alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d567ecd337f9319904055eb/perkenalkan-hutan-vertikal-solusi-untuk-polusi-di-jakarta
Lapor Hansip
16-08-2019 17:00
Perkenalkan “Hutan Vertikal”, Solusi Untuk Polusi di Jakarta
Past Hot Thread
Perkenalkan “Hutan Vertikal”, Solusi Untuk Polusi di Jakarta

Quote:
Perkotaan merupakan daerah padat penduduk dan padat lalu lintas kendaraan yang mana kualitas udara dan daerah resapan air dipertaruhkan.

Di satu sisi daerah perkotaan membuat ekonomi bisa langgeng berjalan, di satu sisi lainnya perkotaan membuat lalu lintas kendaraan cukup padat menjadikan kualitas udara memburuk.

Tentu permasalahan ini umum terjadi di berbagai belahan dunia sehingga para ilmuwan dan aktivis lingkungan membuat cara bagaimana agar kedua hal yang saling bertolak belakang tersebut bisa berjalan dengan harmoni.

Yups benar!. Solusinya tak lain dengan membuat “Hutan Vertikal” yakni hutan yang berdiri disela-sela gedung yang berdiri kokoh dengan begitu tidak ada lahan yang dipertaruhkan dan sama-sama saling menguntungkan.


Perkenalkan “Hutan Vertikal”, Solusi Untuk Polusi di Jakarta
Hutan Vertikal Bosco Verticale, Milan


Mesir menjadi negara pertama untuk menjadi tuan rumah hutan vertikal pertama di benua Afrika. Arsitek dan perencana kota Italia Stefano Boeri telah meluncurkan desain untuk tiga bangunan yang ditutupi dengan pohon dan tanaman yang nantinya menyerap polusi di Ibukota Administratif Baru Mesir, yang sedang dibangun di gurun sebelah timur Kairo.

Perkenalkan “Hutan Vertikal”, Solusi Untuk Polusi di Jakarta

Stefano Boeri Architetti sendiri sudah merancang hutan vertikal untuk kota-kota di seluruh dunia dan kali ini Mesir akan menjadi yang pertama untuk didirikan hutan vertikal di Afrika. Arsitektur tersebut juga bekerja sama dengan tokoh desainer bangunan dari Mesir bernama Shimaa Shalash dan arsitek lanskap dari Italia yaitu Laura Gatti pada proyek trio gedung tujuh lantai yang akan didirikan pada Ibukota Administratif baru di Mesir.


Perkenalkan “Hutan Vertikal”, Solusi Untuk Polusi di Jakarta
Hutan Vertikal Pertama di Milan — Italia


Bangunan tersebut akan memiliki teras yang berisi 350 pohon dan 14.000 semak lebih dari 100 spesies berbeda. Satu dari tiga bangunan lainnya akan menjadi hotel, sedangkan dua bangunan lainnya akan menampung unit apartemen. Hutan vertikal yang dibangun di Ibukota baru dari Mesir ini pada akhirnya akan menjadi tuan rumah bagi kementerian, kedutaan besar, lingkungan perumahan dan distrik keuangan mesir. Kota Administratif baru tersebut dibuat untuk menggantikan daerah pemerintahan Mesir yaitu di Kairo, yang saat ini menderita kepadatan berlebihan, kemacetan lalu lintas dan polusi udara.

Perkenalkan “Hutan Vertikal”, Solusi Untuk Polusi di Jakarta
Desain Hutan Vertikal yang akan di Bangun di Timur Kairo

Lalu mengapa dinamakan Hutan vertikal? Sebab konsep tersebut mengemas ribuan meter persegi lahan hijau menjadi hanya beberapa ratus meter persegi di perkotaan dan tersusun vertikal karena dibangun disela-sela gedung yang nantinya akan memberikan keteduhan, menciptakan habitat bagi burung dan serangga, serta dapat menyerap 10.000 ton CO2 dan 57 ton polutan, sambil menghasilkan sekitar 900 ton oksigen. Nah berikut ini potret-potret indahnya hutan vertikal tampak dari bagian teras dari yang sudah dibangun di Milan Bernama Bosco Verticale :

teras 1

teras 2

Menurut Boer, Pohon-pohon, semak-semak dan tanaman menyerap karbon dioksida, menghasilkan oksigen dan menyaring debu dari udara. Konsep ini sendiri sudah dibangun pada tahun 2014, dengan nama Bosco Verticale di Milan yaitu sepasang gedung dengan tinggi 110 dan 76 meter yang memiliki sekitar 900 pohon dan 20.000 semak yang makin memanjakan mata. Penasaran kan bagaimana interior dalam bangunan ini, berikut interior gedung Bosco Verticale :

interior 1

interior 2


Wah rupanya sudah ada terobosan terbaru untuk mengurangi polusi udara diperkotaan ya. Duhh tau gini harusnya Jakarta menerapkannya ya. Kalau seperti ini kan enak, sama-sama diuntungkan dan bisa segera memberantas polusi udara. Kita tunggu saja apakah ada itikad baik dari pemerintah untuk mengurangi polusi udara dengan cara terbarukan ini!.



Sumber : Disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 9 dari 10
Lapor Hansip
20-08-2019 18:43
Balasan post carbon.
Quote:Original Posted By carbon.
Jangan kau sebut itu vertikal.

Itu LAPIS.

Sebut saja itu hutan lapis.
Dibuat dengan biaya 0 rupiah dan disiapkan lahannya.


Ogah ahkk orang sumbernya bilang vertikal kok
0
Lapor Hansip
20-08-2019 18:44
Balasan post swiitdebby
Quote:Original Posted By swiitdebby
Ane bikin rumah hutan


Mantap! Agan sudah turut serta melestarikan bumi! emoticon-Jempol
0
Lapor Hansip
20-08-2019 18:45
Balasan post adriandan
Quote:Original Posted By adriandan
Kan udh lama gan

Tower anz di sudirman jg gt

Yg susah itu tggl regulasi n maintenancenya


Alah itu mah kagak ada rimbun-rimbunnya emoticon-Ngakak
0
20-08-2019 18:47
Yang maintenance tuh bakalan nemu ular ntar bre. semak semak gitu


emoticon-Ngakak
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
20-08-2019 18:47
Balasan post toserbagriya
Quote:Original Posted By toserbagriya
masalahnya hanya 1 ... bocor krn cairan waterproof ada umurnya juga dan akar tanaman tumbuh di betonan , spt dikantor ane


Ya dipasang waterproof terkontrol biar mudah maintenacenya seperti gedung bosco verticale ini yang sudah berdiri kokoh! emoticon-Cool
0
Lapor Hansip
20-08-2019 20:41
Balasan post dompetjadipeci
@dompetjadipeci yeee
Smua tower dijkt ngikutin tuh anz tower jg dh warbiasa efeknya
Aplgi diisi bugenpil
Wkwkwk
0
20-08-2019 22:31


Quote:Original Posted By dompetjadipeci
Ya enggak kok gan kan gedung yang dijadikan hutan vertikal harus memuat irigasi vertikal juga entah dengan selang yang terletak ditiap-tiap sela pepohonan. Pokoknya musti memanggil arsitektur italia tersebut biar dapet blue-print

O iya juga gan bisa banget kaya gitu alternatifnya...
Hahaha kayanya iya deh gan, perlu arsitek khusus kali ya
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lapor Hansip
21-08-2019 08:13
Balasan post dompetjadipeci
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lapor Hansip
21-08-2019 08:29
Balasan post adriandan
Quote:Original Posted By adriandan
@dompetjadipeci yeee
Smua tower dijkt ngikutin tuh anz tower jg dh warbiasa efeknya
Aplgi diisi bugenpil
Wkwkwk


anz sudirman


Mana gan katanya rimbun??emoticon-Bingung
0
21-08-2019 09:51
tempat sampah vertikal donk yang paling penting kan masalah paling akut di indonesia adalah keharusan masyarakatnya yang agamis ini untuk buang sampah sembarangan
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
21-08-2019 12:05
Balasan post sonisme
Quote:Original Posted By sonisme
tempat sampah vertikal donk yang paling penting kan masalah paling akut di indonesia adalah keharusan masyarakatnya yang agamis ini untuk buang sampah sembarangan


Bijimane tuh gan tempat sampah vertikal?? emoticon-Bingung
0
Lapor Hansip
21-08-2019 20:47
Balasan post jrsbjs
@dompetjadipeci pinggiran jalan raya gan, tempat orang berlalu lalang
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
23-08-2019 10:17
bagus juga gan...
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Lapor Hansip
26-08-2019 15:09
Balasan post dompetjadipeci
Komentar ane yg ini
Quote:Original Posted By EkoHobiJualan►
Coba cek dokumen ini gan..
http://pelayanan.jakarta.go.id/downl...nan-gedung.pdf

agan liat pasal per pasalnya..
kalau itu masih kurang mendukung, referensi lainnya adalah Perda Lingkungan Hidup yang mengatur tentang Standard Baku Mutu Air Limbah, Standard Baku Mutu Pencemaran Udara, dll...

Kebetulan temen ane ada yg kerja sebagai pegiat lingkungan.


untuk mereply ini.
Quote:Kita tunggu saja apakah ada itikad baik dari pemerintah untuk mengurangi polusi udara dengan cara terbarukan ini!.

profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
26-08-2019 15:32
Perkenalkan “Hutan Vertikal”, Solusi Untuk Polusi di Jakarta

Selamat ya bro topson
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
26-08-2019 17:30
Balasan post omoahmad
Quote:Original Posted By omoahmad
Perkenalkan “Hutan Vertikal”, Solusi Untuk Polusi di Jakarta

Selamat ya bro topson


Yoi bree akhirnya ane bisa 2x juara TI
profile-picture
omoahmad memberi reputasi
1
28-08-2019 19:29
seger banget ngeliatnya, tapi bener-bener harus dirawat ituu soalnya kalo kenapa-napa langsung keliatan karena viewnya gitu wkwk
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
02-09-2019 08:01
Balasan post aquatrium
Quote:Original Posted By aquatrium
Yang maintenance tuh bakalan nemu ular ntar bre. semak semak gitu
emoticon-Ngakak


Hahahah itumah rejeki nomplok bree bisa dijual atau di goreng kering emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
02-09-2019 08:02
Balasan post queenofchicken
Quote:Original Posted By queenofchicken
seger banget ngeliatnya, tapi bener-bener harus dirawat ituu soalnya kalo kenapa-napa langsung keliatan karena viewnya gitu wkwk


Yups harus dirawat terus supaya tidak terlihat seperti gedung yang terbengkalai emoticon-Salaman
0
Halaman 9 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.