alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
3.4 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d583310349d0f70072509bf/bisnis-es-doger-gibran-rakabuming-dapat-suntikan-rp-71-miliar
Lapor Hansip
18-08-2019 00:02
Bisnis Es Doger Gibran Rakabuming Dapat Suntikan Rp 71 Miliar
Past Hot Thread
Bisnis Es Doger Gibran Rakabuming Dapat Suntikan Rp 71 Miliar


Jakarta - Startup Goola yang didirikan oleh putra pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming mendapat suntikan modal senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar. Dana tersebut berasal dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures.

Dengan suntikan modal dari Alpha JWC Ventures, Gibran bakal merealisasikan target menjadi market leader di Indonesia dengan gerai di kota-kota besar dan kecil, serta memulai ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara tahun depan.

"Sebagai investor dan tim asal Indonesia, salah satu misi utama kami adalah untuk membawa wirausahawan dan startup Indonesia sukses di dalam negeri dan membawa mereka ke panggung internasional," ujar Managing Partner Alpha JWC Ventures Jefrey Joe melalui keterangan tertulis yang diterima detikFinance, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Kios pertama Goola dibuka pada 17 Agustus 2018, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kini, Goola baru memiliki lima gerai yang tersebar di pusat perbelanjaan Jakarta.

Gibran berencana membuka 15 gerai tambahan di akhir 2019 ini, dan membuka 100 gerai secara keseluruhan pada 2020, serta memulai membuka toko di negara Asia Tenggara lainnya.

Goola juga akan merambah ke aplikasi yang kini sedang dikembangkan. Nantinya, aplikasi Goola memudahkan transaksi para pelanggan melalui pemesanan online tanpa antrean, program loyalitas, dan lain-lain.

"Adanya aplikasi adalah satu hal, tapi bagi saya, faktor terpenting tetaplah pada racikan minuman kami," kata Gibran.

Produk andalan mereka saat ini adalah versi modern dari minuman tradisional yang sudah populer, seperti Es Doger Jeger, Es Kacang Hijau, dan Es Goola Aren. Goola kini memiliki 22 menu minuman yang terbagi dalam empat seri, yaitu Signature (produk unggulan), Tea (teh), Coffee (kopi), dan Refreshing (minuman segar).

"Jika minuman manis dari negara lain bisa populer, mengapa minuman lokal kita tidak bisa? Produk kami telah diterima baik oleh pelanggan. Tak hanya Goola mengikuti tren konsumsi minuman manis yang sedang naik daun, banyak yang bilang minuman kami membawa kembali kenangan masa kecil mereka dan mengingatkan kembali pada tradisi yang sudah lama terlupa," paparnya.

Mereka pun harus bersaing dengan bubble tea, misalnya yang telah menjadi fenomena global dalam beberapa tahun belakangan, dengan total pasar global mencapai US$ 1,9 miliar di 2019 dan diperkirakan akan terus berkembang 7,4% per tahun hingga 2023

"Goola tadinya didirikan sebagai bisnis kuliner konvensional, namun kami kemudian menyadari bahwa kami bisa melakukan sesuatu yang jauh lebih besar," Kevin menambahkan.

Sumur: https://m.detik.com/finance/berita-e...n-rp-71-miliar


Jadikan ini semangat untuk kita jd pengusaha kreatif.. yg punya usaha Es krim Bakar, cilok, somay,ayo lebih kreatif biar dpt suntikan modal jg..
emoticon-Cool
Diubah oleh KASKUS.HQ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 10 dari 17
18-08-2019 20:27
pengusaha sukses..
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
18-08-2019 20:36
"trader sukses"nya langsung ngacir pura2 sibuk emoticon-Ngakak
masih punya malu juga tuh org emoticon-Ngakak
0
18-08-2019 20:45
lha bapake presiden jeh..yah wajar lah dapet suntikan sebesar itu..jaminannya bapaknya..
emoticon-Ngakak
Ikut mendoakan semoga sukses dan lancar usaha nya..
0
18-08-2019 20:54
Saya jadi termotipasi pengin buat usaha donut shop. Tapi mau pendalaman materi dulu. emoticon-Malu
0
Lapor Hansip
18-08-2019 20:56
Balasan post filusufkacang
Kalo gua curiganya venture2 model invest serampangan ini duitnya duit korupsi semua, money laundry gaya baru
0
18-08-2019 20:58
Quote:Original Posted By cipokan.yuk
ngaku trader sukses tp tiap menit mantengin kaskus emoticon-Ngakak
pret pret, klo org sukses beneran gak akan punya waktu iri & nyinyirin bisnis org, mending urusin bisnis sendiri emoticon-Ngakak
liat org beli mobil mewah, nyinyir & denial
liat org dapat investasi, nyinyir & denial
:bendahara pkk kok ngaku2 trader


