ekkrisAvatar border
TS
ekkris
Cara Praktis Budidaya Ikan Guppy




BISMILLAH ... Kali ini saya akan bahas mengenai cara budidaya ikan guppy. Ikan guppy merupakan jenis ikan hias yang banyak digemari oleh para penghoby ikan hias khususnya ikan hias air tawar. 

Ikan guppy merupakan jenis ikan tropis yang memiliki banyak varian jenis dan juga warna dengan berbagai coraknya  yang menawan, oleh sebab itulah ikan guppy memiliki tempat khusus dihati para penggemar ikan hias. Ikan guppy telah banyak ditemui diberbagai tempat di Indonesia, mulai dari got got, sungai sungai , dan juga toko ikan hias air tawar. 

Ikan guppy juga memiliki banyak julukan seperti ikan cere,ikan seribu,dan ikan gupi. 

Cara merawat guppy pun tidak terlalu sulit. Tidak seperti ikan maskoki yang  membutuhkan airrator untuk asupan oksigennya. Ikan guppy tidak memerlukan itu untuk merawatnya, tetapi sebagian para penghobi pasti menggunakannya untuk menjaga keadaan air aquarium tetap jernih dan semua yang ada di dalam aquarium tetap sehat ikan ikan maupun tumbuhan tumbuhannya.   Okkkkkkk .......  Tidak usah panjang lebar lagi mari kita bahas bersama cara budidaya guppy.


 
1.     Pemilihan indukan
 
Tahapan memilih indukan adalah tahap yang bisa dibilang susah gampang butuh kejelian dan kesabaran. Untuk mendapatkan anakan yang bagus dan berkualitas anda juga harus memilih indukan dengan kualitas bagus. Dalam memilih indukan ada beberapa point yang harus diperhatikan seperti usia indukan, pilihlah usia indukan yang telah berusia 4 bulan ini usia matang indukan baik jantan maupun betina. 

Lalu fisik, pilihlah indukan guppy yang memiliki fisik sehat seperti tidak ada bekas luka,sirip sirip utuh,dan tidak terdapat bercak putih(white spot). Pilihlah indukan guppy jantan yang memiliki warna cerah dan pilihlah indukan betina yang memiliki bentuk badan membulat.


Baca juga: Jenis ikan guppy tercantik


 
2.     Pemisahan indukan
 
Sebelum masuk ke proses pencampuran indukan, maka indukan ikan guppy yang sebelumnya telah dipilih harus dipisahkan dulu di kedua tempat yang berbeda. Pisahkan antara induk jantan dan betina secara terpisah. Selama indukan dalam tahap pemisahan ini tetaplah anda harus merawatnya agar guppy tetap fit ketika guppy  dipijahkan dan selalu rutin mengganti air wadah selama 3hari hingga 1minggu sekali dan yang pasti tetap memberi makan secara teratur.


 
3.     Proses pemijahan
 
Mungkin ini adalah tahap yang paling mudah setelah ikan dibedakan antara jantan dan betina. Ikan gupp bisa langsung dimasukan begitu saja. Proses pemijahan ikan guppy memiliki langkah-langkah yang sangat simpel, “cemplungin langsung jadi” hehehe . 

 Yang diperlukan hanya  memerlukan  wadah berisi air bersih yang diendapkan dulu selama semalaman. Wadah yang digunakan bisa ember yang tidak sedang ataupun aquarium, semua yang bisa menampung air bisa dijadikan wadah pemijahan. Lalu masukan indukan dengan perbandingan 1:2, maksudnya satu untuk jantannya dan dua untuk betinanya atau bisa dengan memasukannya 1:1 untuk mendapatkan anakan yang sama persis seperti indukan ataupun mau dikimpoi silangkan juga bisa. Tetapi biasanya untuk mengawin silangkan tidak semudah mengawin yang sejenis.  

 
Caranya adalah masukan indukan betina terlebih dahulu pagi hari baru masukan indukan jantannya pada sore harinya. Proses pemijahan biasanya akan berlangsung selama seminggu sampai dua minggu lamanya. 

Biarkan mereka saling bercumbu, jika indukan betina sudah terlihat membunci perutnya makan segera pisahkan induk betina dari induk jantan. Dan taruh di tempat terpisah biasanya indukan akan mengandung selama satu bulan. Setelah itu segera pisahkan anakan dari indukan agar anakan tidak dimangsa oleh indukannya. 

Anakan ikan guppy yang baru lahir tidak perlu diberi makan selama kurang lebih dua sampai empat hari hal ini karena anakan masih memiliki sisa kuning telur yang terdapat diperutnya. Anakan ikan guppy bisa diberi makan kutu air dan bisa juga dengan kuning telur yang telah direbus. Berikan secara sedikit sedikit dengan penuh kasih sayang emoticon-Wowcantik
 

Demikian cara praktis budidaya ikan guppy semoga bermanfaat, selamat mencoba.  .... cara  diatas bisa berbeda beda dari setiap pembudidaya yang lain. Tetapi intinya sama saja .......  Wassalamm ....
 “buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya , walau agak bonyok dikit”. hehehe
Diubah oleh weshley07 18-07-2019 12:35
angulo1901
weshley07
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
4
15.6K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.