saya.kira
TS
saya.kira
Bencana Chernobyl: Mengapa Tumbuhan Tahan Terhadap Radiasi Nuklir?

Kasus Chernobyl telah menjadi contoh bencana terparah sepanjang masa. Bencana nuklir tahun 1986 itu, kembali menarik perhatian publik setelah acara TV "Chernobyl" yang sangat populer menggambarkan bagaimana bencana itu menyebabkan ribuan orang menderita kanker.

Bencana itu juga mengubah daerah yang tadinya padat penduduk menjadi kota hantu, dan membuat zona terlarang seluas 2.600 kilometer persegi. Tetapi zona terlarang Chernobyl bukannya tanpa kehidupan. Serigala, babi hutan dan beruang telah kembali ke hutan subur di sekitar bekas pabrik nuklir di Ukraina utara itu.

Dan menyangkut vegetasi, semua tanaman kecuali tanaman yang paling rentan dan terpapar langsung, dapat bertahan hidup. Bahkan di daerah yang paling banyak terpapar radiasi di zona itu, vegetasi dapat pulih dalam waktu tiga tahun.

Manusia, mamalia, dan burung akan mati jika menerima paparan radiasi sebanyak yang diterima tumbuhan di daerah yang terkontaminasi itu.

Jadi mengapa tanaman sangat tahan terhadap radiasi dan bencana nuklir?

Quote:

Radiasi memang memiliki efek berbahaya terhadap kehidupan tanaman, dan dapat memperpendek umur masing-masing tanaman dan hewan.

Tetapi jika sumber daya yang menopang kehidupan cukup berlimpah dan dampak bencana tidak fatal, kehidupan akan terus berkembang.

Yang terpenting, beban yang ditimbulkan oleh radiasi di Chernobyl tidak setara dengan manfaat yang didapat dari manusia yang meninggalkan daerah itu.

Sekarang ekosistem di sekitar pembangkit listrik yang telah hancur itu pada dasarnya telah menjadi cagar alam terbesar di Eropa dan mendukung lebih banyak kehidupan daripada sebelumnya, bahkan jika setiap siklus kehidupan di sana menjadi lebih pendek.

Di satu sisi, bencana Chernobyl mengungkapkan sejauh mana dampak lingkungan manusia terhadap planet ini.

Meski berbahaya, kecelakaan nuklir jauh tidak jauh lebih berbahaya dari apa yang bisa dilakukan manusia.

Saat menjauhkan diri dari daerah tersebut, manusia telah menciptakan ruang bagi alam untuk kembali.

kamerad
izzy713falin182sazka7
sazka7 dan 30 lainnya memberi reputasi
29
12.4K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.