alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
73
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5bf915e83c723fd623ca91/sebelum-teori-big-bang-alquran-sudah-jelaskan-awal-penciptaan-alam-semesta
gomuslim.co.id- Ada banyak fakta ilmiah dan fenomena alam yang telah disebutkan dalam Alquran. Padahal kitab suci pedoman umat Islam ini turun pada 14 abad yang lalu ketika ilmu pengetahuan dan teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang. Salah satunya adalah peristiwa penciptaan alam semesta dalam teori Big Bang. Tentang Teori Big Bang Dalam teori ini, awal mula alam semesta ini berbentuk s
Lapor Hansip
20-08-2019 20:43

Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta

Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta


gomuslim.co.id- Ada banyak fakta ilmiah dan fenomena alam yang telah disebutkan dalam Alquran. Padahal kitab suci pedoman umat Islam ini turun pada 14 abad yang lalu ketika ilmu pengetahuan dan teknologi belum berkembang pesat seperti sekarang. Salah satunya adalah peristiwa penciptaan alam semesta dalam teori Big Bang.

Tentang Teori Big Bang

Dalam teori ini, awal mula alam semesta ini berbentuk satu massa yang besar (nebula primer). Kemudian terjadilah dentuman besar atau ledakan pemisah sekunder (Bing Bang) yang mengakibatkan pembentukan galaksi yang terbagi dalam planet, matahari, bulan dan lainnya.

Teori Big Bang memberikan penjelasan paling komprehensif dan akurat tentang penciptaan alam semesta. Teori ini diperkenalkan pada tahun 1927. Orang yang pertama kali memperkenalkan teori Big Bang adalah Georges Lemaître, seorang biarawan Roma Belgia, meski ia menyebutnya sebagai hipotesis atom purba.

Kerangka model teori Big Bang bergantung pada teori Relativitas Umum Albert Einstein dan beberapa perkiraan sederhana, seperti homogenitas dan isotropi ruang. Persamaan yang mendeksripsikan teori Ledakan Dahsyat dirumuskan oleh Alexander Friedmann.

Teori Big Bang menunjukkan bahwa semua benda di alam semesta pada awalnya satu wujud, dan kemudian terpisah-pisah. Ini diartikan bahwa keseluruhan materi diciptakan melalui Big Bang atau ledakan raksasa dari satu titik tunggal, dan membentuk alam semesta yang sekarang dengan cara pemisahan satu dengan yang lain.

Pada tahun 1948, Gerge Gamov muncul dengan gagasan lain tentang Big Bang. Ia mengatakan bahwa jika alam semesta terbentuk melalui ledakan raksasa, maka sisa radiasi yang ditinggalkan oleh ledakan itu haruslah ada di alam. Selain itu, radiasi itu juga harus tersebar merata di semua penjuru alam semesta.

Bukti yang “seharusnya ada” itu pada akhirnya memang ditemukan. Pada tahun 1965, dua peneliti bernama Arno Penziaz dan Robert Wilson menemukan gelombang itu tanpa sengaja. Radiasi tersebut, yang dinamakan radiasi latar kosmis, tidak terlihat memancar dari satu sumber tertentu, tetapi meliputi keseluruhan ruang angkasa, dan diketahui sebagai sisa radiasi peninggalan dari tahapan awal peristiwa Big Bang. Penzias dan Wilson dianugerahi Nobel untuk penemuan mereka.



Bukti ilmiah adanya ledakan besar sesuai teori Big Bang ini juga telah dipaparkan oleh NASA. Pada 1989, George Smoot bersama Tim NASA meluncurkan satelit untuk meneliti asal mula alam semesta. Lewat instrumen sensitif yang disebut COBE (Cosmic Background Emission Explorer), penelitian itu mengungkapkan bahwa terdapat sisa-sisa ledakan besar alam semesta.

Dari hasil penelitian itu, sebagian besar ilmuwan mulai percaya teori Big Bang. Bukti lain kebenaran teori Big Bang adalah berhasil ditemukannya jumlah relatif hidrogen dan helium di alam semesta. Hasil penelitian yang dilakukan mengungkap bahwa campuran unsur hidrogen dan helium di alam semesta sesuai perhitungan teoritis jika terjadi ledakan besar.

Sebelumnya, pada tahun 1925, Edwin Hubble mempersembahkan bukti pengamatannya bahwa semua galaksi bergerak saling menjauhi satu sama lain. Temuan astronom Amerika Serikat bahwa alam semesta mengembang itu sekaligus menegaskan kebenaran teori big bang.

Teori big bang menyebutkan bahwa dulunya alam semesta merupakan massa besar dan kemudian terpisah oleh sebuah ledakan besar. Konsekuensi dari teori ini, semestinya galaksi-galaksi bergerak saling menjauhi. Itulah yang kemudian ditemukan oleh Edwin Hubble.

Dari berbagai fakta ilmiah, akhirnya teori Big Bang mendapatkan persetujuan dunia ilmiah. Dalam sebuah artikel yang dimuat pada Oktober 2014, Scientific American menuliskan bahwa teori Big Bang adalah satu-satunya teori yang dapat menjelaskan asal mula alam semesta.

Penjelasan Alquran tentang Big Bang

Jauh sebelum teori Big Bang ini ada, Alquran sudah menyebutkan tentang awal penciptaan alam semesta. Padahal ketika itu, tidak ada teleskop untuk mengamati luar angkasa. Ilmu astronomi pun belum berkembang seperti saat ini.

Dalam Alquran Surat Al Anbiya’ ayat 30, Allah SWT berfirman:

“Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulu menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air. maka mengapa mereka tidak juga beriman?”

Kata ratq dalam ayat tersebut diartikan sebagai suatu yang padu digunakan untuk merujuk pada dua zat berbeda yang membentuk suatu kesatuan. Ungkapan Kami pisahkan antara keduanya adalah terjemahan kata Arab fataqa, dan bermakna bahwa sesuatu muncul menjadi ada melalui peristiwa pemisahan atau pemecahan struktur dari ratq.

Dalam ayat tersebut, langit dan bumi adalah subyek dari kata sifat fatq. Keduanya lalu terpisah (fataqa) satu sama lain. Segala sesuatu, termasuk langit dan bumi yang saat itu belumlah diciptakan, juga terkandung dalam titik tunggal yang masih berada pada keadaan ratq ini.

Titik tunggal ini meledak sangat dahsyat, sehingga menyebabkan materi-materi yang dikandungnya untuk fataqa (terpisah), dan dalam rangkaian peristiwa tersebut, bangunan dan tatanan keseluruhan alam semesta terbentuk.

Lalu ada kalimat “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup”. Kita mengetahui bahwa segala yang bernyawa, termasuk tumbuhan bersel satu pasti mengandung air dan juga membutuhkan air. Keberadaan air adalah satu indikasi adanya kehidupan di suatu planet. Tanpa air, mustahil ada kehidupan. Inilah satu kebenaran ayat Alquran.

Ketika kita bandingkan penjelasan ayat tersebut dengan berbagai penemuan ilmiah, akan kita pahami bahwa keduanya benar-benar bersesuaian satu sama lain.

Selanjutnya dalam Alquran Surat az-Zariyat [51]:47) Allah SWT. "Dan langit itu Kami bangun dengan kekuasaan (Kami) dan sesungguhnya Kami benar-benar meluaskannya."

Kata langit di sini digunakan dengan arti alam semesta. Alquran menyebutkan bahwa alam semesta mengalami perluasan atau mengembang. Inilah yang kesimpulan yang dicapai ilmu pengetahuan masa kini.



