alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
4
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5a55ebf0bdb2233d39d0f1/nggak-cuma-polusi-udara-polusi-suara-juga-berbahaya-buat-kesehatan-gan
Seperti yang kita tahu, baru-baru ini, kota Jakarta ditetapkan sebagai kota dengan polusi udara terparah di dunia. Kabar ini pun membuat geger, hingga masyarakat pun kini berlomba-lomba memberikan solusi atas fenomena polusi udara ini. Seharusnya, nggak cuma polusi udara aja yang jadi perhatian kita, gan. Jenis polusi lain yang sering terjadi di kota besar, yaitu polusi suara, juga nggak kalah bah
Lapor Hansip
19-08-2019 14:55

Nggak Cuma Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya Buat Kesehatan, Gan

Nggak Cuma Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya Buat Kesehatan, Gan

Seperti yang kita tahu, baru-baru ini, kota Jakarta ditetapkan sebagai kota dengan polusi udara terparah di dunia. Kabar ini pun membuat geger, hingga masyarakat pun kini berlomba-lomba memberikan solusi atas fenomena polusi udara ini. Seharusnya, nggak cuma polusi udara aja yang jadi perhatian kita, gan. Jenis polusi lain yang sering terjadi di kota besar, yaitu polusi suara, juga nggak kalah bahayanya bagi kesehatan kita.

Apa itu polusi suara?
Nggak Cuma Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya Buat Kesehatan, Gan

Polusi suara diartikan sebagai suara yang mengganggu dan tidak diinginkan yang dapat berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik seseorang.

Menurut pendiri Quiet Mark, produk penguji tingkat kebisingan di Inggris, suara adalah polutan yang nggak terlihat, yang dapat mempengaruhi pernapasan, gelombang otak, dan kenyamanan.
Suara bising lalu lintas, suara mesin, musik yang keras, gonggongan anjing, bahkan suara aktivitas orang-orang di sekeliling kita dapat menjadi penyumbang polusi suara.  Hidup kita memang dikelilingi oleh suara, dan memang sebagian besar suara itu nggak berbahaya. Tapi, nggak bisa dipungkiri, suara, terutama yang nggak kita inginkan, memang bisa berpengaruh terhadap kesehatan kita.

Berapa desibel yang tergolong polusi suara?

Nggak Cuma Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya Buat Kesehatan, Gan

Dikutip dari HealthLink, suara diatas 85 desibel adalah suara yang berbahaya, tergantung seberapa lama dan sering paparannya pada telinga kita.  Sementara itu, paparan suara di atas 120 desibel dalam waktu singkat sekalipun sudah dapat memberikan dampak buruk.

Sebagai gambaran, suara bisikan memiliki 30 dB, suara percakapan normal 60dB, suara lalu lintas sekitar 80-89 dB, suara dengkuran 95dB, kereta api yang lewat 100 dB, dan sirine ambulans bisa mencapai 140 dB.
Telinga kita bisa terpapar suara-suara tadi, bahkan ketika kita tidur, gan. Telinga manusia sangat sensitif dan nggak pernah istirahat. Jadi, walaupun kita nggak sadar, saat tidur telinga kita tetap menangkap suara dan kemudian mengirimkannya ke otak untuk diinterpretasi.

Apa bahayanya bagi kesehatan?

Nggak Cuma Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya Buat Kesehatan, Gan

Polusi suara tentunya berbahaya bagi kesehatan telinga kita. Terlalu sering terpapar polusi suara dapat menyebabkan penurunan kemampuan pendengaran, serta menyebabkan telinga berdenging.

Nggak hanya berdampak bagi pendengaran, gan,  Menurut World Health Organization (WHO), polusi suara yang nggak diinginkan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan peningkatan detak jantung yang berujung pada resiko penyakit jantung. Suara-suara ini juga dapat dikaitkan dengan peningkatan hormon stress dalam tubuh. Paparan suara bising yang mengganggu juga bisa mengurangi daya ingat, kreativitas, serta mengurangi kemampuan kognitif dan psikomotorik seseorang.

Polusi suara dapat dihindari dengan memakai penutup telinga saat tidur atau saat dalam keadaan bising, menutup rapat pintu dan jendela, serta mengecilkan volume lagu saat sedang memakai headphone.
 

Sumber : 1 , 23
Diubah oleh n0404
profile-picture
kudanil.la memberi reputasi
1
Nggak Cuma Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya Buat Kesehatan, Gan
19-08-2019 15:44
Quote:Suara-suara ini juga dapat dikaitkan dengan peningkatan hormon stress dalam tubuh.

ane setuju gan, kalo dah dengar2 suara yang berisik bawaannya stres. orang yang bikin bising kadang2 minta dijewer
0 0
0
Nggak Cuma Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya Buat Kesehatan, Gan
19-08-2019 22:05
kadang ane juga suka terganggu sama suara suara umum yang bikin berisik banget gan. contohnya kayak dangdutan yang disetel kenceng kenceng, atau kadang maaf toa mesjid yang di setel kenceng banget padahal bener bener bikin pengang kuping. mau ngomong tkt dikira ane kepanasan banyak setannya tp emg nyatanya kenceng bgt bbrp masjid tuh
0 0
0
Nggak Cuma Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya Buat Kesehatan, Gan
19-08-2019 22:36
paling gedeg banget ama motor-motor yang pake knalpot racing atau knalpot brong yang suaranya suka nusuk ke ulu ati. rasanya pengen ane tegor aja tuh motor, kalo motor yang di atas 600cc mah merdu suaranya, lah ini udah suara jelek, ngebut pula emoticon-Hammer2
0 0
0
Nggak Cuma Polusi Udara, Polusi Suara Juga Berbahaya Buat Kesehatan, Gan
10-09-2019 18:04
mntappp
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.