powerpunk
TS
powerpunk
Teknologi eSIM Masuk Indonesia, Ganti SIM Card Gak Perlu Kartu


Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Teknologi pada kartu SIM (SIM Card) di Indonesia memasuki babak baru. Jika selama ini kita hanya mengenal kartu SIM dalam bentuk fisik yang biasanya dijual di konter atau gerai, saat ini sudah ada satu provider di Indonesia yang memperkenalkan teknologi eSIM. Dengan teknologi ini kita tak perlu membeli kartu perdana untuk mengganti nomor yang akan kita gunakan, layaknya di negara - negara maju.


Lalu apa itu teknologi eSIM? Teknologi ini memungkinkan kita menggunakan perangkat smartphonetanpa memerlukan kartu SIM fisik, namun nomor yang akan kita gunakan akan langsung dibenamkan pada perangkat secara permanen. Cara untuk mendapatkannya hanya dengan mendatangi gerai provider yang bersangkutan, lalu kita akan mendapatkan eSIM QR Code. QR Code tersebut kemudian dapat di scan untuk memasang profil pengguna SIM yang bersangkutan. Lalu, dengan teknologi ini apakah kita masih bisa mengganti nomor? Tenang, kita masih bisa mengganti nomor kok, tinggal datang ke gerai untuk proses pergantian nomor.

Secara bahasa yang mudah dipahami, eSIM adalah SIM (Subscriber Identity Module) yang tidak memiliki wujud fisik layaknya kartu SIM pada umumnya. Atau bisa disebut sebagai bentuk tak nyata dari kartu SIM. Selama ini kartu SIM memang mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Mulai dari bentuk SIM biasa, lalu menjadi lebih kecil dalam bentuk micro SIM, lebih kecil lagi menjadi nano SIM, dan kini menjadi bentuk tak nyata dalam bentuk eSIM, meski sebenarnya fisik SIM tersebut masih ada dalam bentuk module yang ukurannya super kecil.


Mungkin sebagian dari GanSis bertanya - tanya, apa sih perbedaan teknologi eSIM dengan SIM inject yang sempat booming beberapa tahun yang lalu? Jika pada SIM inject, kita hanya bisa menggunakan layanan dari satu operator seluler saja, pada eSIM kita masih dimungkinkan untuk berganti - ganti nomor dari provider satu ke provider lainnya. Hanya saja, tidak semua perangkat dapat menggunakan teknologi ini. Teknologi ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna perangkat tertentu yang sudah support dengan teknologi ini, misalnya pada iPhone XR (model dual SIM) dan Apple Watch.

Per akhir 2018 sendiri, sebagaimana di lansir dari Liputan6.com, baru ada 10 negara didunia yang operator selulernya sudah memberikan dukungan terhadap teknologi eSIM ini. Mereka adalah Kanada, Kroasia, Australia, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, India, Spanyol, Inggris, dan Amerika Serikat. Dinegara berkembang, para produsen biasanya menjual perangkat dengan dual SIM, kombinasi SIM fisik dengan slot dan eSIM, karena beberapa negara saat ini sedang dalam perencanaan mengadopsi teknologi eSIM ini.


Begitu juga dengan operator di Indonesia, meski saat ini baru satu operator yang sudah mengadopsi teknologi ini, beberapa operator lain juga tengah dalam tahap perencanaan menuju migrasi ke teknologi eSIM. Bukan tak mungkin beberapa tahun ke depan, semua operator dan perangkat sudah bisa menggunakan sistem ini. Sehingga untuk berganti nomor tak perlu lagi berganti kartu perdana seperti biasanya.






Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini dan Ini




Spoiler for Jangan Di Scan..:



Spoiler for :


anasabilaswiitdebby4iinch
4iinch dan 17 lainnya memberi reputasi
16
16.5K
129
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.