News
Batal
KATEGORI
link has been copied
215
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d55f8fbb840881b0804c610/kronologi-3-anggota-polisi-cianjur-terbakar-saat-amankan-unjuk-rasa
Musibah tragis dialami tiga anggota Polres Cianjur, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019). Mereka dilalap si jago merah ketika mengamankan unjuk rasa mahasiswa dan memadamkan ban bekas yang dibakar.
Lapor Hansip
16-08-2019 07:29

Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa

Past Hot Thread
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa, Aiptu Erwin Terbakar Hingga 80%


Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa

TRIBUN-BALI.COM - Musibah tragis dialami tiga anggota Polres Cianjur, Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).

Mereka dilalap si jago merah ketika mengamankan unjuk rasa mahasiswa dan memadamkan ban bekas yang dibakar.

Satu diantara tiga anggota polisi itu mengalami luka bakar sekitar 80 persen, sehingga harus dirujuk ke RS Polri Kramatjati, Jakarta.

Dikutip via Tribunnews, tiga anggota kepolisian terbakar saat aksi demo mahasiswa di Cianjur berlangsung, begini kronologi hingga kondisi terkini para korban.

Pada Kamis (15/8/2019) sekitar pukul 13.00 WIB, tiga anggota polisi dilaporkan terbakar saat aksi demo mahasiswa Cianjur yang mengatasnamakan OKP Cipayung Plus Cianjur.

Demo yang sudah direncanakan sejak 12 Agustus lalu ini dilakukan untuk menyuarakan sejumlah aspirasi berkaitan dengan evaluasi adanya pengangguran atau sedikitnya kapangan pekerjaan, serta pendidikan di Kabupaten Cianjur.

Insiden tiga polisi terbakar diketahui terjadi di Pendopo Kabupaten Cianjur saat demo berlangsung.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko pun membenarkan kabar tersebut.

"Ada tragedi terbakarnya personel Polri khususnya di Polres Cianjur, satu anggota polsek dari Polres Kota Cianjur, dua personel lagi anggota Sat Sabhara yang ada di Polres Cianjur," jelas Truno, di Mapolrestabes Bandung, Kamis sore, seperti dilansir Kompas.com.

Dirangkum Tribunnews dari berbagai sumber, berikut fakta mengenai tiga polisi terbakar saat demo mahasiswa di Cianjur:

Quote:1. Kronologi
Gerombolan mahasiswa Cianjur melakukan unjuk rasa untuk menyuarakan sejumlah aspirasi berkaitan dengan evaluasi adanya pengangguran atau sedikitnya kapangan pekerjaan, serta pendidikan di Kabupaten Cianjur.

Namun, saat melakukan aksi, mereka tak berhasil menemui pimpinan daerah yang dimaksud.

Dilansir Kompas.com, para pengunjuk rasa pun melakukan aksi bakar ban sekaligus menutup arus lalu lintas di Jalan Siliwangi.

"Sebelum pembakaran itu, dilakukan aksi penutupan jalan dulu tepatnya di Jalan Siliwangi depan Pemda Kabupaten Cianjur."

"Sehingga terjadi kemacetan atau tidak tertib, kemudian dilanjutkan pembakaran ban," jelas Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Kamis (15/8/2019) sore.

Aiptu Erwin, anggota kepolisian yang saat itu tengah mengawal jalannya aksi unjuk rasa, berusaha memadamkan ban terbakar.

Namun, ada oknum melemparkan bahan bakar minyak dari arah belakang sehingga api menyambar tubuh Erwin.

"Pada saat pemadaman ada satu oknum dari 50 orang tadi ini menyiram yang bersangkutan dengan bahan bakar minyak sehingga kondisi Aiptu Erwin terbakar," terang Truno.

Dua anggota lain, Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon, juga ikut terbakar saat berusaha menyelamatkan Erwin.

"Mereka berdua ini ingin menyelamatkan rekannya dengan memadamkan."

"Namun ikut terbakar kemudian mengalami luka bakar," ujar Truno.

Aiptu Erwin merupakan anggota babinkamtibmas Kelurahan Bojong Herang Polres Kota Cianjur.

