News
Batal
KATEGORI
link has been copied
113
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d56172fd4397227b1518ee0/apa-yang-terjadi-jika-gbhn-dihidupkan-kembali
PDI Perjuangan mengusulkan perubahan sejumlah pasal Undang Undang Dasar 1945 untuk mengembalikan kewenangan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam menetapkan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).
Lapor Hansip
16-08-2019 09:38

Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?

Past Hot Thread
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?

PDI Perjuangan mengusulkan perubahan sejumlah pasal Undang Undang Dasar 1945 untuk mengembalikan kewenangan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dalam menetapkan Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN).

GBHN yang diterapkan pada masa Orde Baru telah dihapus pada tahun 2000.

Sejak itu, pemerintahan menggunakan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) sebagai dasar pembangunan. Lalu, bahasa teknisnya dibuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN); RPJP berlaku selama 25 tahun dan RPJMN berlaku lima tahun.

Sejumlah kalangan khawatir usulan menghidupkan kembali GBHN bisa mengembalikan Indonesia ke era orde baru dan merusak sistem presidensial.

Quote:Kenapa hidupkan kembali GBHN?
Politikus PDI Perjuangan, Eva Kusuma Sundari mengatakan bahwa tanpa GBHN pemerintah tidak punya arah yang jelas dalam pembangunan dan tiap ganti presiden, arah kebijakan juga berganti.

"Agar target-target jangka panjang, seperti kedaulatan pangan, kedaulatan energi, itu nggak bisa satu presiden atau dua presiden, harus beberapa term oleh beberapa presiden. Jadi itu biar maju," katanya kepada BBC Indonesia, Kamis (15/08).

Eva menambahkan bahwa RPJP yang digunakan sekarang tidak cukup, "karena titik beratnya ada di eksekutif dan menjadi personal presiden. Dan kita sudah punya data, bahkan ketika 10 tahun zamannya Pak SBY. Visi misi itu terus berubah."

Sebagai informasi, dalam RPJMN periode 2004 - 2009 pemerintah memiliki visi mewujudkan kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang aman, bersatu, rukun dan damai.

Lalu, periode 2009 - 2014 pemerintah mengusung visi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis dan berkeadilan.

Sementara periode 2014 - 2019, pemerintah mencanangkan visi terwujudnya Indonesia yang beradulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Eva mengeklaim, PDI Perjuangan tak akan mengutak-atik pasal-pasal lainnya dalam rencana amandemen kelima ini. "Hanya pedoman pembangunan itu. Karena tidak berkesinambungan," katanya.

Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono menilai bahwa selama ini RPJMN tidak terlalu kuat untuk menentukan arah kebijakan pemerintah.

"Kalau RPJMN itu kan baru rencana. Bisa berubah-ubah. Tapi kalau haluan kan tidak bisa keluar dari haluan tersebut," katanya.


Quote:Apa dampaknya?
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus menilai akan banyak produk perundang-undangan yang akan berubah jika GBHN diberlakukan. Sebab, sejak 2000, peraturan perundang-undangan mengacu pada RPJP dan RPJMN.

"Hampir pasti turunannya itu atau UU itu memang harus disesuaikan lagi akan ada kerjaan susulan yang saya kira tidak ringan bagi DPR dan pemerintah ke depannya," kata Lucius kepada BBC Indonesia, Kamis (15/08).

Lucius menambahkan, rencana amandeman akan membuka jalan bagi MPR untuk menjadi lembaga terkuat di negeri ini. Saat tidak mengikuti GBHN, MPR bisa memecat presiden setiap saat.

"Dengan pertimbangan politik mereka, bisa memberhentikan presiden di tengah jalan," katanya.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan usulan ini justru bisa memukul balik demokrasi yang sudah dibentuk di era reformasi ke rezim orde baru.

Dalam hal ini, ketika MPR memiliki wewenang menetapkan GBHN secara tidak langsung telah menjadi lembaga tertinggi negara. Artinya presiden atau pemerintahan kedudukannya berada di bawah MPR.

"Kalau menjadi lembaga tertinggi negara nanti mungkinkah MPR mengangkat dan memilih presiden, sehingga semuanya harus dikaji seksama," kata Mardani kepada BBC Indonesia, Kamis (15/08).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini menilai rencana amandemen dengan memberi kewenangan MPR menetapkan GBHN akan merusak sistem presidensial yang selama ini telah berjalan.

"Sederhananya, selama ini presiden dan wakilnya dipilih langsung oleh rakyat, semestinya bertanggung jawab langsung kepada rakyat, bukan kepada MPR melalui GBHN yang ditetapkan. Kewenangan presiden akan dimutasi dengan GBHN. Seharusnya presiden terpilih mendapat mandat rakyat," kata Titi.

Lebih jauh, Titi mengatakan bahwa dalam hal mengembalikan GBHN dalam UUD 1945, bukan tidak mungkin kekuasaan akan terus menjaga stabilitas politik, di mana setiap orang akan dibatasi kebebasannya.

"Isu stabilitas itu bisa-bisa akan diperluas bukan lagi dalam konteks menyinggung stabilitas ekonomi-politik, tapi juga nanti kebebasan berpendapat akan dikurangi, kebebasan berekspresi dikurangi, dengan dalih stabilitas," jelas Titi sambil berharap isu besar ini bisa menjadi perhatian publik.


Quote:Sudah berapa kali amandemen UUD 1945?
Pasal-pasal dalam UUD 1945 sudah empat kali diubah. Perubahan berlaku pada penambahan, pengurangan hingga penyempurnaan pasal-pasal.

Semangatnya, empat kali amandemen yang berlangsung 1999-2002 perubahan pada pasal-pasal UUD 45 telah memberikan ruang demokrasi bagi masyarakat serta mengantisipasi keberadaan pemerintahan yang otoriter.

Pertama berlangsung pada 14-21 Oktober 1999. Perubahan yang cukup berarti dalam perubahan amandemen perdana ini adalah mengubah masa jabatan presiden dan wakil presiden.

Semula presiden dan wakilnya tidak dibatasi periode masa jabatannya (berlaku selama era Soeharto). Lalu, melalui amandemen ini periode jabatan presiden dan wakilnya diubah menjadi hanya berlaku dua periode.

Kedua, 7-8 Agustus 2000. Poin-poin perubahan UUD 1945 dalam periode ini menjadi cikal bakal adanya otonomi daerah serta keistimewaan bagi daerah-daerah tertentu.

Selain itu, dalam amandemen ke-II juga dicantumkan pasal-pasal baru yang mengatur tentang hak-hak warga negara Indonesia, di antaranya hak kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat (Pasal 28E ayat 3).

Ketiga, 1-9 November 2001, Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) dicabut (Pasal 3). Selain itu, hal yang diatur dalam perubahan dalam periode ini adalah presiden dan wakilnya tidak lagi diangkat oleh MPR, tapi langsung dipilih oleh rakyat.

Keempat, 1-11 Agustus 2002. Pada perubahan UUD 1945 terakhir ini, diatur mengenai komposisi MPR tidak lagi diisi dari perwakilan daerah dan golongan-golongan. Selain itu dari segi pendidikan, amandemen ini mengamanatkan kepada negara untuk memberikan hak pendidikan dasar kepada warga negara.




Agak traumatik sih emang kalau bicara soal GBHN.
Tapi disatu sisi penting juga menurut ane keberadaan GBHN sebagai benang merah suatu pemerintahan bertindak dan mengambil keputusan, apalagi Presiden kan ganti 5 tahun sekali, pasti bakal berbeda prioritas kebijakan yang diambil, makanya butuh GBHN.
(Ini kalau gak bicarain bagaimana mekanisme pemilihan Presiden ya. Kalau ane sih tim Pemilihan langsung oleh rakyat emoticon-Embarrassment)
Cuma ya sekali lagi, orang-orang tuh traumatik sama GBHN, hehe.
emoticon-Bingung
Diubah oleh cumipenjara
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 24 lainnya memberi reputasi
17
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:03
Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus menilai akan banyak produk perundang-undangan yang akan berubah jika GBHN diberlakukan. Sebab, sejak 2000, peraturan perundang-undangan mengacu pada RPJP dan RPJMN.

"Hampir pasti turunannya itu atau UU itu memang harus disesuaikan lagi akan ada kerjaan susulan yang saya kira tidak ringan bagi DPR dan pemerintah ke depannya,"



Buang waktu ngurusin UU...
0 0
0
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:04
menentukan arah pembangunan ya bagus sih...

apa perlu Repelita (rencana pembangunan lima tahun) juga di hidupkan lagi...???emoticon-Big Grin
0 0
0
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:07
Quote:Original Posted By dark_mousy
harusnya bagus sih ya..
jadi pemerintah punya pedoman, ga berubah tujuan tiap ganti presiden..
GBHN jalan tapi presiden nya tetep dipilih rakyat..
pasti bisa kan?

