alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
3.74 stars - based on 19 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5886ef48c38d2d4f04d69f/skandal-yang-mengguncang-gereja-diduga-pemicu-katolik-dan-protestan-kehilangan
Lapor Hansip
18-08-2019 05:59
Skandal yang Mengguncang Gereja Diduga Pemicu Katolik dan Protestan Kehilangan
Skandal yang Mengguncang Gereja Diduga Pemicu Katolik dan Protestan Kehilangan 430 Ribu Anggota

Skandal yang Mengguncang Gereja Diduga Pemicu Katolik dan Protestan Kehilangan

Pemimpin Gereja Katolik maupun Gereja Protestan berusaha menekan penurunan anggota yang terus terjadi, sehingga menjadi pergumulan bersama warga gereja di negara tersebut.

Gereja Katolik Jerman tahun 2018 kehilangan 216.078 anggota dan Gereja Protestan kehilangan sekitar 220.000 anggota. Demikian data-data yang dirilis oleh Konferensi Waligereja Jerman "Deutsche Bischofskonferenz" (DBK) dan Perhimpunan Protestan Jerman "Evangelische Kirche in Deutschland" (EKD).

Secara total, sekitar 23 juta warga Jerman masih menjadi anggota gereja Katolik dan 21,14 juta adalah anggota gereja-gereja Protestan. Berarti sekitar 53,2% dari lebih 83 juta populasi Jerman adalah anggota kedua gereja.

Hans Langendörfer, Sekretaris Jenderal DKB menggambarkan perkembangan statistik keanggotaan gereja itu sebagai hal yang "mengkhawatirkan".

Skandal yang Mengguncang Gereja Diduga Pemicu Katolik dan Protestan Kehilangan

"Setiap kepergian anggota menyakitkan," kata Presiden EKD Heinrich Bedford-Strohm. "Karena orang sekarang tidak seperti di masa lalu, mereka bebas memutuskan sendiri apakah mereka ingin menjadi anggota gereja atau tidak, maka penting bagi kita hari ini untuk memperjelas bahwa pesan-pesan Kristiani adalah dasar yang kuat bagi kehidupan."

Turun selama bertahun-tahun
Warga Jerman memang bisa menyatakan keluar dari Keanggotaan Gereja dengan membuat deklarasi sendiri dan meneruskannya kepada lembaga pemerintah setempat atau ke pengadilan distrik. Pernyataan keluar dari gereja tidak memerlukan alasan apa pun.

Mereka yang terdaftar sebagai anggota gereja Katolik dan Protestan otomatis membayar "pajak gereja" (Kirchensteuer) sampai 9% dari pajak penghasilan mereka, yang ditransfer oleh majikan atau perusahaan ke kantor pajak. Pungutan ini setiap tahun menghasilkan miliaran euro dan disalurkan kantor pajak ke organisasi gereja bersangkutan.

Sejak beberapa tahun terakhir, keanggotaan gereja di Jerman menunjukkan penurunan tajam, yang juga berdampak pada penurunan dana "pajak gereja" yang disalurkan kantor pajak ke organisasi kedua gereja.

Skandal yang Mengguncang Gereja Diduga Pemicu Katolik dan Protestan Kehilangan

Keanggotaan bisa menyusut 50 persen sampai 2060
Menurut sebuah studi yang diterbitkan Universitas Freiburg bulan Mei lalu, jumlah anggota gereja di Jerman bisa menyusut sampai setengahnya hingga tahun 2060. Alasan utama menurunnya keanggotaan di dua gereja itu adalah karena banyaknya orang dewasa yang meninggalkan gereja, sementara hanya sedikit anggota baru, terutama kaum muda, yang mendaftar sebagai anggota gereja baru.

Studi itu memperkirakan, sampai tahun 2060 keanggotaan gereja akan menyusut dari sekitar 45 juta sekarang menjadi 34,8 juta pada 2035 dan 22,7 juta pada 2060.

Meskipun tidak ada statistik mengenai alasan mengapa orang meninggalkan gereja, kalangan peneliti menduga bahwa berbagai skandal yang mengguncang gereja juga berperan besar, misalnya skandal pelecehan seksual yang melibatkan gereja Katolik.


Skandal yang Mengguncang Gereja Diduga Pemicu Katolik dan Protestan Kehilangan


Puji Tuhan..emoticon-Angel


Skandal yang Mengguncang Gereja Diduga Pemicu Katolik dan Protestan Kehilangan 430 Ribu Anggota
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tengkorakmonyet dan 15 lainnya memberi reputasi
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
Lapor Hansip
18-08-2019 10:24
Balasan post markawan
Tapi satu hal.

Nggak ada manipulasi tuhan spy bs masyk surga.

Wkwkwkwkw
0
Lapor Hansip
18-08-2019 10:30
Balasan post lonelylontong
kalau Indo ini banyak yg tipe kedua, yg makin mundur
0
18-08-2019 10:35
kubu kolor dan babe lovers kejang2 bre
0
Lihat 1 balasan
18-08-2019 11:06
Allahuakbar emoticon-Cool
0
18-08-2019 11:41
yah kok bisa turun drastis gtu.
pindah agama tau apaan tuh
klu gegara kaum muda dan orang tua kayaknya tidak deh
0
18-08-2019 12:26

macam kompetisi Idol ini

banyak2 an sms pendukung


emoticon-Ngakak
0
18-08-2019 12:59
Yakalo umur bumi sampe 2060 emoticon-Leh Uga
profile-picture
greedaon memberi reputasi
1
18-08-2019 13:29
gilak,..9% kali berapa juta pengikut..mata duitan banget..trus itu duit buat seneng2 pendetanya..emoticon-Leh Uga
0
Lapor Hansip
18-08-2019 13:56
Balasan post ghilang12
Quote:Original Posted By ghilang12
kubu kolor dan babe lovers kejang2 bre

Mungkin tapi biasa aza, gan.

Kan udah dibilangin dalam kitab sucinya.
So, jelas sudah, kitab sucinya gak fiksi.

Kalo kitab suci elo, gimana gan ???
0
18-08-2019 13:57
Pasti ulah Arthesis lg cari temen
0
18-08-2019 14:47
yoyoi pada Kemana??
0
18-08-2019 15:04
Quote:Original Posted By chemoll26
Yakalo umur bumi sampe 2060 emoticon-Leh Uga


anjir
kalau bumi kemungkinan iya gan
kalo homo sapiens
nah itu belum tentu
profile-picture
b3jo.asoy memberi reputasi
-1
18-08-2019 15:10
2060 kirek habis dipenggal damai
0
18-08-2019 15:22
hmm nyimak aja
0
18-08-2019 15:32
Bebas bre mw pindah agama manapun yg pasti ini berita nye bener dah gitu aja repot

Quote:Original Posted By iseng2019
120 juta rakyat suriah dan irak pindah agama karena isis ke nasrani


0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 12
18-08-2019 16:21
Mungkin gara2 pajak 9% nya emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
greedaon dan LaSeixas memberi reputasi
2
18-08-2019 19:06
ke masjid saja,sumbangan sukarela.Gak nyumbang juga gpp
0
19-08-2019 15:50
crunch fo sale
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.