skydaveeAvatar border
TS
skydavee
Jejak Digital Bisa Membunuhmu
source:google

Semakin canggihnya era kekinian dalam berbagai aspek adalah sebuah hal yang tak mungkin ditolak. Hal ini seirama dengan sifat dasar manusia yang cenderung menghendaki segala sesuatunya secara mudah dan instan. Terutama canggihnya pelbagai fitur yang disediakan oleh mereka yang kerajingan media sosial.

Kini, melihat pemandangan orang sibuk dengan smartphone-nyamasing-masing bukanlah perkara yang sulit untuk ditemukan. Cobalah perhatikan fenomena kecanduan smartphone akhir-akhir ini. Hampir semua titik, tempat dan kesempatan, mata nyaris tak lepas dari wadah berbentuk kebanyakan kotak-kotak tersebut.

dok.pribadi

Ada banyak alasan bagi pengguna berat smartphoneenggan terpisah darinya. Tapi biarlah, alasan-alasan itu menjadi rahasia tiap-tiap orang.

Dan bisa ditebak, diantara fitur melimpah yang terintegrasi di smarphone itu, salah satu yang kerap dipergunakan adalah aplikasi yang biasa disebut media sosial atau medsos. Meski penggemar aplikasi game tertentu pun, jumlahnya tidak sedikit.

dok.pribadi

Ada apa dengan medsos? Sehingga pengikut setianya bahkan bisa mengalahkan jumlah pengikut sekte Kanjeng Dimas yang konon dipercaya bisa menggandakan uang? Atau hebohnya bisa mengalahkan Karhutla disaat karena sesuatu hal, aplikasinya lemot diakses? Seperti tempo hari ketika situasi semakin memanas dengan sengketa pilpres 2019?

***
Medsos saat ini telah menjadi bagian hidup kaum millenial. Jika dahulu ketika diperkenalkan pertama kalinya didesain secara sederhana, kini medsos dibekali dengan deretan fungsi yang canggih.

Bagi pebisnis, penggunanya bisa melakukan aktifitas jual-beli dengan memamerkan beragam produknya. Sistem berjualan yang dahulu harus membuka lapak dengan syarat menampilkan displaybarang dagangannya, maka kondisi tersebut tak banyak lagi dilakukan. Cukup berbekal foto-foto yang mewakili produk yang hendak dijual.

Tak hanya bagi pelaku bisnis, untuk yang berniat terjun ke dunia politik, baik yang ber-budget dengan uang tak berseri maupun politikus bermodal cuma nekat dan berani, maka medsos membuka ruang selebar-lebarnya demi mempopulerkan segala program politiknya.

Demikian pula untuk rekan-rekan yang mendadak menemukan jalan hidup dengan menjadi motivator atau ahli agama, maka medsos menyediakan wadah untuk kicauannya, statusnya serta unggahan-unggahan bijak yang memenuhi berandanya.

Ringkasnya, siapapun orangnya, profesinya, keahlian dan tujuannya, medsos dianggap mampu menampung segalanya. Ia adalah sarana dengan multitasking, dan memenuhi hasrat manusia kekinian.

***
Meski menjanjikan segala kemudahannya, medsos terbukti bisa menimbulkan dampak negatif yang tidak bisa dianggap sepele.

Berbekal bukti postingan yang pernah dilakukan oleh seseorang, maka hal tersebut cukup ampuh menyeret orang lain harus mendekam dibalik jeruji penjara. Sebagai misal postingan yang menyeret kehidupan pribadi orang lain. Atau membuka aib seseorang yang seyogianya tak patut dijadikan sebagai konsumsi publik.

Coba perhatikan, ada berapa insan medsos menjadi korban akibat ketidak sanggupannya mengontrol emosi dibalik ketikannya di medsos. Banyak kan?

Demikian pula masa depan seseorang pun bisa dipertaruhkan hanya gara-gara postingan lama yang belum sempat terhapus. Sialnya, diungkit kawan maupun pihak yang tidak menyukainya, lantas menjadi viral. Jika sudah begitu, pelaku serasa ditelanjangi dan terpaksa menjadi terdakwa tanpa proses. Padahal, bisa jadi postingan lama itu terjadi disaat ia belum menemukan jalan kebenaran yang terang benderang demi mendapatkan tiket ke surga.

Bukankah jejak digital itu bisa kejam? Bijaklah menggunakan medsos!




©Skydavee 2019
Diubah oleh skydavee 16-08-2019 13:14
brina313
delia.adel
surya.hr
surya.hr dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.