Quote:Original Posted By cipokan.yuk
nunggu ah bentar lg sang "trader sukes" nongol lg dgn denialnya emoticon-Ngakak


Malu2 amat mau quote gue.. emoticon-Malu

Emang trader itu sibuk ngapain sih? Cuman butuh 1-2 menit untuk realisasi jual... Ngapain ngabisin waktu berjam2 pantau...

Tinggal cek harga pagi jam 9, jam 12, jam setengah 2 dan jam 4...

Ngapain ngabisin waktu berjam2 mantengin HP?

Bego amat.. emoticon-Malu
0
18-08-2019 21:00
Quote:Original Posted By filusufkacang
Yah, kalo orang biasa sih mungkin sedikit mustahil yah..

71 M untuk bisnis kuliner yang baru punya 5 gerai... Itu bukan bisnis yang lumrah dilakukan orang biasa..

Nggak juga sih, gue ga mikir terlalu jauh.. Positif thinking aja bahwa mungkin mmg nilai 71 M itu murni tawaran bisnis patungan yg masuk untuk dia (gibran) pribadi tanpa melibatkan bapaknya.. emoticon-Big Grin

Nah itu dia, yang kopi kenangan itu gue masih agak ragu sih karena kalo liat startupnya juga baru punya jumlah download 10 ribuan dengan rating 4..


Ya ga ada, ga ada patokan..

Katakan lah ente modal awal buka kopi itu 20 M.. Mulai dari modal untuk develop startupnya (anggep aja butuh uang 3 M) sampe buka 17 gerai (anggep aja pergerai modalnya 1 M)..

Dengan user yg hanya 10 ribuan itu, ente berharap omsetnya bakal sebesar apa? emoticon-Big Grin

Anggaplah uang modal senilai itu dalam beberapa tahun berkembang menjadi 50 M..

Lalu datang investor, bawa uang 150 M... Terjadilah perundingan bisnis di sana...

Si investor dan ente sepakat penempatan modal setara saham 10%.. Maka diatas kertas nilai kapitalisasi perusahaan ente jadi 1,5 T... Karena uang investor 150 M tadi bernilai 10% saham..

Tapi apakah benar2 nilainya 1,5 T..?? Ya nggak lah... Karena nilai itu kan nilai yang terbentuk karena kesepakatan.. Bukan karena perusahaan punya aset sebesar itu..

Secara aset, palingan nilai perusahaan startup ente itu hanya bernilai 200 M...

Sisanya 1,3 T itu nilai apa? Ya nilai persepsi.. Nilai merek dagang dari startup si kopi tadi...

Jadi apa yang di cari si investor dari bisnis model ini? Si investor berharap bahwa bisnis ini berkembang pesat, dari yg tadinya hanya memiliki user aktif 10 ribuan, jadi 100 ribu atau 1 Juta...

Kalo sudah begitu, tentu nilai persepsi (merk dagang) dari startup itu bakal naik drastis dan menarik minat investor2 kakap yang lebih besar lagi untuk masuk... Katakanlah alibaba, softbank, tencen, dlsbnya itu..

Kalo pemodal sebesar itu yg sudah masuk... Bukan hal yg mustahil nilai kapitalisasi perusahaan yang tadinya cuman 1,5 T menggelembung jadi 15 atau 150 T... Kalo sudah begitu, nilai saham dia tadi yang 150 M jadi berapa? emoticon-Big Grin

Jadi 10-100 kali lipatnya toh? emoticon-Big Grin

Itu yg mereka incar..

Tapi apa pasti bakal jadi segitu...

Ya nggak, ga sedikit loh startup yg ujung2nya malah mati setelah di suntik modal besar.. Coba aja ente gugling nama jaw bone dan solyndra.. Itu dapet suntikan dana $1 B,malah bangkrut.. emoticon-Big Grin

Kalo sudah begitu, kemana uangnya si investor? Ya ilang lah... Lah wong memang sejak awal nilai aset perusahaan ini ga sebesar itu.. emoticon-Big Grin

Nilai 1,5 T itu hanya nilai angin doang..

Apalagi kalo duit 150 M itu di pake bukan buat nambah aset perusahaan, melainkan hanya untuk bikin promosi2 angin macem bisnis olsop..

Udah, nambah menghilang aja itu uang... emoticon-Big Grin


Jadi itu intinya persepsi si ownernya yg bukan aset dalam fisik tapi lebih ke yg tidak fisik seperti merek,potensial customer dll.
Ya sah2 aja tinggal make sense gk ada org yg beli yah?
Trus jgn salah loh blm tentu kaya usaha yg gede2 itu sukses apalagi start up2 gitu yg bakar duit.
Jgn2 mereka cmn gerak di tempat atau rugi malahan supaya ngalahin saingan or gk ada yg msk di bisnisnya tinggal mereka tahan gk ama gempuran.
Kalo kurang2 tahan krna bakar duit bisa bangkrut tapi kalo bisa bertahan apalagi monopoli bisa sukses.
Jadi jgn liat wah hebat modalnya gede dll.
Lihat jg aset fisiknya punya apa jgn2 cmn modal ngibul doank nanti auto tuh investor jeblok duitnya ilang.
Skrg emg udh berkembang jaman org berani invest2 ke perusahaan start up yg gk teruji.
Wong ke perusahaan listing d bei aja kita msh bisa diakalin koq investor.
Byk yg harus diwaspadai mulai laporan2 palsu yg mempercantik perusahaan, bandar2 yg ditakutkan org lusr apalagi dalam dll.

Skrg coba lihatlah kaskuser yg main saham itu praktisi2 yg belasan tahun.
Macam inisial r**n f*****t itu udh hasilin buku belasan apa puluhan juga.
Nerima penghargaan dri presiden dll.
Udh pasti gk diragukan kemampuan.
Tapi gw pernah tanya coba tunjukin donk hasil lu belasan tahun itu track record main sahamnya kyk gmn misal dari uang brp juta lu bisa kembangin dalam jangka waktu pendek or panjang jadi brp?.
Tapi dia gk mau jawab tuh.
Lagian kalau org udh bener2 jago main saham2 or invest gitu, coba logika aja mana mau nge push trus bkin buku apalagi sampe buka kelas2 gitu yg seharian u abisin waktu untungnya cmn pluhan juta.
Cmn kita lihat dgn dia bikin buku otomatis duit ngalir,publisitas jg diperlukan jadinya nanti terkenal trus gampang cari uang tanpa resiko makanya buka kelas2 yg mahal2.
Kalo mereka tujuannya mau berbagi krna udh kaya lewat saham,bisnis dll mereka tinggal cetak buku gratiskan aja ke sekolah,kampus,tempat2 umum dll sama buka aja kelas di tempat2 bebas gtu yg mencerdaskan bangsa lebih byk depd ekslusif2 gitu kan?
Bukan gk menghargai teori jg yah cmn ini hanya pondasi alias acuan dasar dan jgn jadi patokan liat manis2nya aja coba itung brp org yg gagal dan berhasil sama persentase keuntungannya jg.
Jadi berpikir pesimis itu tidak boleh tapi berpikir optimis harus disertai realistis tentunya.
0
18-08-2019 21:02
Quote:Original Posted By maya.asar
Kalo gua curiganya venture2 model invest serampangan ini duitnya duit korupsi semua, money laundry gaya baru


Bisa jadi...

Bisa juga ini pelicin untuk izin dana masuk lainnya yang lebih besar...

Atau bisa jadi ini dana topengan, sebenernya ini mmg uang bokapnya dia, tapi di puter lewat perusahaan join venture asing...

Tapi bisa jadi ini memang uang investor asli yg masuk ke bisnis die karena melihat si gibran anak pesinden..

Tapi kalo karena alasan liat track record bisnis si gibran sih, hampir mustahil ini terjadi... emoticon-Malu

Ah udah lah, ntr gue di kirain iri ama dia..
0
Lihat 1 balasan
18-08-2019 21:10
71M bisa beli es cendol berapa gelas tuh? emoticon-Big Grin
0
18-08-2019 21:17
jangan dihambur-hamburin buat franchise dulu
0
18-08-2019 21:21
Quote:Original Posted By KewZ
Jadi itu intinya persepsi si ownernya yg bukan aset dalam fisik tapi lebih ke yg tidak fisik seperti merek,potensial customer dll.
Ya sah2 aja tinggal make sense gk ada org yg beli yah?


Ya kurleb begitu.. Kalo investor di pasar modal ga kaya gitu...

Semua perusahaan yg ada di pasar modal kan di wajibkan publish laporan keuangan audit, maka nilai sahamnya pun bisa kita takar... Apakah mahal atau tidak?

Apabila jauh melampaui nilai bukunya, maka investor sudah berada pada harga yang mahal...kecuali kalo perusahaan yang di beli adalah perusahaan bluechip yg mmg punya merk dagang yang sudah dikenal luas..

Tapi kalo di bisnis modal ventura gini ya ga ada seperti itu.. Murni spekulasi dengan resiko yang sangat tinggi...

Makanya agan di atas itu bilang, mereka siap loss sampe 90%an..

Itukan sudah menjurus judi namanya..

Quote:Trus jgn salah loh blm tentu kaya usaha yg gede2 itu sukses apalagi start up2 gitu yg bakar duit.
Jgn2 mereka cmn gerak di tempat atau rugi malahan supaya ngalahin saingan or gk ada yg msk di bisnisnya tinggal mereka tahan gk ama gempuran.


Nah itu, kebanyakan kan cuman bakar duit...

Tapi skrg beberapa startup sudah mulai take profit kok, tebut aja toped... Itu skrg dia sudah mulai menerapkan sistem bagi hasil via sistem power merchant...

Itupun mereka lakukan setelah 10 tahun berdiri... emoticon-Big Grin

Quote:Kalo kurang2 tahan krna bakar duit bisa bangkrut tapi kalo bisa bertahan apalagi monopoli bisa sukses.
Jadi jgn liat wah hebat modalnya gede dll.
Lihat jg aset fisiknya punya apa jgn2 cmn modal ngibul doank nanti auto tuh investor jeblok duitnya ilang.


Ya kalo liat asetnya susah lah..

Rata2 kan startup yang berkembang di indonesia saat ini adalah sistem sharing profit...

Sama sekali tidak memiliki aset yang mumpuni selain dari pada merk dagang..

Mereka ga punya stok barang, piutang, aset tetap, pabrik atau sejenisnya..

Murni hanya aplikasi... emoticon-Big Grin

Quote:Skrg emg udh berkembang jaman org berani invest2 ke perusahaan start up yg gk teruji.
Wong ke perusahaan listing d bei aja kita msh bisa diakalin koq investor.
Byk yg harus diwaspadai mulai laporan2 palsu yg mempercantik perusahaan, bandar2 yg ditakutkan org lusr apalagi dalam dll.


Iya, kemaren terakhir garuda yg BUMN aja berani ngakalin.. Apalagi startup beginian.. emoticon-Big Grin

Tapi ya investor pasti juga ga asal lah.. Mereka juga pasti punya pertimbangan.. Meskipun 70-80% pertimbangan itu pasti sifatnya spekulasi.. emoticon-Big Grin

Quote:Skrg coba lihatlah kaskuser yg main saham itu praktisi2 yg belasan tahun.
Macam inisial r**n f*****t itu udh hasilin buku belasan apa puluhan juga.
Nerima penghargaan dri presiden dll.
Udh pasti gk diragukan kemampuan.
Tapi gw pernah tanya coba tunjukin donk hasil lu belasan tahun itu track record main sahamnya kyk gmn misal dari uang brp juta lu bisa kembangin dalam jangka waktu pendek or panjang jadi brp?.
Tapi dia gk mau jawab tuh.


Ya dia ga akan jawab, karena mmg ga ada yang bisa jamin lu bisa ngasilin berapa dari trading/investasi saham..

Memang iya itu ada ilmunya.. Tapi fungsi ilmu bukan memastikan keberhasilan, tapi untuk memperkecil peluang gagal berdasarkan historikal di masa lalu..

Gue pernah bikin duit gue berkembang 1000% dalam 3-4 tahun.. Gue selalu cerita itu di kaskus..

Tapi gue ga akan pernah cerita ke kalian, pas uang gue itu harus cutloss dan rugi 4-5% dalam hitungan hari... Dan itu terjadi berulang2...emoticon-Frown

Seorang pemain pasar modal wajib menjaga sentimen positif thd pasar modal.. Tujuannya apa?

Supaya jumlah investor yg menanamkan modal di pasar modal makin meningkat..

Harus di akui, bahwa penghasilan terbesar kami sebagai trader itu berasal dari profit margin, bukan dari deviden..

Ente tau kan dari mana profit margin itu berasal??

Dunia pasar modal itu dunia yang kejam.. Saat ada pihak yang berbahagia karena untung di sini, di sana ada pihak yg menangis karena rugi... emoticon-Big Grin

Quote:Lagian kalau org udh bener2 jago main saham2 or invest gitu, coba logika aja mana mau nge push trus bkin buku apalagi sampe buka kelas2 gitu yg seharian u abisin waktu untungnya cmn pluhan juta.
Cmn kita lihat dgn dia bikin buku otomatis duit ngalir,publisitas jg diperlukan jadinya nanti terkenal trus gampang cari uang tanpa resiko makanya buka kelas2 yg mahal2.
Kalo mereka tujuannya mau berbagi krna udh kaya lewat saham,bisnis dll mereka tinggal cetak buku gratiskan aja ke sekolah,kampus,tempat2 umum dll sama buka aja kelas di tempat2 bebas gtu yg mencerdaskan bangsa lebih byk depd ekslusif2 gitu kan?
Bukan gk menghargai teori jg yah cmn ini hanya pondasi alias acuan dasar dan jgn jadi patokan liat manis2nya aja coba itung brp org yg gagal dan berhasil sama persentase keuntungannya jg.
Jadi berpikir pesimis itu tidak boleh tapi berpikir optimis harus disertai realistis tentunya.


Nah itu udah gue jelasin di atas kan? emoticon-Ngacir

Cara teraman take profit dari pasar modal adalah dengan investasi.. Bukan dengan trading.. emoticon-Big Grin
Diubah oleh filusufkacang
0
Lihat 1 balasan
18-08-2019 21:39
menunggu pendukung sebelah yg benci ke pesaing nya smpai ank" nya di benci emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0
18-08-2019 21:43
salut sih, mau orang ngmg apa juga gak peduli.

ini anak presiden mau bisnis kecil2an, patut diacungi jempol. apalagi bisnisnya selalu khas indonesia.

dari pisang, martabak, dan sekarang es doger.

salut. daripada mereka minta proyek atau minta jabatan. jauh lbh baik ini. membuka lapangan kerja juga kan.
0
18-08-2019 21:52
Quote:Original Posted By filusufkacang
Ya mana mungkin ragu lah.. Kalo ragu, jangan coba2 masuk indonesia..

Lah wong negara ini punya bapaknya.. emoticon-Cool


Ente salah kalo mikir mreka dinasti, cendana nohh. Cari coba trit yg isinya kasus putra cendana. Wkwkw ente gimana si si agan fulan fulananemoticon-Maaf Agan
0
18-08-2019 21:52
Gila ni gan, mungkin karna anak presiden jualan es doger dapet uang 71M. Kalau pedagang kaki lima, jual es doger aja mesti nabung dulu bahkan sampe minjem gan
0
18-08-2019 22:04
Ada orang dalam bray. emoticon-Cool
0
18-08-2019 22:07
mantap lah .
0
18-08-2019 22:12
Quote:Original Posted By rizshad
Ente salah kalo mikir mreka dinasti, cendana nohh. Cari coba trit yg isinya kasus putra cendana. Wkwkw ente gimana si si agan fulan fulananemoticon-Maaf Agan


Iya.. Iya gue percaya.. Emang bukan dinasti...

Keluarga jokowi mah beda dari keluarga presiden lain...

Sederhana, tidak numpang nama besar bapaknya... emoticon-Jempol
0
18-08-2019 22:22
Baru doger udah 71 milyar. Aahh.. Terserah d ah.. bukan temen ane..
emoticon-Cendol Gan tetap enyak..
Diubah oleh dalivan
0
Halaman 10 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.