• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Keistiwaan Negeri Ini Bikin Ane Bangga Jadi Anak Indonesia, Patut Bersyukur!

mbakendut
TS
mbakendut
Keistiwaan Negeri Ini Bikin Ane Bangga Jadi Anak Indonesia, Patut Bersyukur!


Jujur, ane kadang sedih jika mendengar atau melihat celoteh netizen yang ngomong soal mau pindah negara karena ya gitu ... negara ini udah makin bobrok katanya. Entah itu hanya sebuah lelucon atas kekecewaan mereka terhadap negara sendiri atau memang serius?

Entahlah! Ane pun tidak ada hak untuk menilai mereka.

Menurut ane, kita ini sangat beruntung lahir dan besar di Bumi Pertiwi. Meski Indonesia masih banyak kekurangan sana-sini dari segala aspek dan musti banyak belajar dari negara lain yang sudah maju, negara kita tercinta ini punya banyak keistimewaan yang tidak dimiliki oleh negara lain. Keistimewaan yang harusnya dilestarikan dan dijadikan budaya dan ciri khas Indonesia.

Berikut keistimewaan Indonesia versi ane sebagai generasi muda:


1. Negara dengan Jumlah Bahasa Daerah Terbanyak Kedua di Dunia




Berdasarkan data Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Indonesia mempunyai setidaknya 668 bahasa (belum termasuk dialek). Ya, jika dijumlah dengan dialek mungkin akan mencapai 1000 lebih bahasa. Luar biasa! Meski menurut UNESCO, ada sekitar 15 bahasa yang punah di Indonesia setiap hari.

Ane sendiri jadi sedih mendengarnya. Jadi, sebagai bentuk pelestarian terhadap bahasa daerah, ane jika pulang ke Sinjai itu, ane pakai bahasa Makassar dialek Konjo dalam aktivitas sehari-hari.

Ane kasih contoh bahasa Makassar dialek konjo ya☺

Quote:



2. Mempunyai Jutaan Kuliner dengan Cita Rasa Juara




Kuliner Indonesia memang juara, bikin gemuk alias sejahtera, bikin nggak bisa berpindah ke lain hati, dan tentunya kaya akan rempah-rempah.

Setiap daerah di Indonesia punya kuliner khas masing-masing. Di Sulsel sendiri, banyak kuliner yang menggugah selera dan sudah dikenal seantero Nusantara.

Coto Makassar, Gan!

Ane sendiri sih seleranya nggak muluk-muluk. Nasi hangat plus sayur plus tempe tumis plus ikan cakalang goreng udah maknyus pake banget.


3. Orang Indonesia Punya Lidah Fleksibel



Orang Indonesia punya lidah fleksibel itu bukan mitos. Meski tidak semua, ternyata menurut salah satu native English speakeryang juga merupakan pengajar bahasa Inggris, dia mengatakan bahwa orang Indonesia mengucapkan bahasa Inggris lebih baik dari negara tetangga.

Mengapa bisa demikian? Suatu kesyukuran kita dikaruniai banyak bahasa sehingga masyarakat itu sudah terbiasa dengan perbedaan bahasa. Juga, ini dipengaruhi karena kita menggunakan ejaan latin (huruf latin) yang memungkinkan kita bisa melafalkan bahasa asing yang mayoritas memakai huruf latin sebagai pembentuk bahasa mereka.

Coba deh Agan dan Sista mendengar pelafalan orang Indonesia saat meng-cover lagu-lagu asing terutama lagu berbahasa Inggris kemudian membandingkannya dengan hasil cover negara Asia Timur? Beda, 'kan?

Meskipun demikian, ane pribadi tidak suka jika kita lebih bangga menggunakan bahasa asing ketimbang bahasa Indonesia apalagi bahasa daerah. Kuasai bahasa asing boleh, asal jangan melupakan bahasa ibu sendiri.


4. Indonesia Sebagai Paru-Paru Dunia



Patut disyukuri, Indonesia dikarunia keanekaragaman hayati yang luar biasa dari Sang Maha Pencipta. Wilayah Indonesia yang dinobatkan sebagai paru-paru dunia itu yakni Pulau Kalimatan.

Maka sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah itu, maka patutlah kita untuk menjaga kelestarian alam itu dengan tidak melakukan penebangan liar dan pembakaran hutan secara ilegal.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang keistimewaan Indonesia versi ane. Sebagai penutup, ayo kita nyanyikan bersama sebuah lagu ciptaan dari Yovie Widianto dan Eka Gustiwana berikut ini:


Quote:


Ya, kemanapun aku pergi dan dimanapun aku berpijak, hatiku tetap Indonesia☺


Dokumen Pribadi
Diubah oleh mbakendut 16-08-2019 14:03
linalusianacattleyaonlyswiitdebby
swiitdebby dan 20 lainnya memberi reputasi
21
2.5K
100
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.