alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.44 stars - based on 18 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d4107085cf6c40ac23a1992/cermati-cara-memilih-ac-terbaik-sesuai-kebutuhan
Lapor Hansip
31-07-2019 10:12
Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan
Past Hot Thread
Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Matahari yang bersinar terik dan suhu udara yang panas membuat banyak orang menjadi mager apalagi keluar rumah. Secara geografis posisi indonesia berada pada garis khatulistiwa dan pada musim kemarau saat ini suhu sepanjang hari terasa panas hingga malam hari. Saat cuaca yang kurang bersahabat perlu pendingin ruangan yang mampu menghadirkan kenyamanan di tengah – tengah aktivitas keluaraga dirumah.

Kita harus berterima kasih kepada John Gorrie dan Willis carrier yang berhasil menemukan teknologi pendingin ruangan atau biasa disebut Air Conditioner (AC). Saat ini teknologi pendingin ruangan dikembangkan sampai pesat hingga sukses membuat umat manusia tidak kegerahan lagi dan menjadikan AC salah satu alat elektronik favorit banyak orang dirumah dan Barang mewah karena dengan varian harga dan juga daya listrik yang cukup besar. Namun, sekarang AC sudah bukan menjadi barang mewah karena dilihat dari manfaatnya untuk mengatur siklus dan temperature udara yang memberi efek kenyamanan untuk tubuh seseorang.


Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan


Tren produk ramah lingkungan belakangan terus meningkat. Apalagi jika produk tersebut merupakan barang elektronik rumah tangga yang intensitas pemakaiannya sangat sering seperti pendingin ruangan. Sebenarnya AC bukan cuma sekedar mendinginkan dan menyejukkan udara saja namun berfungsi untuk mengatur kelembapan udara didalam ruangan sehingga tercipta udara yang berkualitas, sehat, dan tentunya nyaman bagi tubuh kita. Beberapa AC terbaru malah ada yang diklaim mampu membunuh kuman, bakteri dan virus yang bertebaran di udara.

Nah bagi kalian yang akan membeli AC dan masih kebingungan bagaimana cara memilih AC yang kualitas baik, ramah lingkungan, awet dan tentunya enteng dikantong, berikut tips berikut memilih AC yang tepat dengan kebutuhan kalian di rumah. Simak selengkapnya dibawah ini .. ! Kuy ah... emoticon-Ngacir


Quote:
Quote:SESUAIKAN UKURAN PK DAN LUAS RUANGAN
Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:
Ketika ingin membeli AC, salah satu hal yang terpenting adalah besaran Paardekracht (PK). PK sendiri secara harfiah dari bahasa Jerman berarti tenaga kuda (biasanya digunakan pada daya motor atau mobil). Namun, dalam konteks di sini bisa dibilang merupakan besaran tenaga yang bisa dihasilkan dari pendingin ruangan.

PK menjadi salat satu pertimbangan utama. Untuk menentukan besarnya PK yang kamu inginkan, kamu juga perlu mengetahui luas ruangan yang akan menjadi lokasi peletakan AC tersebut. Hal ini perlu dilakukan agar suhu dingin menyebar dengan merata.

Berikut adalah rumus yang bisa kamu gunakan untuk menentukan PK yang sesuai dengan ruangan :

Panjang ruangan (m) x lebar ruangan (m) x tinggi ruangan/3 (m) x 500

Setelah itu cocokan hasil perhitungan kamu dan temukan kebutuhan AC-mu. BTU sendiri merupakan singkatan dari British Thermal Unit, yang menggambarkan seberapa besar kemampuan pendingin ruangan untuk mengurangi panas dalam suatu ukuran ruangan tertentu dalam kurun waktu satu jam.

Quote:
Quote:PILIH AC YANG IRIT DAN HEMAT LISTRIK
Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:
Perlu listrik yang besar, boros biaya bulanan hingga perawatan yang mahal. Anggapan lawas tersebut sering kita jumpai ketika menggunakan AC di masa lampau. Beruntungnya, perkembangan teknologi AC menghapus semua anggapan usang tersebut. Membeli AC dengan teknologi yang memungkinkan daya listrik diambil tidak terlalu besar alias hemat daya sangat penting untuk jadi pertimbangan. Sekarang ini, sudah banyak sekali pabrikan yang membekali produk mereka dengan fitur hemat listrik. Jadi, sekiranya kita tidak sulit mendapatkannya carilah AC yang sudah tersertifikasi dan meraih efisiensi energy paling tinggi dengan rating bintang empat(****) dari Kementerian ESDM, sehingga menghasilkan pendinginan yang cepat dan disertai dengan konsumsi listrik yang hemat.

