alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d574b6910d295028122775f/perbedaan-budaya-arab-dengan-indonesia-muslim-wajib-masuk
Lapor Hansip
17-08-2019 07:33
Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)

WELCOME MY THREAD



Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)


Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)




Dengan posisinya yang penting di dunia sebagai negara terbesar ke-4 di dunia dan posisi strategisnya diantara dua samudra, di antara negara terbesar Cina, negara terbesar kedua India dan benua Australia serta perannya sebagai negara dengan pemeluk Islam terbesar di dunia yang mewakili versi Islam yang manusiawi, seharusnya Indonesialah yang menentukan arah versi Islam dunia, bukannya membiarkan diri didikte oleh kekuasaan minyak Arab Saudi.
Indonesia adalah negara akan kaya budaya dan adat istiadatnya dan hal itu harus kita lestarikan supaya budaya Indonesia tidak dijajah kembali oleh negara-negara asing. Tidak hanya itu, di Indonesia juga memiliki berbagai macam bangsa keturunan, yaitu keturunan bangsa arab, keturunan tionghoa, dll yang sering kita jumpai di negara kita sendiri, bahkan banyak wisatawan asing yang resmi tinggal di indonesia karena terpesona akan kekayaan budaya negara kita.




Saya terlahir sebagai orang keturunan arab, dan banyak sekali masyarakat keturunan arab di indonesia terutama di jakarta, tetapi bukan di Jakarta saja di pulau jawa juga banyak sekali masyarakat keturunan arab. Budaya arab sering dipakai di indonesia terutama pada acara-acara pernikahan, dan hari raya besar Islam. Setiap masyarakat keturunan arab di Indonesia harus bisa berbicara bahasa arab walaupun hanya sedikit.
Masyarakat arab memiliki berbagai tradisi kebudayaan yaitu:



1. Tradisi kebudayaan idul fitri masyarakat keturunan arab. 
Menjelang tibanya idul fitri masyarakat arab akan menghiasi rumah mereka dan menyemprotkan rumah mereka dengan parfum lokal ‘oud’ atau bakhoor, semacam batu bata yang beraroma yang dibakar, seperti dupa yang khusus untuk parfum rumah. Dan kaum wanita memasak hidangan untuk hari raya idul fitri. Biasanya masyarakat keturunan arab tidak lupa untuk menyiapkan kue lebaran khas arab yaitu kue ka’ak. Mayarakat keturunan arab juga melakukan budaya tradisi nya senidiri dimana setiap ada lelaki menggunakan thoub atau baju tradisional berupa jubah panjang berwarna putih lengkap dengan sorban yang bermotif kotak-kotak kecil berwarna putih-merah yang disebut ogal. Tetapi tradisi ini hanya dilakukan oleh beberapa masyarakat keturunan arab di indonesia. Dan tidak semua masyarakat keturunan arab yang melakukan tradisi ini.



2. Tradisi kebudayaan perjodohan masyarakat keturunan arab. 
Pada acara-acara keluarga besar, siapa yang mempunyai anak perempuan yang sudah dewasa dianjurkan untuk dateng, silaturahmi dengan sodara , keluarga dan berkenalan langsung dengan kaum laki-laki di acara tersebut. Supaya kita saling mengenal dengan orang tersebut. Jika laki-laki tersebut menyukai perempuan itu, dan perempuan itu sebaliknya menyukai laki-laki tersebut, maka terjadilah perjodohan yang dilandasin dengan ta’aruf dimana laki-laki tersebut dateng kerumah perempuan untuk meminta melamar perempuan itu dihadapan orangtua perempuan tersebut dengan melakukan suatu ikatan ta’aruf. Tradisi kebudayaan arab tersebut masih digunakan sampai zaman sekarang.
Macam-macam Kebudayaan masyarakat keturunan arab di Indonesia:


• Merayakan hari raya islam dengan membaca-bacaan shalawat, doa-doa. Dan kebudayaan arab itu menjadi ciri khas di negara Indonesia dengan menyajikan nasi kebuli saat selesai merayakan hari raya tersebut seperti maulid Nabi Muhammad SAW atau mengadakan suatu pengajian.



• Satu hari menjelang pernikahan biasanya masyarakat keturunan arab melakukan tradisimehendi (henna) yaitu suatu proses pelukisan tangan yang bernilai seni tinggi pada mempelai wanita sebelum melakukan pernikahan. Hal itu dimaksudkan untuk mempercantik dirinya di hari pernikahannya. Sebelum ijab qabul, mempelai wanita dan mempelai pria dipisah. Mengapa? Karena pemisahan tersebut dimaksudkan sebelum pembacaan ijab qabul wanita tersebut bukan muhrimnya, tetapi setelah selesai ijab qabul mempelai pria ditemukan dengan mempelai wanita tersebut. Dan di saat resepsi pernikahan biasanya diadakan berbagai hiburan yang sudah disiapkan oleh kedua pihak mempelai, yaitu berupa tarian zapin, tarian perut (bellydance) dan tidak kalah penting yaitu musik khas arabian yaitu gambus.



• kebudayaan makanan masyarakat ini sangat berbeda dengan kebudayaan lainnya makanan khas arab yaitu nasi kebuli, kari kambing, sambosa, roti maryam, bubur surbah, kari ayam, roti cane, kebab, nasi kabsah, dadar gule dan masih banyak lagi.
Lingkungan masyarakat keturunan arab sama saja dengan lingkungan masyarakat lainnya, seperti halnya: berperilaku sopan santun dan tata krama ketika sedang berbicara dengan orang yang lebih tua, menghormati orang yang lebih tua, menghargai pemberian orang lain, tidak saling mengejek dan bermusuhan dengan orang yang berbeda agama dan tidak memakai pakaian yang terbuka (yang dilarang oleh agama).



1. Arab Saudi adalah negara kecil dengan jumlah penduduk sekitar 28 juta orang (sumber: penghitungan Juli 2008 oleh CIA – The World Factbook)
Indonesia adalah negara terbesar ke-empat di dunia (setelah China, India dan Amerika Serikat) dengan jumlah penduduk sekitar 238 juta orang (sumber: penghitungan Juli 2008 oleh CIA – The World Factbook) 


2. Arab Saudi adalah negara satu budaya yaitu budaya Arab/Islam dan satu bahasa yaitu bahasa Arab
Indonesia adalah negara banyak budaya yaitu budaya-budaya masyarakat Indonesia asli ditambah budaya-budaya lain dari seluruh dunia (Eropa, Melanesia, Asia, Timur Tengah) dan negara banyak bahasa dengan satu bahasa negara yaitu Bahasa Indonesia 


3. Arab Saudi adalah negara anti demokrasi/absolutis/totaliter
Indonesia adalah negara demokrasi yang pernah ditindas oleh kekuasaan diktator dan sedang dalam proses kembali ke demokrasi 


4. Arab Saudi sangat kaya karena memiliki sumber minyak bumi yang berlimpah
Indonesia sangat kaya dengan beragam sumber daya alam termasuk minyak bumi 


5. Di Arab Saudi keluarga kerajaanlah yang memiliki sumber daya alam minyak bumi ini
DI Indonesia kekuasaan Barat dan Jepang serta sedikit kelompok elit militerlah yang menjadi pemilik sumber daya alam di Indonesia 


6. Arab Saudi akan hancur berantakan dalam segala sisi kehidupan masyarakatnya apabila sumber minyak buminya berkurang atau habis
Indonesia tidak akan hancur berantakan dan akan tetap berdiri tegak walaupun sumber daya alamnya habis, karena begitu banyak sisi-sisi kehidupan lainnya yang dapat diandalkan seperti dalam sisi budaya dan sumber daya manusianya. Dan karena sudah sejak lama sumber daya alam Indonesia juga tidak dinikmati oleh orang Indonesia sendiri. 


7. Arab Saudi mewakili versi Islam yang kejam/biadab/brutal/tidak manusiawi, absolutis, pemuja kekerasan, pembenci perempuan dan pembenci hubungan kasih antara laki-laki dan perempuan
Indonesia mewakili versi Islam dengan pengaruh yang sangat kental dari suku bangsanya yang matriarchal yaitu suku bangsa Minangkabau. Islam di Indonesia adalah berdasar kepada nilai-nilai matriarchal Minangkabau yang tidak mengenal kekerasan dan bertumpu kepada nilai-nilai yang menghormati kaum perempuan dan mendorong hubungan cinta kasih antara laki-laki dan perempuan. 


8. Kelompok penguasa Arab Saudi memberikan uang hasil jualan minyak bumi kepada Indonesia untuk meng-arab saudisasikan Indonesia
Kelompok penjilat Indonesia memanfaatkan uang dari Arab Saudi ini untuk meraih kekuasaan dengan cara meng-arab saudisasikan Indonesia 


9. Ekonomi Arab Saudi murni berdasarkan penjualan minyak bumi
Ekonomi Indonesia berasal dari berbagai macam sumber 


10. Dengan tatanan masyarakatnya yang menindas, Arab Saudi tidaklah memiliki sumber daya manusia yang baik
Indonesia yang memiliki beragam budaya dan terbuka, memiliki sumber daya manusia yang tidak terbatas 


11. Penguasa Arab Saudi semakin menggila dengan proyek arabisaudisasinya
Penjilat Indonesia ikut-ikutan menggila dengan proyek arabisaudisasi dengan dana Arab Saudi


Boleh gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Toast

bantu gan emoticon-Rate 5 Star

Follow gan emoticon-Cool
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
17-08-2019 07:51
Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)
profile-picture
profile-picture
dhilllpoez dan kruingputih3 memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
17-08-2019 07:56
no comment dah
0
Lapor Hansip
17-08-2019 08:12
Balasan post 37sanchi
Quote:Original Posted By 37sanchi
Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)


profile-picture
37sanchi memberi reputasi
-1
17-08-2019 08:24
Quote:Original Posted By 37sanchi
Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)


Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)
profile-picture
profile-picture
dhilllpoez dan 37sanchi memberi reputasi
2
17-08-2019 08:27
Quote:Original Posted By kruingputih3
Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
kruingputih3 memberi reputasi
1
17-08-2019 08:27
Quote:Original Posted By 37sanchi
Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1
17-08-2019 13:01
Foto dulu

Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)
profile-picture
g30str memberi reputasi
1
17-08-2019 13:06
Kelompok Penjilat Indonesia

Maksudnya Ini Apa Yah ? emoticon-Big Grin

Undangan Untuk @ustad.syam@pasti2periode

dan satu pesanlagi,

Islam Itu Dibawa Dengan Damai oleh Orang Arab, Sedangkan krestot dibawa dengan keras oleh penjajah belanda
profile-picture
g30str memberi reputasi
1
17-08-2019 13:20
Anjir, ts nya bahas perbedaan budaya, komennya pada bahas politik emoticon-Ngakak
profile-picture
g30str memberi reputasi
1
17-08-2019 16:15
Quote:Original Posted By 37sanchi
Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)


Padahal sudah di tanah leluhur emoticon-Big Grin
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
17-08-2019 17:06
Balasan post taufandilog
Quote:Original Posted By taufandilog


Padahal sudah di tanah leluhur emoticon-Big Grin


Tanah leluhurnya lagi perang ma arab bree...


emoticon-Leh Uga
0
17-08-2019 19:14
I just don't understand what Islam Nusantara is
emoticon-DP
0
17-08-2019 19:25
Kenapa ya,
Orang Arab gak mau kimpoi ama orang Pribumi?
Orang cina juga?






Mungkin mereka gak mau menurunkan kualitas emoticon-Big Grin
No sara, but kenyataan 80%
profile-picture
g30str memberi reputasi
1
17-08-2019 20:02
Quote:Original Posted By kruingputih3
Perbedaan budaya Arab dengan Indonesia (Muslim Wajib Masuk)


Awas keanjingan lalerr gan emoticon-Ngakak
0
18-08-2019 17:25
Quote:Original Posted By royaljannisary
Anjir, ts nya bahas perbedaan budaya, komennya pada bahas politik emoticon-Ngakak


Nasib nasib emoticon-Ngakak
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.