forpetrol
TS
forpetrol
Waketum Gerindra : Menteri ESDM Tidak Menghormati Pemda Mimika
Spoiler for Waketum Gerindra, Arief Poyuono:


KabarBerita.co.id (Jakarta) - Kehadiran Menteri ESDM, Ignatius Jonan sebagai inspektur upacara HUT RI ke 74 di areal sekitar Freeport tanpa pemberitahuan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, juga mengundang reaksi keras dari Waketum Gerindra, Arief Poyuono. Menurut Arief, sikap Menteri ESDM sangat tidak etis dan tidak menghormati pemerintah daerah.

"Menteri ESDM benar benar tidak menghormati Pemerintah Daerah Mimika dengan asal nyolonong merayakan upacara HUT RI sebagai pemimpin upacara" ujar Arief kepada KabarBerita.co.id, pada Senin (29/08/2019).

Arief melihat, seakan - akan Jonan tidak menganggap keberadaan Pemda Mimika saat mengunjungi Freeport. Padahal, andai terjadi hal - hal yang tidak diinginkan di Freeport saat rombongan Menteri ESDM disana, maka siapa yang harus bertanggung jawab? Tentu saja, Pemda Mimika yang pertama kali akan ditanyai oleh pemerintah pusat.

"Ini sama saja Jonan menganggap Pemda Mimika dimana lokasi Freeport tempat Jonan memimpin upacara HUT RI bukanlah pemda yang mesti di kulonuwunin atau seenggak - enggaknya memberitahu pemda Mimika" kritik Arief.

Jadi menurut Arief, wajar saja jika Bupati Mimika bereaksi keras atas tindakan gegabah dari Menteri ESDM saat itu.

"Jadi sangat wajar kalau Bupati Mimika protes keras dengan apa yang dilakukan Jonan dengan memimpin HUT RI" ujarnya.

Arief juga menduga, kehadiran Menteri ESDM juga tanpa sepengetahuan Polres dan Kodim setempat. Jika ini benar, maka sangat berbahaya sekali, terlebih kawasan Freeport saat ini sedang rawan aksi kelompok separatis bersenjata.

"Jangan jangan Polres dan Kodim di Mimika juga enggak tahu Jonan mimpin HUT RI di Freeport, wah ini bahaya ya sebab kan keadaan keamanan di sekitar freeport kurang kondusif" ungkap Arief.

Arief menambahkan, untuk sekelas Presiden Jokowi saja, beliau selalu mengundang dan menemui pejabat daerah tiap kali berkunjung ke daerah.

"Wong Presiden Joko Widodo saja kalau akan melakukan kunjungan kedaerah saja pasti mengundang dan menemui pejabat Pemerintah Daerah setempat, ini baru sekelas Menteri aja kok udah jumawa banget ya" tukasnya.

Oleh karenanya, Arief berharap agar Presiden Jokowi kedepannya memilih calon menteri yang memiliki sikap dan etika yang baik sebagai seorang pejabat publik.

"Nah Kangmas Joko Widodo ini masukan dari Saya jangan lagi Menteri seperti Jonan ini dijadikan anggota kabinetnya kangmas, sebab sama pemda Mimika yang merupakan kepanjangan tangan pemerintahan kangmas saja enggak dianggap" tegas Arief.

"Apalagi kemarin listrik padam di Jawa bentuk buruknya kinerja ESDM, ditambah lagi banyak Korupsi di sektor ESDM" tambahnya.

Seperti diinfokan sebelumnya, Menteri ESDM, Ignatius Jonan beserta rombongan menghadiri upacara HUT RI ke 74 di areal Freeport. Sayangnya, kehadiran Menteri ESDM tanpa pemberitahuan ke Pemda Mimika, tentu saja, sikap tidak etis ini memicu kritik keras dari Bupati Mimika, Eltinus Omaleng.

"Yang kita sesalkan kenapa tidak singgah di pemda, kalau terjadi apa-apa di atas siapa yang mau tanggung jawab," ujar Eltinus.

"Daerah sana (Tembagapura) itu daerah tembak menembak, tiba-tiba kalau putus (hadang) jalan mau bikin apa? Bilang, Pak Bupati marah sekali," lanjutnya.

SUMBER
Diubah oleh forpetrol 19-08-2019 04:23
davecchiokaiserwalzertien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.5K
14
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.