Sementara Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon merupakan anggota Sabhara Polres Cianjur.


Quote:2. Sebanyak 15 mahasiswa diamankan
Sebanyak 15 mahasiwa diamankan terkait insiden terbakarnya tiga anggota polisi pada aksi demo di Cianjur pada Kamis (15/8/2019).

Terdapat oknum yang melemparkan bahan bakar minyak ke arah Aiptu Erwin yang saat itu tengah berupaya memadamkan ban terbakar.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, pun mengungkapkan koordinator lapangan unjuk rasa yang mengatasnamakan OKP Cipayung Plus Cianjur diperiksa terkait insiden tersebut.

Mengutip dari Kompas.com, Truno menyebutkan korlap yang berinisial MF sebelumnya telah bersedia menjaga keamanan dan ketertiban.

Namun, beberapa oknum justru melakukan kerusuhan sehingga menyebabkan tiga polisi terbakar.

"Sebagaimana dalam pernyataanya pada tanggal 12 Agustus, korlap dalam hal ini MF bersedia menjaga kemanan dan ketertiban."

"Namun, saat ini yang bersangkutan dilakukan proses pemeriksaan terkait dengan adanya tragedi kejadian tersebut," tutur Truno, di Mapolrestabes Bandung, Kamis.



Quote:3. Penuturan saksi mata
Dikutip dari Tribun Jabar, seorang warga setempat, Mamur Abdullah, mengungkapkan insiden terbakarnya tiga anggota polisi saat demo mahasiswa di Cianjur terjadi beberapa saat setelah pengunjuk rasa membakar ban.

Mamur menyebutkan ada seseorang yang tiba-tiba melemparkan kantong bensin sehingga apipun membesar.

"Tiba-tiba ada seseorang yang melemparkan kantong bensin."

"Sehingga api pun membesar dan membakar tiga orang polisi," terang Mamur.

Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon yang berusaha menyelamatkan Aiptu Erwin pun ikut terbakar.



Quote:4. Kondisi terkini korban
Tiga anggota polisi yang menjadi korban terbakar dalam aksi demo mahasiswa Cianjur pada Kamis (15/8/2019) kini tengah mendapat perawatan medis.

Tim dokter Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih dan Tim Dokter Kesehatan Polda jabar diturunkan untuk memberikan perawatan terhadap Aiptu Erwin, Bripda Yudi Muslim, dan Bripda FA Simbolon.

"Tim medis khususnya dari Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Polda Jabar, dan tim dari kedokteran kesehatan Polda Jabar sudah turun," ujar KKepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, di Mapolrestabes Bandung, Kamis (15/8/2019), seperti dilansir Kompas.com.

Mengutip Tribun Jabar, dari ketiga korban tersebut, Aiptu Erwin menderita luka bakar paling parah hingga 80 persen.

Karena itu Erwin dirujuk ke Rumah Sakit Polri Kramat Jakarta.

“Luka bakarnya hampir 80 persen. Sekujur badannya luka, karenanya saat ini juga langsung kita rujuk ke Kramat Jati (RS Polri),” ujar Direktur RSUD Sayang Cianjur, Ratu Tri Yulia.





Semoga pelaku dapat dihukum setimpal emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kontholl dan 36 lainnya memberi reputasi
15
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 11
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:35
keajaiban banget inimah 80% luka bakar masih survive....
profile-picture
profile-picture
rakusentai dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:36
ada yang lempar plastik isi bensin? ni anak otaknya dimana coba emoticon-Cape deeehhbtw ada update komuk si begundal ini gakemoticon-Bingung pengen liat gw kek gimana
profile-picture
profile-picture
joidmce dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:36
mimpi buruk bagi yg tertangkap..hehehhee 😈
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joidmce dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:38
tambah ga dapat kerjaan lu ncuk
Diubah oleh davies
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:38
memalukan, mahasiswa tapi akalnya nggak dipake emoticon-Cape d...
udah gitu mengeluh soal sedikitnya lapangan pekerjaan ?
coba dicek, mungkin lapangan pekerjaannya ada tapi buat manusia, bukan binatang !

