alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.9 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d56c2df26377239f44e2c6f/kecantikan-nusantara-yang-anggun-sejak-zaman-majapahit
Lapor Hansip
16-08-2019 21:51
Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit


Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit



بِسْمِ اللهِ الرحْمَنِ الرحِيم

السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Siapa sich yang nggak tahu kebaya? Hampir seluruh rakyat Indonesia mengetahuinya, kecantikan Nusantara yang sangat mengagumkan, bukan? Pemersatu wanita Indonesia.



Warisan budaya leluhur yang satu ini memang sangat anggun, bukan hanya ada di Indonesia saja tapi di Asia Tenggara juga, disana pun mempunyai ciri khas dan sejarah yang berbeda-beda. Seperti halnya yang ada di Indonesia, kebaya sangat banyak ragamnya.

Tak dinafikan trend dan model kebaya saat ini beraneka ragam lho... padu padan sederhana yang sangat cantik.

Banyak designer-designer berlomba membuat kebaya semakin kelihatan menawan dan cantik.



Berbagai macam design terciptakan dengan anggunnya.



Nah, di Indonesia banyak sekali jenis-jenis kebaya, dari tiap daerah yang berbeda mempunyai ciri khas masing-masing.

👘👘👘


Menurut sejarah yang tertulis di Wikipedia, kebaya itu adalah kombinasi blus-gaun tradisional yang berasal dari istana Kerajaan Majapahit (Indonesia), dan secara tradisional dipakai oleh wanita di Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand selatan, Kamboja dan bagian selatan negara Filipina.

Kebaya khas dari Indonesia (Jawa)
Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit
sumber gambar

Kebaya khas dari Singapura
Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit
sumber gambar

Kebaya 👆ini di Indonesia dikenal dengan kebaya Nyonya atau kebaya Encim.

Kebaya khas dari MalaysiaKecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit
sumber gambar


Kebaya khas dari Filipina
Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit
sumber gambar



Blus serupa ditemukan juga di Burma, di mana ia disebut 'hingingmathein'.

Kebaya khas dari Burma
Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit
sumber gambar


Bahan-bahan dari kebaya kadang terbuat dari bahan tipis seperti sutra, katun, nilon ataupun poliester semi-transparan.

Blus kebaya sering dihiasi dengan brokat atau bordir motif bunga, dikombinasi bersama kain sarung, batik, songket yang bermotif warna-warni, dan khas sesuai daerah asal.

🌹Kebaya adalah salah satu kostum kebanggaan nasional milik Indonesia, yang berasal dari berbagai daerah, seperti Jawa, Sunda, Bali, Lampung dan sebagainya.


Model paling awal dari Kebaya yang diyakini berasal dari istana abad ke-15 Kerajaan Majapahit di Jawa, sebagai sarana untuk memadukan Kemban yang sudah ada untuk menutupi tubuh perempuan aristokrat (ningrat/bangsawan), agar lebih sederhana tapi tetap anggun dan elegan.

Selama periode terakhir kerajaan Majapahit, pengaruh Islam mulai tumbuh di kota-kota pesisir Jawa, sehingga ada kebutuhan untuk penyesuaian model khas Jawa dengan agama Islam yang baru diadopsi.

Blus kebaya kemudian dirancang khusus dengan lebih tertutup bagian belakang, bahu dan lengan.

Kerajaan Aceh, Riau, Johor, dan Sumatera Utara mengadopsi kebaya gaya Jawa sebagai sarana ekspresi status sosial dengan alus karena Ningrat atau penguasa Jawa lebih halus.

Portugis juga mencacat nama kebaya sebagai jenis pakaian khas Indonesia, ketika mereka mendarat pertama kali di wilayah negara ini.

Sebelum tahun 1600, kebaya di pulau Jawa dianggap sebagai pakaian yang diperuntukkan hanya dikenakan oleh keluarga kerajaan, bangsawan (ningrat), di era itu, petani laki-laki dan perempuan masih dengan pakaian dada terbuka.

Namun sekarang pakaian khas ini hanya dipakai disaat-saat tertentu, seperti acara resmi, adat, kondangan, Kartinian, dan perayaan HUT Indonesia. Tidak terlihat dipakai untuk sehari-hari lagi.

Bagaimana menurut GanSist menyikapi ini?

referensi disini

 وَ السلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit
GIF
Diubah oleh yukinura
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yuni.wahyuni114 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
17-08-2019 01:39
Mengenal sejarah kebaya yang ternyata bukan cuma di Indonesia. Hmmm, kita harus punya ciri khas nih.
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 01:47
bikin adem kalau lihat cewe pake kebaya terus kerudungan.. makanya ane slalu semangat ke tempat2 hajatan...












untuk menyiksa menu prasmanannya
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 01:47
cintailah ploduk2 Indonesia
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 07:09
Di bali tiap hari kamis dan bulan purnama , perempuan pada pakai kebaya ( sekolah , kantor , dll )

Tiap mau ke pura juga pada pakai kebaya

emoticon-2 Jempol


Contoh kebaya bali
Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit
Diubah oleh djinggo88
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 07:22
ane pernah baca dimana lupa asal kebaya itu dari cina, kalo kemben beda lagi itu emang udah ada di jaman hindu budha,negara yg paling mencolok pake kemben itu thailand bahkan di pinggiran kota dan desa cewenya masih pake kemben sehari-hari emoticon-Big Grin
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 07:22
Quote:Original Posted By bekticahyopurno
Kebaya warisan budaya yang memang perlu di jaga pelestariannya. 👍👍👍



Iya, Om. emoticon-Malu


Quote:Original Posted By g.gowang
kenapa pakaian adat cuma di pakai di saat2 tertentu?
ya karena mungkin ribet/kurang fleksibel/praltis kalau untuk melakukan aktifitas sehari2.
yang terpenting sebagai identitas jangan sampai dilupakan/ditinggalkan.



