alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.56 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5a52efa72768738a50a895/setara-institute-pernyataan-uas-soal-salib-memenuhi-unsur-di-muka-umum
Lapor Hansip
19-08-2019 14:42
Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum
Past Hot Thread
Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum


Suara.com - Ketua Setara Institute, Hendardi, mengaku tak sependapat jika ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS) yang dinilai menghina salib sebagai simbol agama tertentu dilaporkan ke polisi atas dugaan penodaan agama.

Kendati begitu, ia sepakat jija apa yang disampaikan UAS berkaitan isi ceramahnya itu mengakibatkan terganggunya kerukunan antarumat beragama di tanah air.

"Menghina salib dan Yesus yang disalib merupakan tindakan yang merendahkan keyakinan orang lain dan mengganggu kerukunan antarumat beragama," ujar Hendardi dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Senin (19/8/2019).

"Tetapi saya termasuk yang menentang penggunaan delik penodaan agama untuk menghakimi tindakan hukum semacam ini," Hendardi menambahkan.

Menurut Hendardi, perkara UAS dapat diselesaikan melalui jalur lainnya, yakni berupa teguran dan permohonan maaf dari UAS. Meskipun peloporan atas penodaan agama tetap dilakukan.

"Jika pun UAS dilaporkan dengan delik penodaan agama, saya mendorong agar proses teguran dan tuntuan minta maaf serta janji tidak mengulangi didahulukan untuk ditempuh, sebagaimana yang diatur dalam UU 1/1966 PNPS. Sehingga, jika itu dipenuhi, maka tidak perlu diproses secara hukum," kata Hendardi.

Menurutnya, Ustaz Somad tak bisa berdalih dari peloporan dengan mengatakan isi ceramahnya tersebut bersifat internal. Menurutnya ceramah UAS tersebut dilakukan di muka umum.

"Alasan dakwah internal tidak bisa dibenarkan karena makna menyampaikan di muka umum sebagai batasan larangan menghina dan merendahkan adalah kondisi di mana pernyataan itu disampaikan pada situasi yang memungkinkan orang lain dapat mendengar. Jadi jelas apa yang disampaikan UAS memenuhi unsur di muka umum," ujarnya.

Atas peristiwa tersebut, Hendardi beraharap sekua pihak dapat menjadikannya pembelajaran untuk menikmati kebebasan berekspresi, berpendapat dan berbicara secara bertanggung jawab.

"Tetapi saya juga tidak setuju segala pernyataan yang dianggap menyinggung perasaan kelompok selalu diselesaikan dengan pendekatan hukum, karena akan berpotensi memasung kebebasan," tandasnya.

Diketahui Ustaz Abdul Somad atau UAS dilaporkan ke Markas Kepolisian Resor Sikka di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pihak yang melaporkan adalah Forum Komunikasi Alumni (Forkoma) PMKRI dan Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Maumere, Sabtu (17/8/2019).

Mereka menilai Ustaz Somad menistakan salib dan patung Yesus. Keduanya simbol Katolik dan Kristen Protestan. Ustaz Somad disebut telah menyinggung salib yang terekam dalam video ceramahnya di media sosial.


https://m.suara.com/news/2019/08/19/...r-di-muka-umum


profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 10 lainnya memberi reputasi
11
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 16
Lapor Hansip
19-08-2019 18:37
Balasan post g.e.k.f
Hahha apatis atheis ni org apa ya
Cari dulu Faktanya
Jgn lo cari dari xvideos
Begok
0
19-08-2019 18:39
sepertinya kaum monaslimin sudah bersiap akan dapet job lagi...

emoticon-Ngakak
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1
19-08-2019 18:40
Kalo dia masuk penjara, bakal ada demo semisal 212 atau malah lebih merepotkan kayaknya. Bisa ditunggangi pihak yg anti pemerintah ntar tambah kacau lagi emoticon-Traveller
0
Lapor Hansip
19-08-2019 18:40
Balasan post adriandan
@adriandan bacot kau, sana kau buat video klo kau setuju sama perkataan somat dan upload ke sosmed. Biar org tau kau dukung somad dan kau anggap perkataan dia benar.

Ilmu agama kau sj masih cetek kok sok2an bela somad. Dengar itu perkataa kiai sesepu, apa tanggapan mereka ttg somad. Bukan membabi buta percaya kata somad.

