News
Batal
KATEGORI
link has been copied
26
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5c73662f568d077224b27e/dua-pabrik-elektronik-di-batam-bangkrut-2500-pekerja-kena-phk
Foster sudah menutup usaha pada awal Juni 2019. Sedangkan PT. Unisem Batam akan memangkas pekerja mulai September 2019 hingga tutup sepenuhnya Maret 2020. Dua pabrik elektronik di Batam, Kepulauan Riau, menutup usahanya karena mengalami kerugian. Pabrik PT. Foster Electronic Indonesia dan PT. Unisem Batam yang tutup menyebabkan 2.505 pekerja terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Dari keterangan
Lapor Hansip
21-08-2019 05:25

Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK

Foster sudah menutup usaha pada awal Juni 2019. Sedangkan PT. Unisem Batam akan memangkas pekerja mulai September 2019 hingga tutup sepenuhnya Maret 2020.

Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK


Dua pabrik elektronik di Batam, Kepulauan Riau, menutup usahanya karena mengalami kerugian. Pabrik PT. Foster Electronic Indonesia dan PT. Unisem Batam yang tutup menyebabkan 2.505 pekerja terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Dari keterangan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Batam, Foster sudah menutup usahanya pada awal Juni 2019.

Sedangkan PT. Unisem Batam akan memangkas pekerja mulai September 2019 hingga tutup sepenuhnya Maret 2020. Berdasarkan data FSPMI, jumlah karyawan korban PHK di Foster mencapai 1.000 orang. Ada pun karyawan PT Unisem yang akan terkena pemecatan berjumlah 1.505 orang dengan 1.300 berstatus karyawan tetap. Foster merupakan produsen pengeras suara, sedangkan Unisem adalah pabrik semikonduktor.

“Unisem paling baru, kalau Foster sudah selesai (proses),” kata Ketua FSPMI Batam Muchamat Mustofa kepada Katadata.co.id, Jumat (16/8).


Mustofa juga menjelaskan Unisem sebenarnya salah satu pabrik yang lama beroperasi di Batam dengan 28 tahun masa operasional. Bahkan rata-rata pekerja telah mengabdi di perusahaan sekitar 15 hingga 24 tahun. “Perusahaan bangkrut karena mengalami penurunan penjualan selama dua tahun,” kata dia. Foster saat ini telah menyelesaikan urusan pesangon. Namun Unisem Agustus ini baru menyelesaikan kesepakatan kompensasi dengan beberapa serikat buruh yang menjadi pekerja di sana.

Dari risalah putusan Pengadilan Hubungan Industrial Tanjungpinang, serikat buruh serta Presiden Direktur Unisem Mike McKerreghan telah sepakat akan rumusan uang PHK. Hitungan minimalnya adalah dua kali uang pesangon ditambah satu kali uang penghargaan masa kerja plus satu kali uang penggantian hak. Uang penggantian hak terdiri dari cuti tahunan yang belum diambil, ongkos perjalanan pekerja dari dan ke kampung halaman, serta uang pengganti perumahan dan pengobatan sebesar 15% dari pesangon. “Pembayaran kompensasi diberikan dalam bentuk tunai,” demikian dikutip dari putusan tersebut. (Baca: Kemenaker Siapkan Dua Kartu Baru untuk Lindungi Korban PHK)

Sedangkan Kahar Cahyono, Ketua Departemen Bidang Komunikasi dan Media KSPI, berharap pemerintah memberikan perlindungan terhadap korban PHK. Apalagi mengingat lamanya masa kerja buruh dan keahlian yang didapat puluhan tahun. “Kalau mereka cari kerja lagi pasti kalah sama fresh graduate. Masuk sektor informal, semakin tak ada perlindungan,” kata Kahar kepada Katadata.co.id, Jumat (16/8).


https://katadata.co.id/berita/2019/0...a-terimbas-phk

emoticon-Mewek emoticon-Turut Berduka
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 05:26
Ebong bagaimana pendapatnya?
0 0
0
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 05:34
Mau komen enggak jadi, takut dibilang cebong emoticon-Takut
0 0
0
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 05:34
Quote:Original Posted By jkwselalub3n4r
Ebong bagaimana pendapatnya?


kan wilayah kampret kok nanya cebong emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 05:35
jumlah pabrik tutup MEROKET emoticon-Ultah emoticon-Ultah
profile-picture
jkwselalub3n4r memberi reputasi
1 0
1
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 05:39
jumlah pabrik tutup MEROKET emoticon-Ultah emoticon-Ultah
profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
1 0
1
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 05:53
tutup karena kalah daya saing
daya saing harga atau gimana
biaya produksi ketinggian atau kurang inovatif
untuk cari solusi harus mendefinisikan masalahnya dulu

emoticon-Bingung
0 0
0
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 05:59
bentar lagi september juga meroket
panggil programmer 2 minggu selesai emoticon-Leh Uga
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 06:05
siapa juga mau investasi di indonistan yang kerap teriak anti asing aseng. belum lagi buruhnya yang banyak gaya banyak demo.emoticon-Big Grin
profile-picture
mutembeketombe memberi reputasi
1 0
1
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 06:23
pabrik asing
kafir
haram
emoticon-Marah
0 0
0
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 06:39
di liat dr nama pt nya pabrik kafir
bangkrut haleluya, biar pabrik maha suci yg lanjutin
0 0
0
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 06:41
turut berkuda
emoticon-Ultah
profile-picture
youdoyouknow memberi reputasi
0 1
-1
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 06:46
sekelas hp nokiem aja yang jadi juara pada jamannya aja bisa kelelep





ikuti perkembangan jaman, lakukan inovasi













emoticon-Cool
0 0
0
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 06:52
 “Perusahaan bangkrut karena mengalami penurunan penjualan selama dua tahun,” kata dia.
0 0
0
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 06:52
Quote:Original Posted By Vandisk
turut berkuda
emoticon-Ultah


Berduka woi! Berduka! emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 07:04
Itu kan pabrik punya kafir,saran saya bikin pabrik syariah kan kampret maunya negara syariah
0 0
0
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 07:08
Quote:Original Posted By Bukan.Arab
Indonesia gak butuh investasi.
Rakyat gak makan pabrik.
Indonesia butuh agama, hidup di dunia cuma sebentar.

Dosa kerja ama kafir setahun = 10 tahun neraka.
Kalau kerja 5 tahun, hitungannya:
(5x365) x (10x1.000) = 18,250,000 tahun neraka.
Nauzubillahmanzalik..

emoticon-2 Jempol

@muslim/onta/kadalGurun/
Udah gw wakilin..

emoticon-Leh Uga


emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Dua Pabrik Elektronik di Batam Bangkrut, 2.500 Pekerja Kena PHK
21-08-2019 07:25
Ya kabur lah wong Foster punya aseng.

emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia