alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d56785a2f568d362b36aadd/pelajar-cianjur-yang-menolong-aiptu-erwin-banjir-pujian
Lapor Hansip
16-08-2019 16:33
Pelajar Cianjur yang Menolong Aiptu Erwin Banjir Pujian

Pelajar Cianjur yang Menolong Aiptu Erwin Banjir Pujian

Erwin Yudha, anggota Babinkantibmas Polsek Cianjur Kota, terkapar akibat sekujur tubuhnya terbakar. Polisi berpangkat Aiptu itu tengah bertugas mengawal aksi demo mahasiswa di depan Pendopo Cianjur, Kamis (15/8).

Secepat kilat beberapa orang memadamkan api yang menyala di tubuh Erwin. Tidak lama, seorang pelajar berseragam batik mendekat. Ia memberikan tangannya sebagai sandaran dan memberikan minum air mineral kepada Erwin.

Pelajar itu diketahui bernama M Ridwan Suryana. Ia siswa kelas XII jurusan akuntansi di SMK Pasundan Cianjur. Foto Ridwan saat menolong Aiptu Erwin viral di media sosial.

Ridwan mengaku spontanitas menolong polisi tersebut. "Saat itu jam 11.30 WIB, jam istirahat. Saya beli jajan, kebetulan lihat ada demo mahasiswa di depan gerbang Pendopo. Saya enggak berani mendekat karena takut ada apa-apa. Tidak lama, enggak tahu jam berapa, tiba-tiba ada huru-hara begitu," cerita Ridwan kepada detikcom di kantor Pemkab Cianjur, Jumat (16/8/2019).

Saat itu, Ridwan melihat langsung seseorang berlari dengan kondisi tubuh terbakar. Ia tidak berani mendekat karena situasinya sangat mengerikan. Setelah api dipadamkan, sosok tubuh terbakar itu terbaring di tepian jalan.

"Saya enggak ikut padamkan api karena ngeri. Setelah api padam, korban itu terbaring sendirian di trotoar. Saya beranikan diri mendekat kasih minuman. Saat itu korban teriak-teriak sambil kejang, saya tenangin dan kepalanya itu saya sandarkan ke tangan," tutur Ridwan.

Ridwan menyadari kondisi tubuh Erwin yang ditolongnya mengalami luka terbuka. Ia melihat saat itu beberapa orang masih dalam kondisi panik termasuk rekan-rekan Erwin yang tengah mengejar para demonstran.

"Saya spontanitas saja. Saya tidak kenal beliau, hanya perasaan ingin menolong saja. Karena saat itu posisinya sendirian. Saya lihat beberapa media sedang liputan, polisi-polisi juga sibuk mengejar para pelakunya. Saya temani sambil sesekali berteriak minta tolong," ujarnya.

Lalu datang petugas Satpol PP memberikan air minum. Tidak lama beberapa polisi juga datang mendekat.

"Saya bilang, pak polisi ini teman bapak, tolongin. Baru saat itu ada yang mendekat. Karena enggak ada ambulans, akhirnya beliau di bawa pakai angkot ke rumah sakit. Saya ikut gotong bersama polisi yang lain," kata Ridwan.

Ridwan tidak mengetahui aksinya itu terekam kamera warganet hingga akhirnya foto-fotonya itu viral di media sosial dan di-posting salah seorang gurunya.

"Saya baru tahu nama polisi yang ditolong itu dari berita. Saya juga lihat ada foto saya tersebar di media sosial. Jujur itu aksi spontanitas dan bukan untuk eksistensi atau apa, benar-benar atas dasar kemanusiaan," ucap Ridwan.

Ridwan memang tengah praktik kerja lapangan (PKL) di kantor wakil Bupati Cianjur. Ia berdomisili di Kampung Jangari Kidul, Desa Bobojong, Kecamatan Mande.

Foto Ridwan saat menolong Aiptu Erwin ini viral di Facebook setelah akun Arif Hidayat postingan yang disertai narasi kekagumannya atas tindakan Ridwan. Postingan itu dikomentari ratusan warganet dan dibagikan hampir seribu kali.

"Aku bangga padamu nak!

Batik kebanggaan kita adalah cerminan bahwa dirimu contoh dari kebaikan. Menolong bapak aparat yg terbakar dari demo yg terjadi di cianjur.

Semoga bapak polisi cepat sembuh bisa brg dgn keluarga lg dan bertugas kembali," tulis Arif. 




profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 7 lainnya memberi reputasi
8
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 3
Lapor Hansip
17-08-2019 01:29
Balasan post autistic.dog
Aparat harusnya tidak panik gan..
Alasan lebih lanjut ada di post bawah agan emoticon-Cool
0
17-08-2019 06:19
Quote:Original Posted By sfast
Biasa dlm situasi spontan seperti itu, otak jd beku sesaat dan ngak tau harus berbuat apa.

Sepertinya petinggi polisi juga harus tanggung jawab karena tidak membekali polisi dgn baik dlm menghadapi berbagai situasi klo ada demo.

Klo liat divideo, harusnya tiap demo ada team medis, polisi dibekali pengetahuan bagaimana menangani kebakaran, contoh hqrusnya tubuh dibalut/ditutup kain dgn cepat bukan dikibas2.

Lalu harusnya ada team pemadam kebakaran/air persediaan. Karena setiap demo biasanya ada bakar2 ban.

Sepertinya instruktur pelatihannya harus kena sanksi, harus ada buku pedoman menghadapi pendemo.


ente bener....persiapan mengaman kan demo nya amat kurang....

water canon dan ambulan mesti siap tdk jauh dr lokasi..plus polisi harus nya cukup terlatih dan sigap menghadapi situasi darurat macam begini....bukan nya bengong....ataupun freeze....
ngapain jd polisi..kl situasi darurat malah cuma melongo...
0
17-08-2019 06:20
Quote:Original Posted By autistic.dog


Orang pada panik


polisi teman2 nya harus nya tdk panik dan sigap....harus nya mereka terlatih...kl polisi panikan....ancur negara...
0
17-08-2019 07:27
Tuh mahasiswa yang demo bener-bener otak udang, statusnya aja mahasiswa tapi otak dan mentalitas masih di bawah standar.

Salut sama si anak smk
0
17-08-2019 07:29
Semoga kebaikan adek sma itu dibalas Tuhan ya dek
emoticon-Shakehand2
0
17-08-2019 07:33
dan orang disekitarnya sibuk dengan hp nya masing" emoticon-Big Grin
0
17-08-2019 07:42
Quote:Original Posted By dinhogiloba
Malah pinteran anak SMK nya daripada gerombolan monyet goblok yg katanya mahasiswa.


Pelajar SMK wajar gan kalo lebih Pinter daripada monyet... emoticon-Malu (S)
0
17-08-2019 07:44
Ga ada info terbaru buat si pelaku ? emoticon-Ngakak
0
Lapor Hansip
17-08-2019 07:50
Balasan post ontapesek
Quote:Original Posted By ontapesek
gue heran , waktu terbakar gak da yg berusaha buka baju untuk memadamkanya.

malah teman temanya pada bengong
itu polisi yg lain ikut kebakar karena berusaha memadamkan ya emoticon-Bingung

Itu kan yg kebakar awalnya 1 polisi, terus 3 nolongin ikut kebakar jg

Salut sama pelajarnya jauh lebih pintar dari mahasiswa emoticon-Traveller
0
17-08-2019 07:51
Tega banget bakar aparat mereka itu manusia apa bukan
0
17-08-2019 12:38
Ni mahasiswa gak malu ama anak SMA....
0
18-08-2019 00:02
Lanjutkan...emoticon-Jempol
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.