hansiphoax
TS
hansiphoax
Benarkah Israel Menyebarkan Virus AIDS Melalui Pembalut?
Quote:


Beredar sebuah unggahan dari akun Facebook bernama Generasi Meme Comic ID yang membagikan informasi bahwa Israel menyebarkan virus AIDS ke perempuan muslim melalui pembalut. Unggahan tersebut juga dilengkapi dengan foto seorang perempuan yang tengah memegang dua pembalut. Selain itu, terdapat juga narasi yang menyebutkan bahwa pembalut tersebut ditujukkan untuk membunuh wanita-wanita Arab dan umat Islam yang sangat subuh melahirkan anak. Tidak sampai disitu, terdapat juga tujuan lainnya yang menyebut untuk memperburuk citra perempuan Muslim.



Unggahan ini pun menjadi viral dan memancing banyak komentar netizen. Hingga kini unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 31 ribu kali dan dikomentari hingga 2,8 ribu akun.

Lantas bagaimana kebenaran mengenai informasi tersebut?


PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, Hansip Hoax mendapatkan informasi bahwa foto pembalut yang terdapat dalam unggahan pengguna Facebook bernama Generasi Meme Comic ID tersebut tidak sesuai dengan narasi yang disebutkannya.

Foto asli dari pembalut tersebut sebenarnya diambil dari video berjudul “Demo Pembalut Avail vs Pembalut Biasa” yang diunggah oleh channel Youtube bernama Nu ZulfikRockpada 9 Agustus 2012.

Video berdurasi 6 menit 32 detik yang diunggah oleh Nu ZulfikRock tersebut berisi demo pembalut herbal Avail yang diklaim lebih aman dibandingkan dengan pembalut biasa. Tidak ada keterangan bahwa itu adalah pembalut yang mengandung virus HIV yang bisa menyebabkan AIDS.



Isu mengenai pembalut yang bisa menularkan AIDS ini juga sebelumnya pernah menyebar di Burnei Darussalam pada tahun 2015. Saat itu, Presiden Dewan AIDS Brunei Darussalam, Iswandy Ahmad, menepis anggapan bahwa HIV dapat tertular melalui penggunaan pembalut.

Kepada The Brunei Times, Iswandy mengatakan informasi yang viral tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan logis. Ia menyebut bahwa HIV adalah virus yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui darah dan kontak seksual tanpa pengaman dengan seseorang yang terinfeksi HIV.



KESIMPULAN
JADI GAN, BERDASARKAN PEMERIKSAAN FAKTA YANG DILAKUKAN HANSIP HOAX, DAPAT DISIMPULKAN BAHWA ISU MENGENAI ISRAEL MENYEBARKAN PEMBALUT YANG MENGANDUNG VIRUS AIDS ADALAH INFORMASI YANG SALAH ALIAS HOAKS.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN



SUMBER
TurnBackHoax.id
Tempo.co
Channel Youtube "Nu ZulfikRock"
ulermaboqtiger.gauljunleon
junleon dan 16 lainnya memberi reputasi
17
16.1K
140
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.