alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d57e18b8d9b176d3314485d/masih-muda-dan-rajin-olahraga-kok-bisa-kena-serangan-jantung
Lapor Hansip
17-08-2019 18:14
Masih Muda dan Rajin Olahraga, Kok Bisa Kena Serangan Jantung?
Jakarta - Serangan jantung yang biasanya terjadi pada orang tua, kini juga mengancam generasi muda. Ternyata, ada pergeseran dalam pola penyakit jantung koroner.

Serangan jantung pertama kini makin banyak diderita orang dengan usia 30-an. Banyak juga penderita sakit jantung yang sehat-sehat saja dan tidak punya riwayat penyakit apapun dalam keluarganya.

"Banyak juga pasien-pasien saya usia 30 tahun, 32 tahun sudah mengalami toleransi glukosa terganggu. Kalau normalnya kurang dari 100, ini sudah 110-120," kata dokter jantung Rumah Sakit Universitas Indonesia dr. Ratih Febriani di Depok.

Ratih menduga, pergeseran usia penderita jantung koroner dikarenakan pola konsumsi masyarakat yang berubah. Makanan dan minuman manis yang berlebihan bisa menambah risiko seseorang terkena penyakit jantung.

"Dulu enggak tergantung sama gula, sekarang makin hari makin banyak minuman olahan, terutama yang mengandung gula putih. Ini perannya besar sekali," ujar Ratih.

Ratih mengatakan bahwa kondisi yang terasa sehat dan aktivitas olahraga yang cukup tak berarti menyelamatkan orang dari risiko penyakit jantung. Satu-satunya cara memastikan Anda terbebas dari penyakit jantung, yakni dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up (MCU).

"Itu lah pentingnya MCU, bisa mendeteksi faktor risiko," kata Ratih.

Faktor risiko yang dimaksud meliputi kolestrol, gula darah dan tekanan darah. Ketiga faktor ini selalu menjadi biang kerok penyumbatan pembuluh darah yang berujung pada serangan jantung.

Hal yang sama diungkapkan oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Universitas Indonesia dr. Dian Zamroni, Sp.JP(K). Dia menyebut bahwa faktor risiko jantung koroner terbagi menjadi dua. Ada faktor yang tak bisa dielak seperti riwayat keluarga, kebetulan terlahir laki-laki, dan faktor usia

"Laki-laki lebih berisiko, karena perempuan mengalami menstruasi dan menghasilkan hormon estrogen yang bersifat protektif terhadap pembuluh darah," kata Dian.

Faktor kedua, kata Dian, lebih bisa diatur. Faktor yang dimaksud meliputi hipertensi, kebiasaan merokok, kolestrol tinggi, kegemukan, kurang olahraga, dan diabetes melitus.

https://sains.kompas.com/read/2019/0...rangan-jantung

Tahun 2006, sepupu saya meninggal karena serangan jantung, padahal masih muda. Ngerokok iya, tapi pola makan sangat terkontrol, kolesterol rendah, tekanan rendah stabil, gula darah normal. Eh malam abis makan tiba tiba dipanggil Tuhan emoticon-Frown

Tahun 2018, ayah saya meninggal karena serangan jantung juga emoticon-Frown

umur memang misteri, udah jaga pola makan aja bisa meninggal tiba tiba gitu emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaycaem dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
Lapor Hansip
17-08-2019 19:21
Balasan post simsol...
Kaget dan shock gan..
kalau pernah kena serangan jantung sebelumnya atau ada tanda2nya sesak atau apa itu mending..
lah ini ketawa abis makan kok langsung dipanggil Tuhan emoticon-Frown emoticon-Frown
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1
17-08-2019 19:29
Jadi inget Iker Casillas yang kena serangan jantung emoticon-Frown
0
17-08-2019 19:40
Quote:Original Posted By jepanghebat
Kaget dan shock gan..
kalau pernah kena serangan jantung sebelumnya atau ada tanda2nya sesak atau apa itu mending..
lah ini ketawa abis makan kok langsung dipanggil Tuhan emoticon-Frown emoticon-Frown


kalo bagi yg sudah mengalami bre pasti dah nggak bisa berkata apa2 lagi,sama kaya sahabat ane pun demikian kena serangan jantungemoticon-Sorry


Tapi kita nggak perlu ketakutan yg berlebihan bre,segala sakit di dunia ini hanyalah alasan manusia saja,yg pastinya memang sudah waktunya kita pergi...takut pasti bre tapi yaudah mumpung kita hidup pergunakan waktu sebaik mungkin dan nikmati aja breemoticon-Cool

Ane malah sempat di hajar perasaan takut mati berlebihan tahun kemaren dan ane berjuang keras melawan itu,allhamdullilah sekarang sudah banyak berkurang,ane banyak berdoa dan lebih sering ngumpul dan bercanda ama temen2 ane biar kagak kepikiran kaya gituan lagi emoticon-Cool
Diubah oleh simsol...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jepanghebat dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 1 balasan
17-08-2019 19:49
Quote:Original Posted By kampretoz28
koentjinya disiplin dlm mengelola faktor resiko


Kuncinya adalah nikmati hidup emoticon-Blue Guy Smile (S)

Mati itu pasti,
Jadi sebelum mati, nikmatilah










































emoticon-raining
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1
17-08-2019 19:59
Bahasa keren nya "Takdir"
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1
17-08-2019 19:59
kalau ane ya buat tubuh
3 bulan sekali donor darah
dan 1.5 bulan sekali selalu bekam
0
17-08-2019 20:00
ada yg emang dari turunan, ada yg kolesterolnya tinggi, sebenernya pola makan ngaruh besar sih gan. kalo dari turunan emang udah ada resiko ya tinggal triggernya aja yg dijaga yaitu makanan, ada orang badanya kurus tapi ternyata kolesterolnya 200an, ada yg rajin olahraga tapi begitu di cek urat darahnya inflamasi semua, dulu bini gue MSCRP nya 3 komaan setelah jaga pola makan langsung 0,5. yang jelas hindari GORENGAN, GARAM berlebihan, DAGING OLAHAN mis sosis, smokebeef & nugget, makanan BERLEMAK TINGGI spt santan, kuning telur, susu dll, dan perbanyak makan sayur & buah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lihat 2 balasan
17-08-2019 20:01
Penyakit jantung emang bisa kena siapa aja.
Walaupun sering olahraga.

Rajin2 medical check up aja..
profile-picture
jepanghebat memberi reputasi
1
17-08-2019 20:21
Ngeri kali penyakit satu ini.
profile-picture
jepanghebat memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-08-2019 20:40
Balasan post cokboen
Nah ini dia gan. Saya rokok udah 3 tahun berenti, tapi pola makan sangat mengerikan, ga lepas santan dan gorengan emoticon-Frown
Alkohol ga minum, rokok udah berenti total, tapi buat disiplin makan kok susahnya minta ampun
0
17-08-2019 20:42
kalo kata temen ane... semua gara2 gula.. nasi dan gula itu utk 30an keatas hrs udah dikurangi dan dihindari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dhikapradana dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Lihat 4 balasan
Lapor Hansip
17-08-2019 20:46
Balasan post simsol...
Terimakasih gan sudah mau berbagi..
iya aku mau coba belajar menikmati hidup dan tentunya jaga pola makan yg sehat..
sudah 3 orang yg aku kasihi meninggal karena serangan jantung
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-08-2019 20:48
Balasan post elefana
Aku bingung cara menghindari gula bagaimana, sedangkan nasi putih, tepung terigu dan hampir semua makanan itu mengandung gula. Lagipula kekurangan gula juga bukankah berbahaya gan?
0
17-08-2019 21:17

Emang harus jd vegetarian ini mah mau nyoba 1 bulan gmna ya efeknya?

Keren sharing2nya di trit ini emoticon-thumbsup
profile-picture
jepanghebat memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
17-08-2019 21:33
Gula emang bisa membahayakan banget ya gan... Kadang juga ga ada turunan penyakit penyakit apa gitu tiba tiba kena...
Selain olahraga emang makanan harua bener bener dikontrol sih
0
17-08-2019 21:34


Quote:Original Posted By elefana
kalo kata temen ane... semua gara2 gula.. nasi dan gula itu utk 30an keatas hrs udah dikurangi dan dihindari

Iya iya gan bener... Nasi bisa diganti ke nasi merah sih gan yang low gula...
0
17-08-2019 21:41
Salah satu bukti bahwa ajal itu adalah ketetapan Tuhan gan....

ada yang makan suka suka, g pernah olah raga, merokok, minum, tapi gak mati - mati.........

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
jlamp dan simsol... memberi reputasi
2
17-08-2019 21:44
makanya beli asuransi, biar ga nyusain keluarga + temen2

ah elah
profile-picture
profile-picture
simsol... dan jepanghebat memberi reputasi
0
Lapor Hansip
17-08-2019 21:49
Balasan post clcyep
Saya juga terinspirasi, udah ga bener nih. Tiap hari makan daging soalnya
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1
Lapor Hansip
17-08-2019 22:03
Balasan post jepanghebat
Quote:Original Posted By jepanghebat
Aku bingung cara menghindari gula bagaimana, sedangkan nasi putih, tepung terigu dan hampir semua makanan itu mengandung gula. Lagipula kekurangan gula juga bukankah berbahaya gan?


Kekurangan gula di jaman modern ini = kelaparan & kurang gizi.

Ya spt yg agan bilang, sekarang smua makanan yg kita konsumsi mngandung gula, mulai dari roti basah roti kering, es teh, biskuit, coklat, nasi, kecap, dll

Makanya dokter slalu suruh banyak minum air putih, kurangin seminimal mungkin minum manis.

Krn tubuh kita tiap hari udh dijejali sm gula2an dr hampir smua makanan yg kita makan.

Diubah oleh urban21
profile-picture
jepanghebat memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.