pemerintah berikutnya bisa melanjutkan rencana pembangunan yg sdh dibuat...
profile-picture
bossengklek memberi reputasi
0 1
-1
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:10
kalau para pencari benda antik (loak) masuk politik. apapun yg udah mati mau di idupin .
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:12
Jaman dulu sekali dengan ada nya GBHN dan hal lain terkait dengan undang-undang kita sebagai siswa dipaksa buat paham masalah ginian. Aslinya sekarang ya gak digunain wakkaka. Pusing ngapalin kalau mau keluar ujian
profile-picture
profile-picture
noisscat dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:19
siapa sih yang suka ganti2 program yang ada? emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:20
gk ada urgensi nya sih klo mnurut gw
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:22
Beda GBHN sama Repelita apa gan? emoticon-Bingung
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:22
kalo trauma dengan GBHN yaa ganti nama aja tetap hal2 yg baik dari GBHN di ambil selebihnya dudukan pada tempatnya(inovasilah,masa sebegitu banyak orang pintar hukum tata negara nggak bisa inovasi ttg hal tersebut),sekarang ini kita di arahkan fokus ke eksekutif selalu dan selalu,nggak salah sih karna dia eksekutor tapi lembaga legislatif pun kudu bekerja baik juga biar mereka kagak makan gaji buta yg terlihat selama beberapa puluh tahun iniemoticon-Cool
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1 0
1
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:25
Kalo bicaranya ke arah pembangunan (baik di sektor ekonomi, infrastruktur, sosial budaya, dll) ya bagus modelnya Road Map atau dalam bentuk Vision gitu emoticon-Smilie
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:27
Emang ngaruh ya ?? yang gua pikirin sekarang Listrik murah, Pake BPJS di permudah dan cari kerjaan gampang.
kalo ngaruh gua setuju2 aja
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:31
kl boleh tau kenapa gbhn dihapus dl?

tp kl opini gw ya, adanya gbhn bakal bikin kubu baru untuk lobi di mpr karna pembangunan ditangan mereka
0 0
0
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:38
dilematis banget sihhhh sebenrnya yak
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1 0
1
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:39
Quote:Original Posted By tujuh.tahun
Ya bagus, pembangunan Indonesia jadi punya tujuan dan arah.
Ibarat perusahaan, GBHN itu seperti Visi Misi.

Pasca reformasi, Indonesia seperti gak punya arah,
arah tujuan bangsa ini selalu berubah setiap 5 th sekali sesuai kemauan penguasa, itulah kenapa Indonesia selalu tertinggal dari negara lain yang titik start nya bareng.

Orde baru gak semuanya buruk, jadi kalau elit politik Indonesia cerdas, ambil yg baiknya dari orde baru, buang yg jeleknya.

Jangan wiranto diambil, GBHN dibuang, kebolak itu namanya


emoticon-Traveller


Iya sih gan tapi elite politik sekarang , susah dipercaya takut jadi modus ane mikirnya
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1 0
1
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:39
Quote:Original Posted By BamzDelonge
Emang ngaruh ya ?? yang gua pikirin sekarang Listrik murah, Pake BPJS di permudah dan cari kerjaan gampang.
kalo ngaruh gua setuju2 aja


Dampak nya pasti kesana gan itu semua output kebijakan pemerintah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:42
Quote:Original Posted By danny.welbeck
kl boleh tau kenapa gbhn dihapus dl?

tp kl opini gw ya, adanya gbhn bakal bikin kubu baru untuk lobi di mpr karna pembangunan ditangan mereka


Betul gan ane mikir sama secara yang diparlemen itu dari parpol , pemilu saja sudah carut marut nya sperti kemarin . Apalagi kembali ke parlemen , andai saja orang kaya setnov yang mantan ketua DPR bisa duduk jd ketua MPR , bisa dibayangkan gimana
0 0
0
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:49
tanpa GBHN pemerintah tidak punya arah yang jelas dalam pembangunan dan tiap ganti presiden, arah kebijakan juga berganti.

ane setuju sih sama statement ini. harus ada intinya kalo mau membangun. jangan sampe keputus tengah jalan cuma karena beda visi. biar pembangunan terarah. asal bener2 bisa dipercaya rakyat dan di pantau lgsg oleh rakyat dgn transparan.
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1 0
1
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:49
ngikuti perkembangan zaman gimana saat thn kedepan lebih baik
0 0
0
Apa yang Terjadi Jika GBHN Dihidupkan Kembali?
16-08-2019 11:52
Cuk...setelah puluhan tahun ane antipati dengan partai yang 1 ini..baru kali ini ane setuju dengan usulannya..

Next...buat yang antipati dengan GBHN lebih baik lu baca baca yang banyak referensinya. Jadi biar tahu apa dan bagaimana GBHN itu...

Yang pasti gw akan dukung. Selama tujuan dari usulan ini bukan karena ingin "menguasai"presiden melalui parlemen/ MPR

0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia