News
Batal
KATEGORI
link has been copied
249
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5a989a68cc951434340d1e/mahasiswa-di-asrama-papua-bentrok-dengan-ormas-di-makassar
Mahasiswa yang tinggal di asrama Papua di Makassar, Sulawesi Selatan bentrok dengan orang-orang yang diduga berasal dari organisasi masyarakat, malam ini, Senin, (19/8).
Lapor Hansip
19-08-2019 19:39

Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar

Past Hot Thread
Quote:Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar

Makassar, CNN Indonesia -- Mahasiswa yang tinggal di asrama Papua di Makassar, Sulawesi Selatan bentrok dengan orang-orang yang diduga berasal dari organisasi masyarakat, malam ini, Senin, (19/8).

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, puluhan mahasiswa yang berada dalam asrama Papua di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kecamatan Makassar, Kota Makassar melakukan perlawanan saat sejumlah aktivis ormas mendatangi asrama.

Belum jelas maksud kedatangan itu. Selanjutnya terjadi aksi saling lempar batu antara mahasiswa dan aktivis ormas tersebut.

Aksi saling lempar batu berhenti setelah Kapolrestabes Makassar, Kombes Polisi Wahyu Dwi Ariwibowo turun ke lokasi. Segenap jajarannya berusaha meredam agar tak terjadi lagi aksi saling lempar yang sempat terjadi kurang lebih 30 menit.

Kasat Intelkam Polrestabes Makassar, Kompol Adliansyah tampak mengkoordinir anggotanya untuk menutup ruas-ruas jalan akses menuju asrama mahasiswa seperti Jalan Lanto Daeng Pasewang, Jalan Rusa dan Jalan Anuang. Jalan yang ditutup sekitar 1 km. jalan ditutup dengan garis police line.

Mahasiswa Papua yang diminta masuk ke asrama malah memilih duduk di jalan depan asrama. Selang beberapa menit kemudian, kendaraan berat polisi tiba antara lain baracuda. Keributan saat ini sudah mereda.

Dari video yang beredar, terlihat sejumlah orang dengan peci putih melempari kaca asrama. Beberapa di antaranya ada pula yang mengenakan helm sebagai pelindung.

Sementara itu sekelompok orang terlihat berdiri di depan bangunan asrama. Berdasarkan rekaman suara salah satu penghuni asrama, terdengar suara 'asrama Papua hancur, asrama Papua rusak'. Penghuni itu juga menyebut semua anggota kumpul di asrama Papua.

"Kawan kawan, kami di asrama diserang warga Makassar dan ormas pada malam hari ini," kata salah satu orang diduga mahasiswa Papua.

Dari video yang beredar juga terekam sejumlah orang diduga mahasiswa Papua sedang duduk di jalan. Mereka ada yang bertelanjang dada. Di belakang para mahasiswa itu ada aparat polisi berseragam.

Dari suara dalam rekaman itu terdengar seorang polisi berusaha menenangkan situasi. Polisi tersebut menyatakan bajal menjamin keamanan para mahasiswa Papua itu.

"Saya jamin keamanan dari kawan-kawan semua. Maka mari kita jaga, tolong kita bisa pahami, kita bisa bantu untuk menjaga di sini. Saya jamin. Saya akan tempatkan pengamanan di sini nanti sampai selesai," kata polisi tersebut.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak kepolisian terkait peristiwa tersebut. Belum diketahui juga pemicu aksi pengepungan asrama tersebut.

Suasana di Manokwari, Papua Barat hari ini sempat memanas hingga menimbulkan kerusuhan. Aksi ini merupakan imbas dari insiden pengepungan asrama mahasiswa di Surabaya dan Malang.

Kerusuhan itu juga menjalar ke Kota Sorong. Sejumlah massa merusak fasilitas umum termasuk Bandara Domine Eduard Osok (DEO).

Sebelumnya, polisi juga sempat mendatangi asrama mahasiswa Papua di kawasan Kramat Jati, Jakarta. Kedatangan aparat polisi itu disebut untuk memastikan situasi kondusif.

CNNIndonesia.com telah menghubungi Kapolres Makassar Kombes Irwan Anwar untuk mengkonfirmasi peristiwa pengepungan asrama mahasiswa di Makassar, namun belum mendapat respons.

https://m.cnnindonesia.com/nasional/...as-di-makassar


Makin d buat gaduhhh.. Ormas mana sih tuh yg peci putih.. emoticon-Takut
Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 12
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 08:59
To the point aja, ep pe i begitu biar viewer rame emoticon-Embarrassment
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 09:09
ormas koq anarkis mulu emoticon-Cape d...
coba tolonglah pemerintah ormas model anarkis begini dikandangin aja
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 10:01
Akibat dari hoax nih
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 10:01


Quote:Original Posted By rebelx
hadeeeh ormas lagi emoticon-Lempar Bata

Yg itu lg bre
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 10:09
heran dimana ada fpi taek kok slalu rusuh...
kapan sih polisi teges tembakin sampai mati smua fpi2 itu
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 10:33
Quote:Original Posted By filusufkacang
Ini sebenernya yg jadi pemicu awalnya apaan sih?

Susah emang ya kalo ada dua mahluk gagal evolusi bertemu..

