News
Batal
KATEGORI
link has been copied
204
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5ba8d12f568d3f474e80af/rokok-elektrik-diduga-jadi-dalang-penyakit-paru-paru
Ternyata rokok elektrik berpotensi menyebabkan penyakit di organ paru-paru. Berdasarkan survei di Amerika Serikat, terdapat 120 kasus penyakit paru-paru yang dikaitkan dengan rokok elektrik atau vape di 15 negara bagian AS.
Lapor Hansip
20-08-2019 15:01

Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru

Past Hot Thread
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru Ilustrasi. Sejumlah kasus baru menunjukkan, penyakit paru-paru disebabkan oleh rokok elektrik. (REUTERS/Mark Blinch)

Beberapa tahun lalu ane yang merupakan perokok sering banget dapat saran dari kawan ane untuk beralih menggunakan rokok elektrik atau vape. Alasannya adalah karena vape dianggap lebih sehat untuk paru-paru dibandingkan dengan rokok biasa.

Anggapan tentang vape lebih sehat dibandingkan rokok biasa tersebut secara cepat menyebar dipersepsi masyarakat. Bahkan saat itu circle ane perlahan-lahan mulai menggunakan vape sebagai solusi untuk mengurangi konsumsi terhadap rokok biasa.

Tapi, ternyata pandangan orang-orang mengenai vape gak selamanya benar. Baru-baru ini ada kasus yang menyebutkan bahwa vape atau rokok elektrik juga bisa menyebabkan penyakit paru-paru.

Penasaran dengan kasus tersebut? Cek deh berita dibawah ini. Check it out!

Quote:
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru

Jakarta, CNN Indonesia -- Rokok elektrik atau vape sering kali dianggap lebih sehat dibandingkan rokok biasa. Namun, kasus terbaru menunjukkan, penyakit paru-paru justru juga disebabkan oleh rokok elektrik.

Berdasarkan survei CNN di Amerika Serikat, terdapat 120 kasus penyakit paru-paru yang dikaitkan dengan rokok elektrik di 15 negara bagian AS. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) langsung menyelidiki penyakit paru-paru akibat vape.

"Laporan terbaru penyakit paru-paru pada orang yang menggunakan produk vape di New York dan negara-negara lain adalah bukti bahwa studi lebih lanjut diperlukan untuk efek kesehatan jangka panjang dari produk ini," komisioner kesehatan New York Howard Zucker dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN.

Hingga saat ini, masih belum diketahui secara pasti apakah ada hubungan antara kasus penyakit paru-paru dengan rokok elektrik.

CDC meminta dokter terkait untuk mengumpulkan informasi dan sampel pada pasien penyakit paru-paru. Informasi itu bakal dikumpulkan dan dilakukan pengujian.

"Masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab. Tapi bahaya kesehatan ini terus meningkat di Minnesota. Kami mendorong penyedia dan orang tua untuk mewaspadai vaping sebagai penyebab masalah pernapasan," ujar Direktur Medis Departemen Kesehatan Minnesota, Ruth Lynfield.

Saat ini, belum ada kode diagnostik untuk melacak informasi mengenai penyakit yang disebabkan oleh vape. Pasalnya, rokok elektrik baru populer dalam satu hingga dua tahun terakhir.

Penyakit paru-paru rokok elektrik ini umumnya muncul dengan gejala berupa sesak napas, demam, batuk, muntah, diare, sakit kepala, pusing, dan sakit dada.

SUMBER



Melihat kasus tersebut bikin Agan jadi kapok gak untuk mengonsumsi vape? Atau malah cuek aja? Yuk isi polling yang ane bikin di thread ini ya!
Polling
173 Suara
Masih mau menggunakan rokok elektrik/vape Gan? 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Chepix Hollow dan 12 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 11
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 18:47
Ane gapercaya sama amrik. Udah ada campur tangannya ama 'pabrik rokok'. Yg paling konyol dibeberapa negara bagian udah dilarang penuh kalo vape dilarang, tapi rokok? Yang udah jelas bahayanya masih boleh. Gimana ga curigaemoticon-Betty
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 18:51
mau rokok tembakau, rokok herbal ataupun roko elektrik sama menyebabkan kematian, ga ngerokokpun bakal mati juga
kalau ane sih gimana cara nikmati hidup aja asal g ngeganggu orang lain 😎
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 18:59
Ini ga ada pilihan ketiga. yang pake knalpot
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 19:03
mending berhenti ngerokok dan berhenti nge vape.. uang nya lebih baik ditabungin buat beli ganja
profile-picture
b42l4t4k memberi reputasi
1 0
1
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 19:27


Kakek ane dulu sehari habis 2 bungkus rokok dijamsu gan

emoticon-Ngakak

Padahal umurnya udah 80an

Jadi kadang bingung, ada yg bilang rokok bahaya ini itu tapi kenyataan dilapangan berkata lain


0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 19:45
udah, setop ngerokok dahh.

sebutkan 1 aja keuntungan ngerokok bagi tubuh ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 20:06
Ada istilah di sekitaran kita :
"Ngerokok gak ngerokok tetep aja mati,mending ngerokok sampe mati"

Dan istilah balasannya adalah :
"Minum baygon gak minum baygon tetep aja mati,kenapa gak minum baygon aja sampe mati?"
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 20:09
ditempat ane tuh banyak yang pake rokok itu emoticon-DP
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 20:12
Saya ngerokok tapi gak elektrik emoticon-Big Grin
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 20:55
Quote:Original Posted By Ikpecintahj
Ane ngevape udh 2 thn malah bagus hasil cek up paru2 nya bersih kata dokternya...
emoticon-Wakaka


Temen ane mantan perokok berat. Stelah ngevape dan cek paru2 , flek nya ilang emoticon-Ngakak
profile-picture
Ikpecintahj memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 21:10
kalo ane berpendapat rokok itu haram gan. karena lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. meskipun bakalan sama2 mati "kata perokok". tapi setidaknya dengan tidak merokok dapat memperpanjang usia/kesehatan kita.
Diubah oleh havis10a6
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 21:42
Padahal masih banyak orang yang percaya vape lebih aman dari rokok dan bisa mengurangi rokok...
Ternyata juga ada pengaruh negatif ke kesehatan juga ya
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 21:44


Quote:Original Posted By ranger.somplak
udah berhenti ngerokok dan tidak tertarik sama vape emoticon-Smilie

Alhamdulillah gan... Teruskan...
Tetap sayangi kesehatan tubuh gan... Mantap
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 21:53
Vape emang tetep ada resiko, tapi nggak separah rokok konvensional. Jadi ya bodo amat gw. Lagian resikonya ke diri sendiri juga dan bukannya ke orang di sekitar gw, nggak kayak rokok konvensional yang asepnya bahaya buat orang lain.
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
Lapor Hansip
20-08-2019 22:10
Balasan post skull18
Quote:Original Posted By skull18
udah, setop ngerokok dahh.

sebutkan 1 aja keuntungan ngerokok bagi tubuh ?


Keuntungan
1 pabrik rokok masih terus beroperasi
2 masih tersedia lapangan kerja bagi para karyawan , sekian terimakasih...






emoticon-Ngacir

0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 22:10
Ane yang gak pernah ngeroko apa apa aja masih kena penyakit paru paru , ini masih pengobatan sekarang emoticon-sad
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 22:54
ini pengalaman pribadi, temen sendiri harus keluar masuk rumah sakit gegara Vape. paru-parunya mengempis sampe sesak napas.
dia pesen kalo ada yang nge-vape mending dikasi tau untuk berhenti as soon as possible, extremely dangerous.
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 23:02
Orang indo mah bodo amatan gan, kalo belum nimpa diri sendiri belum jeera
0 0
0
Rokok Elektrik Diduga Jadi Dalang Penyakit Paru-paru
20-08-2019 23:28
Masih sebatas dugaan emoticon-Big Grin
Tapi bkn berarti disepelekan jg emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 9 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia