• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Boleh Gak Sih Nyampurin Bahan Bakar Ama Oktan yang Berbeda?

partaioliangAvatar border
TS
partaioliang
Boleh Gak Sih Nyampurin Bahan Bakar Ama Oktan yang Berbeda?

Pabrikan kendaraan bermotor selalu ngasih rekomendasi bahan bakar dengan oktan (RON) tertentu pada setiap kendaraan yang mereka produksi. Rekomendasi ini bertujuan untuk menjaga kualitas mesin dari kendaraan itu sendiri. Misalnya pada mobil LCGC disarankan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan 92 (pertamax).

Tapi terkadang pengguna kendaraan gak terlalu peduli dengan rekomendasi ini GanSis. Soalnya dengan banyaknya pilihan bahar bakar dengan kadar oktan yang beragam, membuat pengguna bisa bebas memilih mana yang mereka ingin. Mereka biasanya menyesuaikan isi dompet dengan jenis bahan bakar yang mereka pakai.

Selain itu, pengguna juga sering kali mengkombinasikan jenis bahan bakar yang satu denga yang lain. Misalnya, biasanya pake pertamax, terus karena duit lagi kurang, pengguna mengganti dengan pertalite. Otomatis bahan bakarnya akan kecampur.

Sebenarnya mencampur bahan bakar dengan oktan yang berbeda gak dilarang GanSis, tapi juga gak disarankan. Kenapa gak disarankan, karena ketika dicampur, otomatis kualitas bahan bakar akan berubah dan performa mesin menjadi tidak maksimal.

Jangan kita beranggapan kalau premium dicampur dengan pertamax turbo, peforma mesin akan menjadi lebih baik. Karena efeknya bakalan sama aja, walaupun udah dicampur dengan pertamax turbo.

Selain bikin peforma mesin menjadi tidak optimal, pencampuran bahan bakar dengan oktan yang berbeda dan penurunan oktan dari yang direkomendasikan, umur mesin kendaraan akan menjadi lebih pendek.

Jadi intinya GanSis, bukannya boleh atau gak, tapi tidak disarankan untuk mencampur bahan bakar dengan oktan yang berbeda atau menurunkan oktan dengan jenis bahan bakar yang lain.



isu152
febrifzn
komangkoming
komangkoming dan 10 lainnya memberi reputasi
9
12.5K
166
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.