kaka10ciaoAvatar border
TS
kaka10ciao
Soal Pidato Kenegaraan Jokowi, Haris Azhar: Kosong Blas


TEMPO.CO, Jakarta - Pendiri Kantor Hukum dan Hak Asasi Manusia Lokataru Haris Azhar menyindir pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang dibacakan di depan anggota DPR dan DPD hari ini. Menurut dia, pidato itu mirip nasihat dosen kepada mahasiswa yang ingin belajar tugas pemerintah.

"Ini poin yang patut diucapkan jika dalam forum nasihat-nasihat dosen kepada mahasiswanya atau dalam upaya menggambarkan tugas negara secara normatif ketika ada orang yg mau belajar apa tugas pemerintah," kata dia saat dihubungi, Jumat, 16 Agustus 2019.

Menurut pegiat HAM ini, Jokowi dalam pidatonya gagal memahami masalah riil yang dihadapi oleh masyarakat. Jokowi, kata dia, menyebut soal terorisme, hukum, legislasi, lingkungan hidup dan lain sebagainya.


Tapi, Jokowi luput menjelaskan masalah yang dihadapi dalam setiap topik yang dia sodorkan. Jokowi, kata dia, juga tidak menyebutkan peran lembaga negara dalam mengatasi problem tersebut. "Kosong blas. Ya tapi biar saja, masyarakat juga senang toh, apa pun asal Jokowi," kata Haris.

Sebaliknya, Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan pidato Jokowi telah menggambarkan visi kepemimpinannya dalam periode kedua. Dia mengatakan Jokowi punya paradigma baru dalam pemberantasan korupsi, yakni berorientasi pencegahan dengan inovasi teknologi dan birokrasi.

"Jokowi memaparkan paradigma baru pemberantasan korupsi yang berorientasi pada pencegahan dengan inovasi teknologi dan birokrasi yang transparan," kata dia dalam keterangan tertulis.

https://www.google.com/amp/s/nasiona...ar-kosong-blas

kosong blass...emoticon-Big Grin
Asal jokowi masyarakat senang..
Negara kolap jg gpp asal jokowi masyarakat senang kok emoticon-Big Grin
rob.pedro
aspirasisoft
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
-4
1.9K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.