Ketimbang pendekatan otak, lebih cendrung pake pendekatan fisik.. emoticon-Cape deeehh


nih pemicunya
https://m.kumparan.com/amp/@kumparannews/penghuni-asrama-papua-di-surabaya-akui-patahkan-tiang-bendera-1rg5L1NJLF3

yg disurabaya kn dlu jg pernah bikin ulah
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 10:42
Jangan mudah terpecah belah..bersatulah saudara2 ku
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 10:43
Mau bikin acara ethnic cleansing rupanya ...
Tentunya dengan kejadian seperti ini, hendaknya negara seperti USA atau UK bisa turun tangan.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 10:54
ormas lagi emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 10:59
Tenang semua harus tenang, damai itu indah.
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 11:09
Quote:Original Posted By momoknoksuke
so idealis lu... naif emoticon-Ngakak (S)


Ada blasteran babi ngequote gw.. emoticon-Matabelo
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 12:25
Sepertinya ada kelompok tertentu yang sengaja membuat supaya masyarakat indonesia saling berbenturan.
Supaya Indonesia tercinta tidak makin maju.
Kalau sudah terjadi keributan aktor intelektualnya senyum2 bangga dan yang jadi korban mewek2.
Jangan sampe terprovokasi saja.#bijakmenanggapisetiapperistiwa.
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 15:25
pengalaman ane ya waktu kuliah dulu, kalau dah ketemu orng papua itu, mesti jaga2 sifat. kalau gak, bisa2 mereka merasa terganggu dan langsung main fisik. dan juga bawa orang2nya mereka. apalagi ketika mereka sedang mabuk2an, mending jgn berpapasan.
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 23:19
Quote:Original Posted By khayalan
Kemungkinan pemicu awal..

1. Pidato sekda papua yg mungkin berujung kepada pembuangan bendera merah putih oleh mahasiwa papua..

Atau...

2. Hoax wa yg berujung penggerudukan anarkis oleh ormas dan masyarakat ke mahasiswa papua di wisma mereka di sby..


Ini kita buletin soal papua dulu ya..

Tambahan: ane ga punya peci putih... peci ane warnanya item.. emoticon-Peace


Emang pidato pak sekdanpapua apaan gan?
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
20-08-2019 23:24
Quote:Original Posted By biskilat
Emang pidato pak sekdanpapua apaan gan?


Soal tanah israel ke dua..

Kalo nanya apa hubungannya.. mungkin pidato tsb bisa jadi penyemangat si penggerudug atau pendemo.
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
21-08-2019 06:12
Quote:Original Posted By bingsunyata
@mediokersparta
...
Hidup itu terkait dengan pilihan saat menjalaninya ..., dimana (tidak jarang) pilihan yang diambil oleh seseorang akan membawa pengaruh pada orang lainnya.
...
Bila UK dan USA memilih untuk turut turun tangan mengenai hal ini, maka saat itu terjadi, (beberapa) pihak tertentu akan memaknainya sebagai suatu momen yang tepat untuk menyatukan diri menjadi suatu khilafah besar. Karena sudah ada yang menyerukan agar OKI membentuk pakta pertahanan segala macam. Haus darahnya memang ingin dipuaskan. Bila itu terjadi, maka tentunya konflik akan terjadi, dan akan membawa dampak salah satunya adalah terlepasnya Papua dari NKRI (disebabkan karena ingin menghindari konflik berkepanjangan yang akan menelan jiwa dan materi yang banyak).

Namun bila UK dan USA memilih untuk tinggal diam mengenai hal ini, maka orang Papua di sana akan merasa semakin ditekan. Itu membuat beberapa kalangan disana akan semakin banyak yang bergabung dengan OPM atau KKB karena merasa senasib, meski itu tidak selalu diwujudkan dengan cara berjuang secara aksi frontal. Mereka akan mendukung dalam hati, dimana itu kemudian akan diturunkan ke generasi berikutnya. Proses pembangunan disana akan terhambat/tersendat, dimana karena tidak mendapat dukungan dari warga asli disana, dimungkinkan proses pembangunannya akan terjadi dengan tidak berdasarkan amdal menurut kondisi alam setempat, yang mana tentunya itu akan membuat gagalnya upaya untuk membangun selagi berusaha harmonis dengan alam lingkungan sekitar. Suatu kegagalan yang tentunya akan menambah ketidakpercayaan warga disana terhadap NKRI.

...
Masih ada alternatif pilihan lain tentunya, namun kedua alternatif diatas tentunya akan disenangi oleh beberapa kalangan, meski banyak jiwa akan dikorbankan karenanya. Karena toh itu bukan nyawa mereka yang dikorbankan.


Sama ky Hongkongers, emang apa yg didemo kl bkn kemerdekaan buntutnya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
21-08-2019 19:10
Bubarkan...!!!emoticon-Traveller
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
21-08-2019 19:37
Apakah ada indikasi bahwa hal ini merupakan sebuah setingan ? Melihat gerakanya hampir bersamaan munculnya dan terjadi di beberapa daerah. Semoga masalah segera bisa diselesaikan agar suasana kembali kondusif seperti sedia kala.
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
21-08-2019 20:04
ef pe i
0 0
0
Mahasiswa di Asrama Papua Bentrok dengan Ormas di Makassar
21-08-2019 21:44
ormas? yailaaah
0 0
0
Halaman 11 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia