nyakbertuturAvatar border
TS
nyakbertutur
Motor Penyumbang Polusi Tertinggi Di Jakarta


Jakarta - Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) merilis hasil pengamatan kendaraan bermotor yang melintas di Jakarta dalam beberapa hari ke belakang. Hasil temuan terungkap siapa penyumbang polusi kendaraan bermotor di wilayah DKI Jakarta.

Direktur Komite Penghapusan Bensin Bertimbal Ahmad Safrudin atau akrab disapa Puput mengatakan penghitungan berdasarkan aturan Menteri Lingkungan Hidup.

"Dasar perhitungannya Peraturan Menteri no. 12 tahun 2010 tentang perhitungan emisi pencemaran udara untuk pemerintah daerah jadi menteri lingkungan sudah membuat guideline cara menghitung emisi, kita mengikuti acuan itu," jelas Puput saat ditemui di kantornya, Sarinah, Jumat (16/8/2019).

"Kita survei misalnya traffic counting, kita cek beberapa ruas jalan. Flownya tiap hari berapa mobil kemudian kita interview si driver atau rider sepeda motor, per hari rata-rata habis berapa liter, dan itu kita interpolasi kan menjadi data seluruh kota, memang nggak gampang ngumpulin data," ujar Puput.

Puput menyebut populasi kendaraan yang terus membludak turut berpengaruh terhadap kondisi udara Jakarta. Tercatat sekitar 20 juta unit kendaraan lalu lalang di wilayah Jakarta.

"Jumlahnya 20 juta tadi sekitar hampir 15 juta berupa kendaraan roda dua. Sisanya sekitar 5 juta itu roda empat," jelas Puput.

Lantas siapakah yang paling menyumbang angka polusi di Jakarta?

"44,53 persen dari sepeda motor, dari mana kita hitung? Kita kalkulasi jumlah kendaraan bermotor yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta. Problemnya kendaraan bermotor tidak hanya dari DKI Jakarta, jadi dalam konteks ini kami pernah melakukan traffic counting menghitung lalu lintas tidak hanya di Jakarta, tetapi perbatasan, masuknya potensi kendaraan commuter dari Bodetabek ke Jakarta," papar Puput.

Dalam catatan Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) kendaraan yang menghasilkan jumlah polutan tertinggi per hari adalah sepeda motor yakni motor 8.500 ton (44,53 %), disusul bus (21.43 %) 4.106 ton, mobil pribadi 2.712 ton (16,11%). Persentase tersebut mengandung zat-zat seperti PM, HC, CO, NOx, dan SOx.

Sumber: Detik.com
0
2.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.