Ayo kau buat video kau dukung somad dan kita liat apa akibatnya. Kau akan di cap islami apa radikal. Dan kita liat kau kerja dimana, dikafir atau diislam. Biar jd pengganguran kau.
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan adolfsbasthian memberi reputasi
2
Lapor Hansip
19-08-2019 18:41
Balasan post sfast
@sfast apaan si tod
Ngegas asal2an
Biasa nyelem di comberan nih org
0
Lapor Hansip
19-08-2019 18:45
Balasan post superandroid
@adriandan BRO.... berarti besok2 kalo ane dapet pertanyaan dari forum tertutup (kantor) dari temen2 ane soal yang menjelek2an soal islam, terus ane jawab yang menghina islam (di videoin, lalu kesebar di dunia maya) itu semua gak jadi masalah ya gan??

gak bakalan ada demo bersilit-silit buat ane kan??

gak dong...itu kan forum tertutup (soal ane jwb pertanyaan yg menghina islam) dan itu pertanyaan dari penonton...


wkwkwkwk LOGIKA DONGOK LO @ADRIANDAN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
5
19-08-2019 18:46
Dikit2 baper kesinggung urusan agama, indon kebanyakan minum aer kobokan pecel ayam...dungu
0
19-08-2019 18:46
saat kebenaran terungkap disana kaum munafik kejang2
cuma masalah salib langsung kejang2
profile-picture
profile-picture
waysroots dan snowmarien memberi reputasi
0
19-08-2019 18:47
pd berharap seperti kejadian yg lalu.... tp ya masalahny berbeda.... emoticon-Ngacir

0
Lihat 1 balasan
19-08-2019 18:49
semoga cpt berlalu deh pak ustad 😊
0
19-08-2019 18:51
Hukum harus ditegakkan.. kalo ga nanti ada jilid 2 dan seterusnya...

Itu sangat jelas pernyataan yg menghina umat Katolik dan nasrani
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1
19-08-2019 18:51
Ada yg sadar ga kalo status kasus ini mirip ariel dulu...ga niat nyebarin cuma buat konsumsi intern tapi tersebar...kalo yg dulu akhirnya dibui harusnya yg ini juga dong
Diubah oleh liong_san
profile-picture
profile-picture
sushiramen dan adolfsbasthian memberi reputasi
2
19-08-2019 18:54
Quote:Original Posted By kerenorang
Cewe katolik banyak kok cantik

Udah damai aja

emoticon-Ngakak


Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan aloysiusmono memberi reputasi
2
19-08-2019 18:56
wow licik juga kaum minoritas sekarang emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
mencoba merebut kekuasaan setalah lama dikucilkan emoticon-Ngakak
amajing!! emoticon-Wow
profile-picture
zz69 memberi reputasi
-1
19-08-2019 18:56
Quote:Original Posted By youdoyouknow
Ane rindu zaman K.H. Zainuddin MZ.
The real dai sejuta umat.

Ceramahnya adem, damai.

Gak kayak yang disebut ustadz zaman now.
Isinya kok menebar kebencian. emoticon-DP


zaman now juga banyak kok gan ustadz yg adem ayem... liat aja gus muwafiq, gus miftah, cak nun dll... adem ayem, gue non muslim tapi seneng liat yutup ceramahnya mereka apalagi cak nun... bener2 mencerminkan kalo islam itu rahmatan lil alamin... emoticon-Nyepi salam damai bagi semua... salam rahayu emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baniwahyudi dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Lapor Hansip
19-08-2019 18:58
Balasan post snowmarien
@snowmarien yg nyebarin siapa ngoh dongoh?

Ya lo ga salah lah emg
Forum2 lo
Klo emg mnrt ajaran agama lo emg itu jd hinaan buat agama gw ya tsrh

Masa iya gw hrus paksain ajaran lo dirubah???

Lo ngerti ga sih inti topiknya
profile-picture
satria2r memberi reputasi
-1
19-08-2019 18:59
Quote:Original Posted By kerenorang
Cewe katolik banyak kok cantik

Udah damai aja

emoticon-Ngakak


Damai emang indah gan emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan aloysiusmono memberi reputasi
2
19-08-2019 19:00
Setara Institute: Pernyataan UAS Soal Salib Memenuhi Unsur di Muka Umum
0
19-08-2019 19:00
Bedanya ama ahok apa gan bre?
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
1
19-08-2019 19:01
Rendah kan terus kaum kami se rendah rendahnya, sampai "kalian" tak mampu lagi merendahkan nya.

Pada saat inilah kami sadar bagaimana ajaran ulama anda.
profile-picture
profile-picture
adolfsbasthian dan wen12691 memberi reputasi
2
Halaman 4 dari 16
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.