alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d5790255cf6c44ea471aa2d/perlunya-belajar-dari-kesalahan-dan-memiliki-budaya-malu-apa-pendapatmu
Lapor Hansip
17-08-2019 12:27
Perlunya Belajar Dari Kesalahan dan Memiliki Budaya Malu, Apa Pendapatmu?
Perlunya Belajar Dari Kesalahan dan Memiliki Budaya Malu, Apa Pendapatmu?Ilustrasi gambar google.com

"Welcome back to my thread"

Selamat siang Agan and sista kaskuser tercinta yang pastinya selalu kece 😎😎. Setelah sekian waktu tidak menulis dan berinteraksi dengan teman-teman kaskuser rasanya ada sesuatu yang hilang.

:nulisah :nulisah :nulisah

Perlunya Belajar Dari Kesalahan dan Memiliki Budaya Malu, Apa Pendapatmu?

Perlunya Belajar Dari Kesalahan dan Memiliki Budaya Malu, Apa Pendapatmu?

Alhamdulillah...! Akhirnya bisa kembali menyapa Agan and sista kaskuser yang sudah lama tidak bersua karena kesibukan di dunia nyata. Meskipun pada thread kali ini hanya ulasan kisah dari pengalaman awal saya mengenal kaskus, semoga ada sedikit pelajaran di dalamnya.

Kejadian ini bermula saat salah satu thread saya tergembok sehingga saya jadi berfikir lebih dan mulai berhati-hati sebelum memposting sebuah thread. Sekali atau dua kali salah seharusnya masih wajar, karena tak ada manusia yang terlahir sempurna.

Akan tetapi jika sudah salah tapi tetap melakukannya lagi dan lagi itu namanya bebel, bandel alias susah dikasih tahu. Jika sudah begini harus ekstra sabar menasehatinya, jangan sampai tersulut emosi. Berdoa saja semoga orang model begini mendapat hidayah.

berfikir

Terlahir sebagai manusia sejatinya kita dibekali dengan otak untuk berfikir. Dan ajaibnya otak manusia memiliki kapasitas memory yang super duper fantastis meskipun ukurannya hanya separuh dari buah kelapa.

Namun, terkadang kebanyakan orang tidak serta merta menggunakan otaknya dengan baik. Entah karena mereka malas berfikir atau memang tidak tahu cara menggunakan otaknya untuk berfikir.

Belajar dari sebuah kesalahan sebenarnya sangat bagus untuk dilakukan, namun terkadang seseorang justru enggan untuk melakukannya. Jangan meremehkan kesalahan walaupun sekecil apapun. Terkadang kerikil yang dianggap kecil dan jarang terlihat justru akan jadi penghalang dibanding batu besar yang sudah jelas terlihat.

Quote:
falsafah jawa


"Ojo dadi wong kang mbuwang tilas"

"Jangan menjadi orang yang mengabaikan perbuatan salahnya"

~ Falsafah jawa ~


Sudahkah kita memiliki budaya malu saat berbuat salah/dosa?

Pertanyaan diatas mungkin sangat mudah diucapkan, namun akan sangat sulit untuk direalisasikan. Seandainya saja setiap orang memiliki budaya malu bukan malah budaya malu-maluin.

Tentunya setiap orang akan berfikir lagi saat akan melakukan perbuatan tidak terpuji dan berpura-pura tidak bersalah. Namun akan mencegah perbuatan salah, dan akan berani mengakui dan menghentikan kesalahannya.

Namun, seiring berkembangnya tekhnologi dan pesatnya kemajuan zaman, tradisi dari leluhur entah itu berupa petuah atau larangan seolah perlahan-lahan luntur dan kemudian menghilang ditelan zaman.

Jika sudah begini, maka sikap-sikap terpuji yang melekat pada budaya ketimuran, seperti: ramah-tamah, sopan-santun, saling perduli terhadap sesama, toleransi, menghargai satu sama lain dan masih banyak lagi yang lain akan turut menghilang ditelan zaman.

toleransi


Miris sekali mendengarnya!!

emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...

Quote:
"Melakukan kesalahan adalah hal yang wajar, namun alangkah lebih baik jika kita meminimalisir kesalahan"

'Bahkan seekor keledai pun tidak ingin jatuh ke lubang yang sama untuk kedua kalinya'


Sekian dulu cuap-cuapnya, semoga ada sedikit manfaat dari apa yang sudah saya sampaikan diatas.

"See you next thread!!"

Perlunya Belajar Dari Kesalahan dan Memiliki Budaya Malu, Apa Pendapatmu?

Perlunya Belajar Dari Kesalahan dan Memiliki Budaya Malu, Apa Pendapatmu?

Perlunya Belajar Dari Kesalahan dan Memiliki Budaya Malu, Apa Pendapatmu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
abellacitra dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
17-08-2019 12:27
Ingin kepoin thread saya, klik saja gambar di bawah!


Perlunya Belajar Dari Kesalahan dan Memiliki Budaya Malu, Apa Pendapatmu?
Diubah oleh Ikrom.lestari
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 12:27
reserved
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 12:28
"Welcome back to my thread"
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 13:08
mengakui kesalahan sikap yang harus di hargai dan tidak perlu malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cemilanpagi dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 1 balasan
17-08-2019 13:21
Quote:Original Posted By chakim β–Ί
mengakui kesalahan sikap yang harus di hargai dan tidak perlu malu


Seharusnya memang seperti itu, orangΒ² besar dan sukses jg belajar dari kesalahan mereka
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 14:05
Yups.... "Hiduplah dengan memanfaatkan kesalahan masa lalu untuk pengalaman hidupmu dan janganlah hidup dengan kesalahan masa lampau itu agar dirimu tidak melakukan kesalahan itu berulang kali"

Budaya malu memang menjadi langka dan mahal saat ini πŸ˜‚
profile-picture
profile-picture
yukinura dan Ikrom.lestari memberi reputasi
2
17-08-2019 14:29
Before we learn our lesson let's see how bad things can get

emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baraxas dan 2 lainnya memberi reputasi
3
17-08-2019 17:44
Quote:Original Posted By santaikalus β–Ί
Yups.... "Hiduplah dengan memanfaatkan kesalahan masa lalu untuk pengalaman hidupmu dan janganlah hidup dengan kesalahan masa lampau itu agar dirimu tidak melakukan kesalahan itu berulang kali"

Budaya malu memang menjadi langka dan mahal saat ini πŸ˜‚


Sepertinya kita sependapat emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By armor37 β–Ί
Before we learn our lesson let's see how bad things can get

emoticon-Matabelo


Yes, i do think so
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 21:49
Hidup itu pilihan, melakukan kesalahan sekali itu mungkin karena khilaf, tapi kalau berkali-kali itu adalah pilihan.

Hidup cuma sekali jangan bikin ribet.
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
17-08-2019 21:50
belum sampe kesitu gan, soalnya definisi salah dan malu juga masih debatable di NKRI. semua punya definisi sendiri2, jadi soal minta maaf dan malu adalah masih jauh panggang dari api
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
17-08-2019 22:41
Quote:Original Posted By yukinura β–Ί
Hidup itu pilihan, melakukan kesalahan sekali itu mungkin karena khilaf, tapi kalau berkali-kali itu adalah pilihan.

Hidup cuma sekali jangan bikin ribet.


Setidaknya kan kita ada usaha untuk memperbaiki diri

Quote:Original Posted By GroupTercela β–Ί
belum sampe kesitu gan, soalnya definisi salah dan malu juga masih debatable di NKRI. semua punya definisi sendiri2, jadi soal minta maaf dan malu adalah masih jauh panggang dari api


Bener juga sih, cma kalau terlalu cuek akan berimbas juga nantinya
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
Lapor Hansip
18-08-2019 00:40
Balasan post chakim
Quote:Original Posted By chakim β–Ί
mengakui kesalahan sikap yang harus di hargai dan tidak perlu malu


bener banget nih. ane setuju, soalnya ane jarang liat ada orang yang berani ngakuin kesalahannya (bahkan sampe sekarang ane juga masih belajar buat ngakuin kesalahan ane) soalnya malu dan gengsi pasti buat ngakuin kesalahannya. kalo ada org berani ngaku salah ane salut bgt
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
18-08-2019 03:18
Quote:Original Posted By kudanil.la β–Ί
bener banget nih. ane setuju, soalnya ane jarang liat ada orang yang berani ngakuin kesalahannya (bahkan sampe sekarang ane juga masih belajar buat ngakuin kesalahan ane) soalnya malu dan gengsi pasti buat ngakuin kesalahannya. kalo ada org berani ngaku salah ane salut bgt


Diperlukan hati yg besar untuk melakukan itu semua, dan terkadang orang mengakui kesalahan sendiri karena ada sesuatu yg mendasarinya
0
18-08-2019 11:36
Quote:Original Posted By yukinura β–Ί
Hidup itu pilihan, melakukan kesalahan sekali itu mungkin karena khilaf, tapi kalau berkali-kali itu adalah pilihan.

Hidup cuma sekali jangan bikin ribet.


Terkadang kesalahan bisa menjadi motivasi dalam seseorang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
moesen360 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
18-08-2019 13:41
Quote:Original Posted By warrysangru2 β–Ί
Terkadang kesalahan bisa menjadi motivasi dalam seseorang.


Itu berlaku buat orang yg ingin maju dan berfikir
profile-picture
warrysangru2 memberi reputasi
1
18-08-2019 16:15
Quote:Original Posted By Ikrom.lestari β–Ί
Diperlukan hati yg besar untuk melakukan itu semua, dan terkadang orang mengakui kesalahan sendiri karena ada sesuatu yg mendasarinya


Betul gan. Kalo liat orang berani ngakuin kesalahannya ane langsung auto judge orang itu baik banget dan wise sih
profile-picture
Ikrom.lestari memberi reputasi
1
18-08-2019 20:27
Quote:Original Posted By kudanil.la β–Ί
Betul gan. Kalo liat orang berani ngakuin kesalahannya ane langsung auto judge orang itu baik banget dan wise sih


Tp di zaman sekarang mah udah sangat langka
0
03-09-2019 21:15
Quote:Original Posted By Ikrom.lestari β–Ί
Ingin kepoin thread saya, klik saja gambar di bawah!


Perlunya Belajar Dari Kesalahan dan Memiliki Budaya Malu, Apa Pendapatmu?


Kok tau pen kepoin πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ€£πŸ™
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Β© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.