alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5807f5c9518b1f496cdb7c/abdul-somad-dipolisikan-atas-dugaan-menista-agama
Lapor Hansip
17-08-2019 20:58
Abdul Somad Dipolisikan atas Dugaan Menista Agama
Brigade Meo Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan Ustad Abdul Somad ke Kepolisian Daerah NTT terkait video tentang salib dan patung yang dinilai telah menistakan agama Kristen.


"Kami sudah melaporkan Ustad Abdul Somad ke Polda NTT terkait ceramahnya yang melecehkan umat Kristen," kata Anggota Brigade Meo, Jemmy Ndeo kepada Tempo, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Ceramah Abdul Somad yang viral di media sosial dianggap sudah meresahkan dan mencederai umat Kristen. Karena itu, kata Jemmy, Abdul Somad harus mempertanggungjawabkan perkataannya.

“Apa yang dikatakan Ustad Abdul Somad dalam videonya itu sudah sangat meresahkan masyarakat, terlebih umat Kristen,” kata Jemmy.

Dia sangat menyayangkan Abdul Somad terkait tausiah yang dibawakan ìtu.,"Kami laporkan Ustad Abdul Somad sebagai pribadi, tak ada kaitannya dengan umat muslim” tegas Jemmy.

Dia berharap Ustad Abdul Somad bisa memberikan klarifikasi atau permohonan maaf kepada umat Kristen atas pernyataan saat berceramah. "Jika Ustad keliru, maka kami harap ada permohonan maaf dan klarifikasi," katanya.

Tempo masih berusaha mengkonfirmasi Abdul Somad atas pelaporan dirinya ke polisi.

https://nasional.tempo.co/read/12371...-menista-agama


Wah rame iki emoticon-Big Grin
Diubah oleh kaka10ciao
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
18-08-2019 11:51
nunggu perkembangan neh kasus
0
18-08-2019 12:07
Quote:Original Posted By drawin.muas
karena tausiyah yang ini bukan ?




BB otentik banget
0
18-08-2019 12:35
Quote:Original Posted By pilemon889
Liat aja lolos apa lepas
Keliatan nya lolos
Soalnya kl masuk ntar di katain kriminalisasi ulama

emoticon-Leh Uga


Masa, skrng pak dhe gk ngurus tuh..
0
18-08-2019 12:42


Quote:Original Posted By sukapanca
Masa, skrng pak dhe gk ngurus tuh..


Emg ada yg nyuruh pakde urusin?

emoticon-Leh Uga
0
18-08-2019 15:06
Quote:Original Posted By pilemon889
Liat aja lolos apa lepas
Keliatan nya lolos
Soalnya kl masuk ntar di katain kriminalisasi ulama

emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By xrm
Muridnya si zakar naik inih emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By millipede
mimpi sih bisa polisi ustad soamd karena menhina agama lain
ustad tengku yg fansnya saja lebih sedikit, gak bisa disentuh hukum,
apa lagi ustad somad,

bakalan politikus macam jusuf kalla, fahira idris, ormas2 dan partai2 islam dll pasang badan buat orang ini
belum lagi artis2 kebencian yg sudah hijrah lainnya, pasti juga pasang badan


tapi memang harus dilaporin,
biar bisa jadi pelajaran buat non muslim bahwa hukum negara ini tumpul bagi orang islam


Quote:Original Posted By dawoodmustaqqim
Bakai rame nih gara2 si Abdool emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By sosismalam
Apakah bakal ada aksi cepirit 212 bela somad ? emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By pasiolo84
Ustad ya ?
emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By kakidal27
ilmu seuprit dikasih mimbar ya gini, bikin malu


Quote:Original Posted By mansion_999
pasti lolos ga mungkin kena

beking kuat 7jt ontaemoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Uthe18
nanti di jelaskan sekalian dalam KUHAP kalau pasal penistaan agama HANYA berlaku untuk agama Islam yg dinistakan, kalau agama lain oleh mayoritas ya cukup harap maklum aja emoticon-Ngacir

tapi gw dukung, laporkan saja si UAS ini kalau emang BENERAN melakukan perbuatan yg bikin tersinggung pihak agama lain emoticon-Smilie emoticon-thumbsup


Quote:Original Posted By kopet13
emang ustadnya yg salah,ngapain juga ceramah pakek bawa2 agama lain...bagimu agamamu bagiku agamakuemoticon-Nyepi ..makanya kemaren ada yg inbox masalah debat agama saya cuekinemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By balado.jengkol
Pasti lolos... Pasal penghinaan agama cuma untuk minoritas


Quote:Original Posted By joseffani
Klo di proses bakal ada yg bilang kriminalisasi
Liat aja


Quote:Original Posted By p.star7
Somad siapa sih?
Yg hidungnya pesek itu ya?
Yg giginya tonggos itu ya?

Maap aja, gw gak kenal orang kalo mukanya jelek emoticon-Cool


Quote:Original Posted By zetu
kelewatan kali ini si onta tongos


Quote:Original Posted By maya.asar
Bagus, harus ada yg ngelaporin. Nih si So-mad, udah sering ceramah model gini yg melecehkan agama lain, entah apa maksudnya.

Dan anehnya yg begini banyak pengikutnya


Quote:Original Posted By sapiberjanggut
Gak bakal ditangkap si jelek, yg bakar puluhan vihara aja cuma kena 1 bulan, sedangkan yg ngomong suara toa mesjid agak kencang mlh kena 2 tahun.


Quote:Original Posted By kayakayak
Penjarakan ajalah si pesek satu ini.
Sales kalo ngebacot ga usah nyebut merk lain.


Quote:Original Posted By balonkempes
Ngaku mimpi 5 kali emoticon-Ngakak

P3L3R!! emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By kopet13
baper gimana orang saya jg seorang muslim kokemoticon-Big Grin...bagi saya kesalahanya ya bawa2 agama lain di ceramahemoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By L0ST
MAMPUSSSS

MAD MAD MAD

tapi agama paling benar dan suci sih biasanya lolos emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By djinggo88
Hmmm lalu

Jokes stand up komedinya joshua yang sempat kontroversial ini ( thun 2018 )

“Kenapa Anissa (Cherybelle) selalu unggul daripada Cheryl. Ah, sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya, Che, Islam,”

Kok banyak kebakaran jenggot ya
emoticon-Bingung

Padahal gk se kasar di contoh agan + gk jelas unsur menghinanya dimana


Quote:Original Posted By shenl0ng
hmm.. kayaknya bakal dikenakan pasal penistaan agama nih, kayak mantan gubernur kemaren.


Quote:Original Posted By diffperspective
Nggak usah dipenjara nanti malah tambah radikal dan dianggap pahlawan sama pendukungnya.
Mendingan masukkin aja ke rumah sakit jiwa.


Quote:Original Posted By gErOnImO2008
dilapor juga percuma. tuduhan apa? penistaan agama? emangnya undang2 penis taan agama berlaku buat kaum maha benar?emoticon-Cape deeehh


Quote:Original Posted By aloha.duarr
Orang kayak gini yg dicalonin wapres sama ijilmek 212 emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By avatarizki
Harus di bui ustad model2 begini penyebar kebencian biar jadi pelajaran buat yg lain kalau mau ceramah


Quote:Original Posted By inreallifeasu
percuma di perkarakan, pasal penistaan agama hanya baik buat mayo dan jelek buat mino.
Yang tanjung balai aja cuma di hukum beberapa bulan aja pelaku pembakarannya dan a'ie yang komplen masalah toa malah di pidanakan berat berat.
Sebaik apapun kontribusi mino kenegara ini, akhirnya akan kecewa bila menghadapi kasus beginian.

Realistis aja, baiknya pasang teralis dan pagar besi di rumah masing2.


Quote:Original Posted By shotgunBlues
Hmm...
padahal ust. Favorit ane...


Quote:Original Posted By freedomx10a
Tenang, bakal aman kok emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Kan ada 7 juta uMaT yang siap bela dengan kata khas "kRiMInaLisAsi" emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By Ngeuepamajikan
Monggo hajar saja masbro ..penjarakan !!

Tak ku anggap ulama dia itu


Quote:Original Posted By adoeka
ceramah untuk kalangan sendiri tiba tiba didengar bukan oleh kalangan sendiri yah sudah pasti yang non kalangan akan megap megap naan amarah dan emosi dalam hati , mau itu ceramah untuk agama A - Z sebaiknya yang bukan kalangan berkepentingan denger ceramahnya tidak perlu dengar saja koncinya , indonesia aman tanpa ada gejolak emosi emoticon-Wagelaseh


Quote:Original Posted By Echizen.Ryoma
Ingat ya kl pelakunya si mayoritas itu namanya dakwah. Kl pelakunya minoritas itu baru namanya penistaan. Indahnya toleransi beragama di indonesia.


Quote:Original Posted By soljin7
onta babik fenista agama


Quote:Original Posted By capcayster
hmm kayanya agak susah sih, soalnya kalo dia ceramah di tempat golongan nya dia dan tertutup mungkin gak kena hukum, kecuali dia ngomong kaya gitu di tempat umum... tapi kalau dia sengaja merekam dan memposting itu untuk disebar ke umum nah bisa kena tuh...


Quote:Original Posted By saron2006
Saya sih saran kaum2 mino gampang baper dkk denger full dululah itu ceramahnya, sepotong2 salah2 ada di edit, trus yg buat satire islam or ustad kebal hukum pada ga ngaca ya? Mana ada cukong tanah sama konglo2 jadi napi di indo???, kaskus makin rusak gegara beginian dah

Masih sorga disini, coba lau ke tiongkok🤣🤣


Quote:Original Posted By gateltegal
Saya sih saran kaum2 mayo gausah bawa2 agama lain terus kalo ceramah, giliran yg mino bawa2 islam , lu pada kelojotan kayak cacing bela agama


Quote:Original Posted By pabloo
nunggu perkembangan neh kasus




Jelas ya...
Ga usah mewek..

Itu ranah privat di kalangan muslim.
Di agama sblh jg banyak kayak gitu.. Ga usah munafik..
Lht di yutube. Banyak. emoticon-Big Grin

dan gw kaget, ternyata itu video dah lama 3 thn yg lalu... Sampe segitu nya ya nyari2 kesalahan emoticon-Ngakak


#KamiBersamaUasemoticon-Big Grin
Diubah oleh kaka10ciao
profile-picture
profile-picture
shotgunBlues dan joseffani memberi reputasi
0
Lihat 7 balasan
Lapor Hansip
18-08-2019 15:14
Balasan post kaka10ciao
Quote:Original Posted By kaka10ciao












































































Jelas ya...
Ga usah mewek..

Itu ranah privat di kalangan muslim.
Di agama sblh jg banyak kayak gitu.. Ga usah munafik..
Lht di yutube. Banyak. emoticon-Big Grin


dan gw kaget, ternyata itu video dah lama 3 thn yg lalu... Sampe segitu nya ya nyari2 kesalahan emoticon-Ngakak


#KamiBersamaUasemoticon-Big Grin


oh ya ? boleh minta satu saja link ceramah agama lain yang menghina agama Islam ? satu saja ( dan dalam negeri punya )
profile-picture
mansion_999 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
18-08-2019 15:19
Balasan post kaka10ciao
Quote:Original Posted By kaka10ciao












































































Jelas ya...
Ga usah mewek..

Itu ranah privat di kalangan muslim.
Di agama sblh jg banyak kayak gitu.. Ga usah munafik..
Lht di yutube. Banyak. emoticon-Big Grin

dan gw kaget, ternyata itu video dah lama 3 thn yg lalu... Sampe segitu nya ya nyari2 kesalahan emoticon-Ngakak


#KamiBersamaUasemoticon-Big Grin


Udah kayak gta ya
Mesjid jadi safehouse mau ngapain aja bebas kebal hukum emoticon-Leh Uga
0
18-08-2019 15:24
Quote:Original Posted By inreallifeasu
oh ya ? boleh minta satu saja link ceramah agama lain yang menghina agama Islam ? satu saja ( dan dalam negeri punya )


Gw ga permasalahin krn ranah privat..di gereja.
Lht noh di yutube banyak.emoticon-Big Grin
Cari sendiri aja gan.. emoticon-Big Grin
0
Lihat 2 balasan
18-08-2019 15:26
Quote:Original Posted By kaka10ciao


Jelas ya...
Ga usah mewek..

Itu ranah privat di kalangan muslim.
Di agama sblh jg banyak kayak gitu.. Ga usah munafik..
Lht di yutube. Banyak. emoticon-Big Grin

dan gw kaget, ternyata itu video dah lama 3 thn yg lalu... Sampe segitu nya ya nyari2 kesalahan emoticon-Ngakak


#KamiBersamaUasemoticon-Big Grin


Ranah pribadi ? Videonya ada di youtube. Undang2 ITE gak ada batasan waktunya.
0
18-08-2019 15:27
Quote:Original Posted By djinggo88
Pernah ada contoh kasus yg ky agan bilang ?

Jadi apakah disitu y loop hole-nya emoticon-Bingung

Boleh2 aja mau menghina asal bukan d tempat umum

Klopun ketahuan krena rekaman , itu karena gk dsengaja


Gak ada contoh sih, cuman emang bunyi pasal penistaan agama nya begitu...

Pasal 156(a) menyasar setiap orang yang dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia atau dengan maksud supaya orang tidak menganutagama apapun

Atau yang 156 KUHP lebih general..

"Barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak Rp 4.500".

Nah, kalo logika hukum ane sih, itu susah kena nya, karena bukan di muka umum kejadian nya.. makanya menurut ane kalo dia dengan sengaja merekam dan menyebarkan atau posting di sosial media, nah itu beda cerita...

Bisa terjerat ke pasal 28 UU ITE ayat 2 :

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan
rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku,
agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Kalo itu bisa terbukti, langsung jadi kayak mamat dani, kena pasal yang sama

Tapi, kalau menurut agan di pasal2 itu ada "loophole" atau sejenis "bug", coba aja uji materi di MK, supaya gak ada kejadian serupa yang meresahkan lagi..

emoticon-Hammer2
Diubah oleh capcayster
0
Lapor Hansip
18-08-2019 15:28
Balasan post kaka10ciao
Quote:Original Posted By kaka10ciao


Gw ga permasalahin krn ranah privat..di gereja.
Lht noh di yutube banyak.emoticon-Big Grin
Cari sendiri aja gan.. emoticon-Big Grin


Laporin sj

Btw Gw yakin seyakinnya jauh lebih banyak video islam menghina kristen di youtube. emoticon-Cape d... (S)
0
Lapor Hansip
18-08-2019 16:10
Balasan post kaka10ciao
@aloha.duarr
Gak Usah Tanya soal Hukum tonk....
Tsunami aja gak sanggup tanpa seizin ALLAH SWT

emoticon-Cool
0
18-08-2019 16:17
Quote:Original Posted By capcayster
Gak ada contoh sih, cuman emang bunyi pasal penistaan agama nya begitu...

Pasal 156(a) menyasar setiap orang yang dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang bersifat permusuhan, penyalahgunaan, atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia atau dengan maksud supaya orang tidak menganutagama apapun

Atau yang 156 KUHP lebih general..

"Barang siapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak Rp 4.500".

Nah, kalo logika hukum ane sih, itu susah kena nya, karena bukan di muka umum kejadian nya.. makanya menurut ane kalo dia dengan sengaja merekam dan menyebarkan atau posting di sosial media, nah itu beda cerita...

Bisa terjerat ke pasal 28 UU ITE ayat 2 :

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan
rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku,
agama, ras, dan antar golongan (SARA).

Kalo itu bisa terbukti, langsung jadi kayak mamat dani, kena pasal yang sama

Tapi, kalau menurut agan di pasal2 itu ada "loophole" atau sejenis "bug", coba aja uji materi di MK, supaya gak ada kejadian serupa yang meresahkan lagi..

emoticon-Hammer2


Berarti intinya

kalau ane menghina suatu agama, tapi bukan di tempat umum , terus ada orang yg sengaja rekam ane dan disebarluarskan. Berarti ane aman donk , malah yang bisa dipenjara yang buat dan menyebarkan itu video

Begtu kan jdi logikanya ?
0
18-08-2019 16:21
emoticon-Cape deeehh kena sndiri kan skarang
0
18-08-2019 16:38
Quote:Original Posted By kaka10ciao


Jelas ya...
Ga usah mewek..

Itu ranah privat di kalangan muslim.
Di agama sblh jg banyak kayak gitu.. Ga usah munafik..
Lht di yutube. Banyak. emoticon-Big Grin

dan gw kaget, ternyata itu video dah lama 3 thn yg lalu... Sampe segitu nya ya nyari2 kesalahan emoticon-Ngakak


#KamiBersamaUasemoticon-Big Grin


Kl itu video lama, entah kenapa gw teringat sm kasus Andre Taulany yg juga dituduh menghina nabi berdasarkan video yg juga benar2 lama (jauh lebih lama dr pilpres) sm PA 212. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Lagipula ga ada yg namanya privasi kl udh masuk internet. Mo lu bikin khusus agama tertentu, yg namanya internet itu ranah publik jadi yg liat bisa semua org yg punya akses internet. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
Ingat kasus "The Fappening" dulu yg sempat bikin gempar satu dunia dan beritanya ada di mana2 ? emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
0
18-08-2019 16:40
Quote:Original Posted By kaka10ciao


Jelas ya...
Ga usah mewek..

Itu ranah privat di kalangan muslim.
Di agama sblh jg banyak kayak gitu.. Ga usah munafik..
Lht di yutube. Banyak. emoticon-Big Grin

dan gw kaget, ternyata itu video dah lama 3 thn yg lalu... Sampe segitu nya ya nyari2 kesalahan emoticon-Ngakak


#KamiBersamaUasemoticon-Big Grin


Oke poin-nya adalah

1.menjawab pertanyaan
2.bukan ruang publik umum

Nah skrnag kalau menurut agan apa bedanya sama kasus yang d medan kemarin dimana seornag ibu akhirnya d penjara karena penistaan agama bilang suara adzan menganggu
Itu ibu ngomong kya gitu juga bukan di ruang publik umum kan
Karena dia ngomong ke tetangga-nya kalau gak salah

Coba ane pngen tw pendapat agan
emoticon-Shakehand2

Krena kesanya ane tangkap , kita sah2 aja menghina agama lain selama bukan ruang publik

Nah masalah ruang publik...
Mesjid masuk ruang publik kan ?
Menurut agan apa sbenarnya definisi ruang publik ?

Ane kepo , karena ane ngerasa apakah ini semacam loop-hole dlm perundangan kita / gak
Diubah oleh djinggo88
0
Lapor Hansip
18-08-2019 17:02
Balasan post kaka10ciao
Quote:Original Posted By kaka10ciao





Jelas ya...
Ga usah mewek..

Itu ranah privat di kalangan muslim.
Di agama sblh jg banyak kayak gitu.. Ga usah munafik..
Lht di yutube. Banyak. emoticon-Big Grin

dan gw kaget, ternyata itu video dah lama 3 thn yg lalu... Sampe segitu nya ya nyari2 kesalahan emoticon-Ngakak


#KamiBersamaUasemoticon-Big Grin


Thanks untuk guidelinenya emoticon-shakehand

Jadi selama itu diranah privat, bebas nistain agama lain yah?

Gw cari ide ah bareng2 sama temen gua buat bikin penistaan emoticon-Ngakak

Semoga semakin banyak orang yg terinspirasi untuk membalas si omad emoticon-Ngakak
profile-picture
L0ST memberi reputasi
1
Lapor Hansip
18-08-2019 17:06
Balasan post kaka10ciao
jadi kalau gina hina islam dalam gereja gpp yah? emoticon-Belo mantab juga
oh iya..somad kan bilang jgn suka sama yg ada lambang plusnya, kasian amat dong buat yg fans milan emoticon-Wakaka
0
Lapor Hansip
18-08-2019 17:13
Balasan post kaka10ciao
Quote:Original Posted By kaka10ciao


Gw ga permasalahin krn ranah privat..di gereja.
Lht noh di yutube banyak.emoticon-Big Grin
Cari sendiri aja gan.. emoticon-Big Grin

lah, g cari ga ada di youtube. Coba kirim link nya satu aja 😁
0
18-08-2019 17:22
Quote:Original Posted By djinggo88
Berarti intinya

kalau ane menghina suatu agama, tapi bukan di tempat umum , terus ada orang yg sengaja rekam ane dan disebarluarskan. Berarti ane aman donk , malah yang bisa dipenjara yang buat dan menyebarkan itu video

Begtu kan jdi logikanya ?


Jujur ane sih bukan pakar hukum, Kalo "umum" nya itu di internet ya masuknya UU ITE.. mungkin bisa aja agan juga kena kalau di juncto kan dengan pasal lain nya..
Jadi, gini sih gan, Abdul Somad bisa aja kena pasal tadi, dan di contoh kasus yang di quote itu, agan juga bisa aja kena, kalau, jaksa dan saksi ahli, bisa meyakinkan hakim, kalau tersangka itu dengan niat sengaja memecah belah masyarakat.. tapi, kalau niatnya untuk mempertebal iman di tempat yang private, nah agak susah...
Nah, karena membuktikan niat itu adalah hal yang tidak mudah, biasanya gak lolos ampe pengadilan, kecuali ada banyak bukti petunjuk lain...
Emang harus diakui, hukum peradilan itu, belum bisa dikatakan bener bener sempurna, kadang melindungi kita, kadang nggak, masih banyak yang harus di evaluasi, makanya emang di MK itu banyak yang coba untuk uji materi di pasal pasal yang udah ada, pak Yusril tuh salah satu yang getol ngulik gituan di MK...
Salah satu yang konyol, yang kasus baiq nuril kmaren, coba aja agan review, menurut ane itu juga salah satu "bug" di hukum kita...
Diubah oleh capcayster
profile-picture
djinggo88 memberi reputasi
1
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.