Sebelumnya, pandangan yang umum diyakini di dunia ilmu pengetahuan adalah bahwa alam semesta bersifat tetap dan telah ada sejak dahulu kala tanpa permulaan. Namun, penelitian, pengamatan, dan perhitungan yang dilakukan dengan teknologi modern, mengungkapkan bahwa alam semesta sesungguhnya memiliki permulaan, dan ia terus-menerus mengembang.

Dr. Zakir Naik dalam bukunya Miracles of Al Quran and As Sunnah mengatakan, kesesuaian yang harmoni antara Alquran dan teori Big Bang adalah suatu hal yang tidak dapat dielakkan. “Sungguh menakjubkan! Bagaimana mungkin sebuah kitab yang muncul di padang pasir Arab 1.400 tahun silam mengandung kebenaran ilmiah yang mendalam”

Kemudian Stephen Hawking dalam bukunya A Brief History of Time menyebutkan bahwa penemuan fakta ilmiah alam semesta senantiasa berkembang adalah sebuah revolusi intelektual abad ke-20. Alquran menyebutkan fakta ilmiah ini jauh sebelum manusia belajar membuat sebuah teleskop.

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa penemuan fakta astronomi dalam Alquran bukanlah sesuatu yang mengherankan karena orang Arab dikenal maju dalam bidang astronomi. Pengakuan mereka jika orang Arab unggul dalam astronomi memang benar, tapi Al Quran mengungkapkan fakta ilmiah ini berabad-abad sebelum orang Arab unggul dalam astronomi.

Subhanallah, semoga menambah ghairah untuk terus belajar dan mendalami ini kandungan Alquran.

Wallahu’alam bishawab

https://m.gomuslim.co.id/read/khazan...emesta-p-.html
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TheTrueMayhem dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 4
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
Lapor Hansip
20-08-2019 23:01
Balasan post god.romusha
@god.romusha pamernya di kaskus
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
20-08-2019 23:03
Trit Ajang pamer ngibuL membuaL dan pamer tidak konsistensi dgn kemampuan umat di era teknologi zaman skrg




emoticon-Traveller
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
20-08-2019 23:04
dulu ane suka setel vcd nya harun yahya. menarik
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
Lapor Hansip
20-08-2019 23:05
Balasan post mutembeketombe
@mutembeketombe sudah gue komen tuh, langit itu atmosfer, ruang angkasa/hampa itu beda. Cocoklogi mereka sdh terbantahkan. Ngak ada hubunganya dgn teori bigbag.
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
Lapor Hansip
20-08-2019 23:06
Balasan post budakdelusi
kalo jaman dulu, pas era keemasan islam ga salah?
maju gan, karena orang islam jaman itu rajin2.



bandingin ama yg skarang, boro2 ngungkap iptek, baca aja malesemoticon-Big Grin
taunya duit2, kalo dibilangin ga ngeles, ya ngamukemoticon-Big Grin
Diubah oleh escafl0wne
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
Lapor Hansip
20-08-2019 23:06
Balasan post elvisharcher
@elvisharcher terlalu geek terlalu segmented pemirsanya emoticon-Big Grin
kadang ada leluconnya yang hanya bisa ketawain oleh geeks doank emoticon-Big Grin
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
20-08-2019 23:53
Quote:Original Posted By MasterEmerald
WAHAI PARA MINORITAS KRESTOD!,

DI MANUAL BOOK KALIAN MANA ADA TENTANG AKHIRAT, TENTANG PENCIPTAAN ATAU APALAH, PALINGAN JUGA KISAH JASJUS emoticon-Marah


Aku Akan Membela ISLAM!
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
LaIlahailallah

Muhammadarasullulah


emoticon-Leh Uga


Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
profile-picture
Jerry Maguire memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
20-08-2019 23:57
Theory gang bang.
emoticon-Betty
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 00:09
Biar tetep eksis lah.
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 00:30
Quote:Original Posted By vahnguard

Quote:tak perlu marah pada non muslim yg mengolok" bahkan menjatuhkan dengan segala teorinya..
krn mereka sendiri gak meyakini isi kandungan alquran..
mereka akan tahu kebenarannya saat maut menjemput..