semoga lekas sembuh pakpol erwin emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh mikdon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joidmce dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:38
gerombolan mahasiswa
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:39
Gue ada nih videonya, gila sih ini. Mahasiswa tapi kelakuannya barbar emoticon-Nohope

Diubah oleh vitawulandari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
comrade.frias dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 2 balasan
Memuat data ..
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:40
Seandainya ada ruang khusus buat rakyat menyampaikan aspirasinya. mungkin akan lebih baik lagi. Itu juga bisa menghilangkan demo yang memakan korban. ayo orang-orang pintar di negeriku, buatkan ruang khusus buat para pendemo melalui musyawarah. pertemukan perwakilan pendemo, mediator, dan pihak terkait.
profile-picture
profile-picture
zoelzing1 dan azdifarabi memberi reputasi
1 1
0
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:40
demo itu kalau mau ketemu yang ditemuin ya perwakilan pendemonya masuk buat diskusi, kalau pejabatnya suruh keluar nemuin massa buat diskusi itu bukan lagi diskusi tapi udah jadi macam begal, kalau ngmg gak sesuai yang dimau ya dikroyok massa. malu ane sebagai orang yang lama tinggal dicianjur dari dulu demo ribut aja sama gak jelas yang di tuntut apaan emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joidmce dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:41
Jadi om...
Terbakar atau dibakar..???
emoticon-Bingung
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:41
asem dah, ngurusin nilai jelek remidi oii.
malah demo.
emoticon-Hammer (S)
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:42
gila nih, gw liat video nya ngeri banget, kasian pak polisinya.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:43
memang harus di hukum seperti ini, menyampaikan pendapat, orasi, demo boleh anarkis jangan...eh, tapi kadang aparat juga berlebihan kalo menghadapi para demonstran....semoga pakpol yang terluka segera sembuh
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan edv039 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ..
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:43
Turut berduka buat para pakpol yg kena luka bakar emoticon-Turut Berduka

semoga tersembuhkan...

buat yg ngaku mahasiswa cianjur yg ikut demo2, muka2 lu bakal dipajang di berbagai perusahaan dan bisa diblacklist. Welcome to the real world emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Werewolfvez dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:45
adik2ku berprestasilah karena hanya dengan hal itu aspirasi yang kalian suarakan akan berbuah hasil. prestasi, pintar, jadi Wakil Rakyat, mangan lupakan idealisme dan semangat kesejehtaraan yang kalian suarakan... bukan dengan sikap barbar dan tidak berpendidikan seperti itu .
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:46
Liat videonya asli gk tega liat sama denger jeritan pak polisinya..
Cing eta "oknum" pelaku nu ngalung plastik bensin ketangkep gk ujungnya?
Mahasiswa na pasti bisa" DO udah malu"in almamater ini mah
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:46
Quote:Original Posted By vitawulandari
Gue ada nih videonya, gila sih ini. Mahasiswa tapi kelakuannya barbar emoticon-Nohope

{thread_title}


Innalillahi..
Merinding. emoticon-Takut (S)

Gak ketolong emoticon-Frown
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:47
Ikan BAKAR Cianjur berasal dari Cianjur, polisi terBAKAR ada di Cianjur
profile-picture
profile-picture
anto2310 dan gabener.edan memberi reputasi
1 1
0
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:48
Hedehhh msh mahasiswa kok demo soal lapangan kerja, mankxa situ sdh kerja kh? Klo mau dpt lapangan kerja yg bagus ya belajar yg baik, belajar jng krn mau ujian tp belajar untuk mengasah skil ilmu n keterampilanmu. Klo km demo gk ad untungxa buang2 waktu n tenaga lbh baik waktu demo km pakai belajar n asal ilmu dng baik agar stlh lulus kuliah nnt bs dpt pekerjaan yg bagus sesuai bidangmu. Kuliah aj sering nitip absen mau nyuarakan soal lapangan kerja yg sdkt.. Situ waras.
profile-picture
profile-picture
zoelzing1 dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Kronologi 3 Anggota Polisi Cianjur Terbakar saat Amankan Unjuk Rasa
16-08-2019 08:48
kasian anjir polisi kaya gini mah disiram, aturan mah yg buncit2 korup aja tuh emoticon-Hammer (S)
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia