus pidana yang mengancam 4 (empat) pilar negara. “Hal itu guna mengakhiri budaya lari dari tanguung jawab dan berpergian ke luar negeri ketika tahu proses hukum mulai berjalan sebagaimana pernah dilakukan oleh beberpa tokoh yang diduga melakukan kejahatan namun serta merta menghilang ketika tahu proses hukum mulai berjalan,” pungkasnya.

http://indonews.id/mobile/artikel/23...z-Abdul-Somad/

Orangnya ada dimedan, tunggu apalagi emoticon-Bata (S):

Ah yang boneng gan..
Masa onta cekal onta...
Ntar diketawain babi...
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 07:43
Jangan polis yg tangkep so mad, cukup ahli gigik pengkolan jalan banceuy atau stap rsj grogol yg tangkep die !
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
Lapor Hansip
21-08-2019 07:44
Balasan post tristan99
Quote:Original Posted By tristan99
Bagusny tdk usah dibawa ke jalur hukum. Jgn ikut2an kaya 212.

Entah kenapa saya kok merasa ada yg aneh. Bertepatan dgn peringatan kemerdekaan tiba2 ada geger di papua. Lalu video-ny ustad abdul somad viral. Kebetulan semata atau...?


Perlu dibawa ke jalur hukum.

Meskipun belum tentu ada tindakan dari polisi apalagi sampai penjara kayak Ahok, tapi setidaknya ini bisa menjadi catatan hitam di atas putih bukti bahwa:

- Hukum Indonesia tajam ke minoritas non muslim tapi tumpul ke mayoritas muslim

- Menghina dan mengolok agama lain tidak apa2 asal di intern tertutup, walaupun videonya beredar luas.


Itu kalau aparat tidak menindak UAS meskipun sudah banyak pihak yg melaporkan penistaan agama ini.
emoticon-Cool
profile-picture
dariusss memberi reputasi
1 0
1
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
Lapor Hansip
21-08-2019 07:47
Balasan post jepanghebat
@jepanghebat ah tai kucing, mau muntah gw denger Jokowi bilang tanpa beban.
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
Lapor Hansip
21-08-2019 07:52
Balasan post qavir
Quote:Original Posted By qavir


Perlu dibawa ke jalur hukum.

Meskipun belum tentu ada tindakan dari polisi apalagi sampai penjara kayak Ahok, tapi setidaknya ini bisa menjadi catatan hitam di atas putih bukti bahwa:

- Hukum Indonesia tajam ke minoritas non muslim tapi tumpul ke mayoritas muslim

- Menghina dan mengolok agama lain tidak apa2 asal di intern tertutup, walaupun videonya beredar luas.


Itu kalau aparat tidak menindak UAS meskipun sudah banyak pihak yg melaporkan penistaan agama ini.
emoticon-Cool


Kalo sudah terlanjur dilaporin ke polisi yo wis tp jgn ngotot2an kaya 212. Somad itu pengikutny bnyk. Levelny lebih tinggi dari Riziek. Kalo diterusin bisa bikin geger.
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 07:53
pentingnya menjaga tutur kata di publik, apalagi kalo sudah masuk medsos sampai kapanpun tidak akan bisa dihapus secara permanen..
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 08:02
udah lah mad
pinter dikit nape
minta maaf aja lah
mumpung lagi trendi tuh
gub jatim khofifah dan wawakot malang sutiadji aja udah minta maaf ama papua
nambah ente satu lagi minta maaf juga gak papa kok join gerbong maaf
gak akan di anggap rendah, karena lagi trendi sekarang pentolan NKRI minta maaf, jadi pasti di maafkan kok
lain halnya kalo ente sendirian minta maaf, ngejreng banget keliatan nya ntar
zakir naik aja minta maaf di malaysia kok, masak ente kagak?
gimana yah kira2 isi benak cungkring saat ini yang katanya tanpa beban? ini beban bangsa udah segede gaban gini dibilang tanpa beban? keep ngakak aja deh, heran model gitu bisa menang 2 periode, yg milih berarti setali 3 uang sama cungkring mutu nya
Diubah oleh alprazolam666
0 0
0
Lihat 1 balasan
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 08:11
Quote:Original Posted By sniper2777
Klemar klemer dong? emoticon-Big Grin


Ya emang, ama ginian kicep si wiwiemoticon-Leh Uga

Apalagi wakilnyaemoticon-Ngacir
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 09:17
Eh eh eh biar tambah rame, kasih tau warga Vatikan gih emoticon-Leh Uga
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
Lapor Hansip
21-08-2019 09:19
Balasan post alprazolam666
Quote:Original Posted By alprazolam666
udah lah mad
pinter dikit nape
minta maaf aja lah
mumpung lagi trendi tuh
gub jatim khofifah dan wawakot malang sutiadji aja udah minta maaf ama papua
nambah ente satu lagi minta maaf juga gak papa kok join gerbong maaf
gak akan di anggap rendah, karena lagi trendi sekarang pentolan NKRI minta maaf, jadi pasti di maafkan kok
lain halnya kalo ente sendirian minta maaf, ngejreng banget keliatan nya ntar
zakir naik aja minta maaf di malaysia kok, masak ente kagak?
gimana yah kira2 isi benak cungkring saat ini yang katanya tanpa beban? ini beban bangsa udah segede gaban gini dibilang tanpa beban? keep ngakak aja deh, heran model gitu bisa menang 2 periode, yg milih berarti setali 3 uang sama cungkring mutu nya

Biarpun minta maaf, tapi hukuman tetap dilanjutkan
emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 09:58
Setuju banget lah..gerak cepat dalam segala hal..
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
Lapor Hansip
21-08-2019 10:01
Balasan post tristan99
@qavir
Tepat sekali, ini perlu dibawa kejalur hukum, dan saya rasa semua juga tau as tidak bakal sampai di bui ... tapi perlu ada tindakan untuk dipahami kedepannya dalam berbicara jangan offside ke agama lain...itu saja.
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 10:03
Quote:Original Posted By monyet2012
Sesungguhnya orang-orang Nasrani dan Yahudi tidak akan senang keributan sampai tersulut serta terpancing untuk demo bersilit2 dan membuat kerusuhan, karena umat nasrani dan yahudi sadar bahwa ustad somay tidak tau apa yg sedang dilakukannya karena saat berdakwah tsb ustad somat sedang kesurupan jin kafir ya akhi emoticon-Nyepi

Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul SomadTanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad


emoticon-Ngakak
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 10:04
Apa susahnya meminta maaf karena menyebabkan keributan, dan mengakui hal ini menjadi introspeksi kedepan untuk tidak offside ke agama lain dalam berbicara emoticon-Cape d...
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 10:04
Quote:Original Posted By dariusss
Apa susahnya meminta maaf karena menyebabkan keributan, dan mengakui hal ini menjadi introspeksi kedepan untuk tidak offside ke agama lain dalam berbicara emoticon-Cape d...


So mad namanya bre emoticon-Ngakak
profile-picture
dariusss memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
Lapor Hansip
21-08-2019 10:06
Balasan post .poison4u.
pantesan ngambek mulu emoticon-Ngakak
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 10:49
siapa pun jika emang melanggar UU perkataan dan perbuatannya, ya mesti berurusan dengan hukum.

karena aturan hukum itu dibuat, disepakati, dan disahkan bersama untuk dijalankan bersama. tidak ada yang istimewa sehingga terbebas dari kaitan dengan hukum.

emoticon-Shakehand2
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 11:24
gak mungkin aja ......... mana ada aparat yg berani memproses si somad .......... !!!
0 0
0
Tanpa Tunggu Laporan, Polri Bisa Segera Cekal Ustadz Abdul Somad
21-08-2019 15:19
kudu hati hati gan,
ntar yg ada malah di bilang kriminalisasi ulamaaa
Diubah oleh kutuloncat007
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.