alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d583c2ca727680e2e589fad/dilaporkan-polisi-karena-menista-agama-ini-respons-ustad-somad
Lapor Hansip
18-08-2019 00:41
Dilaporkan Polisi Karena Menista Agama, Ini Respons Ustad Somad
Dilaporkan Polisi Karena Menista Agama, Ini Respons Ustad Somad


Jakarta, law-justice.co - Organisasi massa atas nama Brigade Meo Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan Ustad Abdul Somad ke Kepolisian Daerah NTT terkait video yang dianggap telah menistakan simbol-simbol agama Katolik dan Kristen, yakni salib dan patung.

"Kami sudah melaporkan Ustad Abdul Somad ke Polda NTT terkait ceramahnya yang melecehkan umat Kristen," kata Anggota Brigade Meo, Jemmy Ndeo kepada Tempo, Sabtu, 17 Agustus 2019

Ceramah Abdul Somad atau lebih dikenalUAS yang viral di media sosial dianggap sudah meresahkan dan mencederai umat Kristen. Karena itu, kata Jemmy, Abdul Somad harus mempertanggungjawabkan perkataannya.

“Apa yang dikatakan Ustad Abdul Somad dalam videonya itu sudah sangat meresahkan masyarakat, terlebih umat Kristen,” kata Jemmy.

Dia sangat menyayangkan Abdul Somad terkait tausiah yang dibawakan ìtu.,"Kami laporkan Ustad Abdul Somad sebagai pribadi, tak ada kaitannya dengan umat muslim” tegas Jemmy.

Dia berharap Ustad Abdul Somad bisa memberikan klarifikasi atau permohonan maaf kepada umat Kristen atas pernyataan saat berceramah. "Jika Ustad keliru, maka kami harap ada permohonan maaf dan klarifikasi," katanya.

UAS merespons 

Sementara itu kepada Republika UAS menegaskan video yang kini beredar merupakan rekaman kejadian bertahun-tahun silam. Kala itu kata UAS, dirinya menjawab pertanyaan seorang jamaah dalam sesi tanya-jawab yang berlangsung dalam kajian tertutup di Masjid Agung an-Nur di Pekanbaru, Riau.

``…Itu bukan tabligh akbar semisal di lapangan terbuka atau disiarkan melalui stasiun TV," jelas Ustaz Abdul Somad kepada Republika, Sabtu (17/8).

Dalam kesempatan itu, UAS menjelaskan antara lain ihwal kedudukan Nabi Isa AS. Kemudian, penjelasan juga diberikannya mengenai soal patung dan jin. Hal ini agar hadirin dapat memahami bagaimana ajaran tauhid dan syariat Islam memandang Nabi Isa AS, hukum memiliki patung, dan makhluk bernama jin. Jadi, tujuannya hanya memberikan pemahaman keilmuan.

``Ada orang islam yang memotong-motong video itu. Dia mem-posting. Tujuannya supaya orang paham tentang hukum patung. Jadi, ini untuk internal saja (umat Islam --Red),`` tegas alumnus Universitas al-Azhar (Mesir) itu.

Akan tetapi, UAS belakangan mengetahui bahwa video tersebut tersebar melalui jejaring internet. Karena itu, katanya, orang-orang non-Muslim pun mungkin saja mengaksesnya. Padahal, sekali lagi, sasaran dakwahnya semata-mata adalah kaum Muslimin.

``Video itu sampai ke grup Katolik. Mereka posting di instagram-instagram mereka, jadi ramai,`` kata UAS.

Alumnus Darul Hadits (Maroko) itu mengungkapkan, sudah tiga tahun belakangan ini dirinya tak lagi mengisi kajian Sabtu subuh rutin di Masjid Agung an-Nur Pekanbaru. ``Artinya, (yang terekam di video) itu kajian lama sebelum viral,`` ujar dia.



https://www.law-justice.co/artikel/7...-ustad-somad-/


profile-picture
profile-picture
profile-picture
vly69 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 11
18-08-2019 07:52
Quote:Original Posted By xinq
Astaga lagi" ulama di kriminalisasi, sungguh barbar islamaphobia di negeri ini ya ikhwan/ukhti. Sungguh berat nasib seorang muslim taat. Ingat seburuk"nya ulama, sebaik"nya kita. Allahuakbar.


Gw mau tanya, kenapa memakai ikhwan bukan akhi? Kenapa memakai ukhti bukan akhwat ?

Dan apa artinya ikhwan sama ukhti ?
0
18-08-2019 07:54
Ngeless mode on..

Lagu lama bung..

Pantes setan banyak yg pensiun dalam menggoda manusia.

Karena tugas mereka udah di ambil alih oleh manusia itu sendiri..

Hahahaha

Sadar tong, bacotanmu bisa menyebabkan konflik horisontal antara pemeluk agama..

Jika agamamu dan symbol agamamu ga mau di lecehkan dan dihina.

Jangan menghina agama dan symbol agama orang lain.

Paham ga tong???

Diubah oleh oviz.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baniwahyudi dan 4 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 1 balasan
18-08-2019 07:55
akan selalu seperti itu alasannya,

dan jgn kalian marah bila suatu saat nanti agama yg lain "nyentil" simbol agama kalian,
dengan dalih "untuk kalangan sendiri"
profile-picture
profile-picture
iorveth dan kalangkang.. memberi reputasi
0
18-08-2019 08:06
gini.ktnya paling damai di balik aj yuk penasaran.baik trbuka ato trtutup pemuka agama yg yg ajarin benci2 boleh bunuh org dll.gk usah pake yg luar negri.yg nusantara dulu ajemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
kalangkang.. dan karikai04 memberi reputasi
0
18-08-2019 08:06
Quote:Original Posted By imperatorx
kalau ust. menyampaikan ceramah di tafsirkan menista agama, isi alquran jg menista agama donk, jelas2 di tulis nabi Ibrahim menghancurkan berhala, lantas yg mau dituntut siapa? yg nulis Al-quran?


Tokailah emoticon-Betty (S)
profile-picture
profile-picture
greedaon dan kalangkang.. memberi reputasi
0
18-08-2019 08:09
ngelesnya basi sekali wkwkwkwkwk
profile-picture
profile-picture
greedaon dan kalangkang.. memberi reputasi
0
18-08-2019 08:15
kalau untuk 'kalangan sendiri' maka jangan direkam, larang yang hadir untuk merekam, sama dengan narsum wawancara bilang 'off the record'. kalau sudah sengaja direkam & diunggah untuk dakwah agama maka sudah jadi ranah publik & harus siap tanggung jawab.
0
Lihat 1 balasan
18-08-2019 08:22
utk internal cuyemoticon-Big Grin
Diubah oleh mansion_999
0
Lapor Hansip
18-08-2019 08:23
Balasan post imperatorx
tapi apa perlu spesifik nyebut nama dan bawa2 ras? ada loh chinese yg muslim. gak bijak kalo udah setan2in manusia gitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
greedaon dan 2 lainnya memberi reputasi
3
18-08-2019 08:26
kupingnye tebel juga si somad.
emoticon-Ngakak
0
18-08-2019 08:26
0
18-08-2019 08:29
didepan umum dan dikalangan sendiri bicaranya lain, makanya kebencian terhadap kepada lapak yg berlain tdk bakalan hilang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
greedaon dan kalangkang.. memberi reputasi
0
18-08-2019 08:30
buat kalangan internal boleh aja emoticon-Leh Uga

tapi ketika umat islam jadi melakukan hate crime seperti terror atau kejahatan berbasis kebencian lainnya,
ustad somad harus dikenakan pasal penghasutan



profile-picture
profile-picture
greedaon dan kalangkang.. memberi reputasi
0
18-08-2019 08:33
Nastaik coli masal emoticon-Ngakak
Diubah oleh kalangkang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zedmorna dan 5 lainnya memberi reputasi
-6
18-08-2019 08:36
Quote:Original Posted By djinggo88
Ane baca berita sebelumnya , ada kaskuser yg komen , kalau ceramahnya untuk kalangan terbatas + memang tidak ada publikasi secara resmi. Biarpun isi ceramahnya negatif bisa gak d proses.

Klo ada yg jago hukum , ksi ane pncerahan dunk emoticon-Matabelo
Apa memang bisa seperti itu ?
Apa ini loop-hole dalam undang-undang penistaan agama/ITE ?

emoticon-Shakehand2


Kayaknya ga begitu jg sih gan, tp ane bkn ahli hukum, jd bisa aja salah.

Nih pasalnya :
Barangsiapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau merendahkan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara....(ane putus di sini ya)

Jd point2 yg nentuin orang itu sdh bisa kena pasal atau nggak adalah:
1. Di muka umum.
2. Isi pernyataan-nya menyatakan permusuhan, kebencian atau merendahkan.

Nah utk point no. 2, tinggal diliat aja, apakah pernyataan-nya itu isinya merendahkan? Kira2 kalau simbol satu agama dibilang isinya jin kafir, itu merendahkan atau nggak?

Sekarang point no. 1, definisi di muka umum itu apa?

Ini kan bicara soal tempat dan waktu.

Ente buka baju di depan kelas, tp pas sekolah tutup, dan ga ada kegiatan belajar. Kan ga bisa dibilang di muka umum.

Jd diliat aja, waktu keluar pernyataan itu, apakah tempat-nya merupakan tempat umum?

Apakah acaranya terbuka untuk umum?

_-------_

UU ITE lain lagi gan, kalau ITE, intinya pada orang yg menyebarkan sesuatu yg "meresahkan" itu td ke media.

Maka-nya kalau denger sesuatu yg ente anggap menistakan agama, langkah yg benar (scr hukum) bukan upload itu ke web, tp lapor ke polisi.

Krn kalau ente upload video itu, lalu jadi meresahkan masyarakat. Ente bisa kena pasal UU ITE.
profile-picture
djinggo88 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
18-08-2019 08:41
Balasan post mclonewolf
Pasal penistaan hny berlaku buat mino, bre
0
18-08-2019 08:42
Quote:Original Posted By kalangkang..
Nastaik coli masal emoticon-Ngakak


yg coli massal siapa yaemoticon-Ngakak ngebatain aneemoticon-Ngakak kejang2 breeemoticon-Ngakak
profile-picture
greedaon memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
18-08-2019 08:44
Quote:Original Posted By lonelylontong
Kayaknya ga begitu jg sih gan, tp ane bkn ahli hukum, jd bisa aja salah.

Nih pasalnya :
Barangsiapa di muka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau merendahkan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara....(ane putus di sini ya)

Jd point2 yg nentuin orang itu sdh bisa kena pasal atau nggak adalah:
1. Di muka umum.
2. Isi pernyataan-nya menyatakan permusuhan, kebencian atau merendahkan.

Nah utk point no. 2, tinggal diliat aja, apakah pernyataan-nya itu isinya merendahkan? Kira2 kalau simbol satu agama dibilang isinya jin kafir, itu merendahkan atau nggak?

Sekarang point no. 1, definisi di muka umum itu apa?

Ini kan bicara soal tempat dan waktu.

Ente buka baju di depan kelas, tp pas sekolah tutup, dan ga ada kegiatan belajar. Kan ga bisa dibilang di muka umum.

Jd diliat aja, waktu keluar pernyataan itu, apakah tempat-nya merupakan tempat umum?

Apakah acaranya terbuka untuk umum?

_-------_

UU ITE lain lagi gan, kalau ITE, intinya pada orang yg menyebarkan sesuatu yg "meresahkan" itu td ke media.

Maka-nya kalau denger sesuatu yg ente anggap menistakan agama, langkah yg benar (scr hukum) bukan upload itu ke web, tp lapor ke polisi.

Krn kalau ente upload video itu, lalu jadi meresahkan masyarakat. Ente bisa kena pasal UU ITE.


Wah thx u penjelasannya gan emoticon-Shakehand2
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
1
18-08-2019 08:45
umur Indonesia uda 74 tahun..
kuat ampe berapa lama ya gan?
moga2 entar tahan ampe 100 tahun ya gan
hehe
0
Lapor Hansip
18-08-2019 08:45
Balasan post langitnyabiru
Jangan mewek bre emoticon-Mewek noh udh gw tambahin emoticon-Kaskus Banget
Balikin iya emoticon-Genit:
Diubah oleh kalangkang..
0
Halaman 5 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.