Menurutku juga begitu, Om. emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By tsuway.c001
Cakep cakep kebayanya yak emoticon-Malu emoticon-I Love Indonesia



Cantik-cantik ya Dear. emoticon-Embarrassment
Diubah oleh yukinura
profile-picture
g.gowang memberi reputasi
1
17-08-2019 07:30
Quote:Original Posted By OetakReptile
ane pernah baca dimana lupa asal kebaya itu dari cina, kalo kemben beda lagi itu emang udah ada di jaman hindu budha,negara yg paling mencolok pake kemben itu thailand bahkan di pinggiran kota dan desa cewenya masih pake kemben sehari-hari emoticon-Big Grin



Aku juga pernah baca, tapi belum ketemu referensinya. Nanti aku ubek2 Mbah Google lagi. emoticon-2 Jempol
0
17-08-2019 08:16
Quote:Original Posted By djinggo88
Di bali tiap hari kamis dan bulan purnama , perempuan pada pakai kebaya ( sekolah , kantor , dll )

Tiap mau ke pura juga pada pakai kebaya

emoticon-2 Jempol




Contohnya sangat cantik, Om. Kelihatan ssngat menonjol. emoticon-Maluemoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0
17-08-2019 08:17
Quote:Original Posted By saya.kira
Ala Al qaida

Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit


Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit

Kebaya itu haram ukhti, bolehnya pake baju ninja...
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 08:19
Quote:Original Posted By trifatoyah
Wah ternyata sejak jaman Majapahit sudah ada kebaya ya.



Itu informasi yang saya dapat dari Wikipedia, Mbak Tri.


Quote:Original Posted By idaalfaqieh
Mengenal sejarah kebaya yang ternyata bukan cuma di Indonesia. Hmmm, kita harus punya ciri khas nih.



Hu-um, Dear. emoticon-Malu


Quote:Original Posted By ARShecca
bikin adem kalau lihat cewe pake kebaya terus kerudungan.. makanya ane slalu semangat ke tempat2 hajatan...












untuk menyiksa menu prasmanannya



Aaaiiiih.. om nya bisa ajah. emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By 20.12.2013
cintailah ploduk2 Indonesia


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
17-08-2019 08:33
Quote:Original Posted By Ikrom.lestari
Mau request foto kebaya yg hijab ada Ga ya?

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak



Udah Akak update di #3 tuh 👆


Quote:Original Posted By bangb0
ternyata kebaya memang ciri khas orang melayu emoticon-I Love Indonesia



Uh-um... emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By annaharry
terakhir pakai kebaya saat nikah 🙄



Jadi pingin lihat fotonya. emoticon-Malu


Quote:Original Posted By YenieSue0101
Tidak masalah meskipun hanya dipakai di acara resmi, yang penting tidak benar2 ditinggalkan. Cukup ribet juga sih jika harus dikenakan sehari-hari emoticon-Shakehand2



Aku juga mikirnya kayak gituh.
profile-picture
bangb0 memberi reputasi
1
17-08-2019 09:56
I love Indonesia emoticon-Cendol Gan
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 11:29
batik memang menjadi ciri khas budaya kita
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 12:16
berarti kebaya ini emang kebudayaan orang asia tenggara
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 12:25
Indonesia memang kaya akan ragam pakaiannya
salah satunya kebaya ...

nice trit Sis ...

profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 12:47
Quote:Original Posted By yukinura

Tetap kelihatan cantik dan santun, bukan?

Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit


Couple juga ada lho...

Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit


Seragam kebaya yang sangat serasi bukan?

Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit

Kecantikan Nusantara Yang Anggun Sejak Zaman Majapahit



Meskipun dengan hijab fashion, kebaya jg tetap anggun dipakai
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 13:54
namanya warisan kebudayaan, apalagi kita deket deket negaranya sama malaysia filipina, pasti ada yang terpengaruh dan budaya kebayapun ikut tersebar juga waktu jaman dahulu dipengaruhi oleh masyarakat yang menyebar pd wkt itu. apapun negaranya, kebaya selalu cakep dan anggun dipake wanita
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 14:02
rame ya kebaya dimana mana
profile-picture
yukinura memberi reputasi
1
17-08-2019 14:11
Quote:Original Posted By kudanil.la
namanya warisan kebudayaan, apalagi kita deket deket negaranya sama malaysia filipina, pasti ada yang terpengaruh dan budaya kebayapun ikut tersebar juga waktu jaman dahulu dipengaruhi oleh masyarakat yang menyebar pd wkt itu. apapun negaranya, kebaya selalu cakep dan anggun dipake wanita


Quote:Original Posted By seowsepedah
rame ya kebaya dimana mana


hu-um... emoticon-Malu
0
17-08-2019 14:12
Quote:Original Posted By masnukho
batik memang menjadi ciri khas budaya kita


KEBAYA, Masemoticon-Malu

Quote:Original Posted By grenademan24
berarti kebaya ini emang kebudayaan orang asia tenggara


Sepertinya begitu Om emoticon-Malu

Quote:Original Posted By DeYudi69
Indonesia memang kaya akan ragam pakaiannya
salah satunya kebaya ...

nice trit Sis ...


Terimakasihemoticon-Embarrassment
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.