Sebagai konsumen kita memang harus jeli dalam memilih AC yang hemat listrik, agar tagihan listrik tidak membengkak di akhir bulan. Jangan ragu untuk mencari tahu pemakaian daya listrik (watt) AC yang akan kita beli. Meskipun hemat listrik, hal tersebut tidak mempengaruhi kinerja AC dalam mendinginkan ruangan. Bahkan untuk kamar tidur, kita bisa membeli AC yang hemat listrik dikombinasikan dengan fitur auto mati sendiri ketika suhu ruangan sudah dingin dan kembali menyala otomatis saat suhu ruangan kembali panas.

Quote:
Quote:PILIH AC SESUAI KEBUTUHAN
Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:
Sebelum membeli AC kita harus kenali jenis AC yang dijual dipasaran. Untuk AC rumahan biasanya menggunakan AC jenis Split, sedangkan kantoran ada yang menggunakan split ada juga jenis cassette yang dipasang di langit-langit itu looh. Ada juga AC jenis central yang biasa digunakan di hotel dan pusat perbelanjaan yang kompressornya sangat besar. Nah jika kita ingin punya AC yang bisa dipindah – pindah yang biasa untuk keperluan acara pakai saja AC jenis standing.

Setelah menentukan jenis AC yang akan kita beli selanjutnya kita pilih tipenya gan, pilih yang standar atau yang inverter. AC dengan watt yang rendah biasanya dikategorikan AC standar sedangkan Inverter adalah tipe AC yang bekerja keras ketika baru dinyalakan, begitu sudah mencapai suhu ruangan yang diinginkan watt perlahan mulai turun. So jika kalian menggunakan AC lebih dari 6 jam sehari sebaiknya menggunakan AC inverter.

Quote:
Quote:PERTIMBANGAN FITUR PENTING PADA AC
Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:
Setiap merk AC biasanya memiliki fitur penting yang tidak dipunya merk AC lain. Untuk itu pilihlah fitur yang benar-benar penting bagi kebutuhan kita, selain bermanfaat bagi kita juga menghemat uang saat membelinya. Misalkan jika kalian menginginkan udara yang berkualitas, segar, bersih dan mampu melumpuhkan virus, bakteri dan jamur yang melayang di udara, tidak ada salahnya menggunakan AC yang mempunyai teknologi Nanoedi dalamnya.

Teknologi Nanoe itu apa sih ? Teknologi Nanoe adalah teknologi pemurni udara revolusioner dengan kemampuan untuk menghilangkan bau, menghambat pertumbuhan bakteri, virus dan jamur serta dapat menghilangkan debu. Perkembangan teknologi Nanoe terbagi menjadi tiga macam yaitu Nanoe, Nanoe-G dan Nanoe-X. Masing – masing memiliki kelebihan untuk memberikan penyegaran udara dalam sebuah ruangan.

Quote:
Quote:GARANSI DAN SERVICE
Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:Cermati Cara Memilih AC Terbaik Sesuai Kebutuhan

Quote:
Garansi disini sangat penting gan, apabila kita membeli produk elektronik pastinya tidak ingin barang yang kita beli rusak ketika baru beberapa kali pemakaian oleh karena itu jaminan alias garansi membuat kita jadi tenang dan tidur nyenyak. Sebisa mungkin pilihlah AC yang memberikan garansi, karena ini semacam investasi jangka panjang kita supaya tidak perlu mengeluarkan uang disaat AC rusak dan hanya mengeluarkan biaya perawatan rutin saja. Jangan lupa cari merk AC yang punya layanan service centeryang luas dan ada dimana saja. Keuntungan membeli AC dari brand yang terpercaya adalah garansi yang jelas dan pasti.