Maksudnya kalo kapir mati, bakalan nyesel karena salah pilih agama?

Loe tau gak,
Di dunia ini ada lebih dari 5,000 agama dan kepercayaan, dan semuanya punya versi tuhan dan konsep surga-neraka nya masing masing.

Artinya,
Ada lebih dari 5,000 versi tuhan dan surga-neraka.
Dan semuanya yakin kalo versi masing masing dari mereka adalah yang paling benar, yang lain sesat/kapir.

Quote:kalo ada sesama muslim yg gak percaya dan bahkan mengolok", wajib diperingatkan, kalau ngeyel juga, biarkan gak perlu mentahdzir, doakan supaya diberi hidayah..

Semua agama dan kepercayaan prinsip nya sama, kepercayaan yang bersifat unconditional, tanpa syarat, dan tidak boleh dipertanyakan alasan nya.
Gak mau percaya, arti nya murtad
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 00:45
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 00:45
Apakah di Quran ada ayat tentang bumi mempunyai orbit

kebanyakan Matahari dan bulan yang mempunyai orbit tuh

emoticon-Big Grin
Diubah oleh Oakley92
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 01:22
big bangnya mana?emoticon-Wakaka cuma dongeng mamad yg ditafsirkan ngawur kaum dunguemoticon-Ngakak
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 01:37
Quote:Original Posted By redp00l
yang satu mempelajari fenomena sampe rambut botak tengah
yang satu tinggal nungguin hasilnya sambil manjangin jenggot emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By god.romusha
Kami tidak mau pamer walaupun kami sudah mengetahui semuanya
Biarlah para kafir itu pelan pelan menguak rahasia dunia satu persatu
Kami fokus di akhirat saja emoticon-Smilie


emoticon-Wakaka
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 01:42
Quote:Original Posted By ustad.syam
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta

Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta


Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta


dibeli dibeli


Quote:Original Posted By greedaon


kok buminya bulat?
bukannya datar?


dasar kafir tak tau diuntung, kau beli dulu bukunya dan raba sampul yang ada gambar buminya, baru kau ngomong itu bulat atau datar emoticon-Cape d... (S)

0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
Lapor Hansip
21-08-2019 02:04
Balasan post soljin7
Quote:Original Posted By soljin7
susubahenol, meki amoy memang nikmat


pasti donk . . . ,

karna meki moeslimm terlalu murah.., bole di genjet sana sini ga ada harga . . ,
pasti ga nikmat . .

ane setuju dah...
profile-picture
soljin7 memberi reputasi
1 0
1
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
Lapor Hansip
21-08-2019 02:06
Balasan post god.romusha
Quote:Original Posted By god.romusha


Kami tidak mau pamer walaupun kami sudah mengetahui semuanya
Biarlah para kafir itu pelan pelan menguak rahasia dunia satu persatu
Kami fokus di akhirat saja emoticon-Smilie


@god.romusha

mengetahui semua nya . . ,

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka

ngapain di fokusin . . ,
langsung aja menuju akhirat . .

ga ada yg butuh elu di mari . .
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 02:14
Hebat ya klaimnya. Kira2 kalo nanti beneran ada alien dateng apa ada di alquran jg?
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 04:27
Quote:Original Posted By ph1n6
pasti donk . . . ,

karna meki moeslimm terlalu murah.., bole di genjet sana sini ga ada harga . . ,
pasti ga nikmat . .

ane setuju dah...


Meki va tapi 80jeti gan emoticon-Betty
0 0
0
Sebelum Teori Big Bang, Alquran Sudah Jelaskan Awal Penciptaan Alam Semesta
21-08-2019 04:34
Bagaimana dengan orang yg pertama kali ke bulan ya akhi emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.