Nah bagaimana ? sekarang sudah tidak bingung lagi kan ketika mau milih AC. Pilihlah AC yang tidak hanya menyediakan pendingan udara saja tetapi juga untuk meningkatkan kualitas udara guna menjalani kehidupan yang lebih baik

Kuylahh Brengoooyy Borong AC-nya ... emoticon-Ngacir2






Diubah oleh funk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yukinura dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 12 dari 16
Lapor Hansip
19-08-2019 15:46
Balasan post danQe
Quote:Original Posted By danQe
ngitung ruangan sama kebutuhan pk ac gimana gan
hehe


1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

ngutip dari agan funk diatas emoticon-Big Grin
profile-picture
danQe memberi reputasi
1
Lapor Hansip
19-08-2019 15:48
Balasan post amellady
Quote:Original Posted By amellady
Ok fix ane butuh 3/4pk inverter buat kamar


kalo bisa sih 1pk langsung.. harga beda dikit ama 3/4pk Konsumsi listrik sama aja
profile-picture
amellady memberi reputasi
1
Lapor Hansip
19-08-2019 15:50
Balasan post aprilice
dibersihin aja dulu gan
0
Lapor Hansip
19-08-2019 15:52
Balasan post sihasbismart
Quote:Original Posted By sihasbismart
AC umur 6 tahun di rumah ane terlalu dingin dan bikin listrik dirumah ane terlalu boros, gimana dong... emoticon-Ngacir Tubrukan


ganti pake inverter gan emoticon-Big Grin beda pengiritan setahun sudah bisa beli ac lagi emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
19-08-2019 15:57
Balasan post mflavius
Quote:Original Posted By mflavius
@funk ane tinggal di manila gan emoticon-Malu (S)
disini mahal2 AC nya, eh pas liat2 ternyata pabrikan indo semua rata2.
harga lebih mahal2 pula. window type nya mulai dari 2jutaan.
kalau yg split type nya mulai dari 4jt emoticon-Mewek

ohh lebih hemat window type yah gan, yowes ane beli window type aja deh hehehe.
di indo kebanyakan split type soalnya kan, eh pas baru tinggal disini malah mayoritas window type jadi bingung pas mau beli emoticon-Ngakak


wah mahal amit start 4 jt buat split emoticon-Big Grin Di indo start 2jt udah dapet hehehe. atau jgan jangan agan liatnya di supermarket manila ya? kalo di indo sih di c4 atau modern retail emang 4jtan ama pasang
0
19-08-2019 17:44
Quote:Original Posted By funk


ac portable itu macam dijual di ace hardware itu ya gan ? atau ac type floor standing ?
kalau ane bilang sih ac portable ini adiknya ac floor standing. karena bentuknya hampir mirip cuma beda ukuran saja emoticon-Big Grin
kembali ke selera sih. klo ac jenis ini praktis tanpa repot pemasangan.
ukuran tidak terlalu besar sehingga mudah dipindahkan.

tergantung kebutuhan dan selera sih gan. kl portable murah dan mudah perawatan sepertinya cuma kurang dingin ya dan ini semacam berbahan dasar air ya, ada semburan butir2 airnya CMIIW.

kl ac split ya agak mahal, pemasangan harus profesional dan perawatan juga rutin 2-3 bulan sekali

gitu ya gan ,kayak feeling ane juga emang gak sedingin ac split sih,
selera sih prefer ke ac split, cuma ini ada yg nyaranin aja.. terima kasih gan
Quote:Original Posted By masjepret
tetep pilih split donk... lebih irit lebih dingin

pilih split ya, mantap terima kasih gan emoticon-Maaf Agan
0
20-08-2019 13:01
Quote:Original Posted By masjepret


kalo bisa sih 1pk langsung.. harga beda dikit ama 3/4pk Konsumsi listrik sama aja


Emang wattnya sama gan 3/4 sama 1pk?
Kamar ane kecil gan cuma 3x5
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
20-08-2019 16:06
Balasan post amellady
Quote:Original Posted By amellady


Emang wattnya sama gan 3/4 sama 1pk?
Kamar ane kecil gan cuma 3x5


pemakaian watt sama saja. 1pk semalem paling 1-2 kwh tergantung suhu ruangan juga. 3x5 itu 7500BTU lebih cocok pake 1pk inverter
profile-picture
amellady memberi reputasi
1
20-08-2019 18:42
Quote:Original Posted By masjepret


pemakaian watt sama saja. 1pk semalem paling 1-2 kwh tergantung suhu ruangan juga. 3x5 itu 7500BTU lebih cocok pake 1pk inverter


Ok gan.

Kalo ruangan bentuk L trus di pojok siku ada void yg atapnya sedikit terbuka lebih baik pakai 1 AC atau 2?
Total ruangan skitar 60m2 tidak ada sekat.

Trus menurut agan dengan ruangan seperti itu lebih baik pakai AC atau ceiling fan ya? Sorry gan rada oot
0
Lihat 1 balasan
20-08-2019 18:45
masjepret klomau tau Pk ac dari kasat mata lewat mana yah?
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
21-08-2019 06:56
Balasan post amellady
Quote:Original Posted By amellady


Ok gan.

Kalo ruangan bentuk L trus di pojok siku ada void yg atapnya sedikit terbuka lebih baik pakai 1 AC atau 2?
Total ruangan skitar 60m2 tidak ada sekat.

Trus menurut agan dengan ruangan seperti itu lebih baik pakai AC atau ceiling fan ya? Sorry gan rada oot


kalo bisa atapnya di tutup ya gan.. percuma aja pake ac kalo ada yg kebuka. kalo bisa di tutup pake 2 ac biar lebih mantap pendinginannya. kalo PKnya disesuain ama luas ruangannya. Kalo tidak bisa di tutup atapnya mending pake exhaust fan aja lebih bagus daripada ceiling fan
profile-picture
amellady memberi reputasi
1
Lapor Hansip
21-08-2019 07:01
Balasan post djembaut
Quote:Original Posted By djembaut
masjepret klomau tau Pk ac dari kasat mata lewat mana yah?


dari outdoor biasanya ada tulisannya om di pinggir. kalo gak sempet ke outdoor cek indoor aja di pinggir suka ada tulisannya, atau tipe acnya apa. nanti googling aja
0
21-08-2019 11:27
Quote:Original Posted By masjepret
kalo bisa atapnya di tutup ya gan.. percuma aja pake ac kalo ada yg kebuka. kalo bisa di tutup pake 2 ac biar lebih mantap pendinginannya. kalo PKnya disesuain ama luas ruangannya. Kalo tidak bisa di tutup atapnya mending pake exhaust fan aja lebih bagus daripada ceiling fan


Ga bisa di tutup gan, void hawa dan penyinaran dari atap ke lantai 2 sama lantai 1.

Ane naksir kipas mt edma gan modelnya bagus2, exhaust fan nanti ane pertimbangkan lagi.

Thank you gan emoticon-2 Jempol
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
21-08-2019 18:53
Balasan post amellady
Quote:Original Posted By amellady


Ga bisa di tutup gan, void hawa dan penyinaran dari atap ke lantai 2 sama lantai 1.

Ane naksir kipas mt edma gan modelnya bagus2, exhaust fan nanti ane pertimbangkan lagi.

Thank you gan emoticon-2 Jempol


siap gan.. semoga bermanfaat
0
Lapor Hansip
21-08-2019 19:01
Balasan post funk
Quote:Original Posted By funk


masalahnya tidur dingin2 pk selimut itu bikin nyaman gan


apalagi ketutupan dari kepala sampe kaki ya om emoticon-Big Grin
0
Lapor Hansip
21-08-2019 19:04
Balasan post ziont
iya.. ac jadul emang awet banget cuman wattnya gak tahan... kalo bisa up ke inverter aja biar sekalian irit
0
Lapor Hansip
21-08-2019 19:07
Balasan post mika1987
kalo low watt buat yg listrik pas pasan sih... kalo mau cari yg irit tetap inverter
0
Lapor Hansip
21-08-2019 19:08
Balasan post abk3304157
Quote:Original Posted By abk3304157
skrg lagi musim dingin gan... emoticon-Takut (S), klopun musim panas, paling angin luar yang masuk emoticon-Ngakak (S), gak kuat listrik klo beli ac


tinggal di mana gan kok musim dingin? ausie ya?
0
Lapor Hansip
21-08-2019 19:10
Balasan post richwyn
Quote:Original Posted By richwyn
LG the best menurut ane ya kl urusan AC dan dingin
Pernah 3-5 tahun dari awal beli ga pernah cuci tapi kualitas masih manyksoooosss


LG jaman dulu ya gan?
0
Lapor Hansip
21-08-2019 19:11
Balasan post bangsutankeren
kalo dulu ada gree C3 290w emoticon-Stick Out Tongue sekarang udah barang langka
0
Halaman 12 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.