tokoalshopAvatar border
TS
tokoalshop
Salah Hitung, Anggaran Formula E Jadi Rp360 Miliar
Nur Azizah,Rabu,14 Agustus 2019 07:30
Quote:

Jakarta:Anggaran penyelenggaraan ajang balap mobil Formula E bertambah menjadi Rp360 miliar. Dalam pembahasan sebelumnya, penyelenggaraan Formula E hanya dialokasikan sebesar Rp340 miliar.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana mengaku terdapat kesalahan dalam penghitungan biaya penyelenggaraan. Sebab, mata uang yang dikonversi ke dalam rupiah ialah poundsterling, bukan dolar Amerika Serikat (USD).

"Jadi anggaran untuk Formula E disetujui besarannya Rp360 miliar. Sudah disetujui bersama, tinggal diajukan ke paripurna pembahasan raperda anggarannya,"kata Triwisaksana di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.

Triwisaksana berharap tidak ada halangan untuk mengesahkan anggaran tersebut pekan depan. Dia berdoa ajang balap internasional ini memberikan dampak besar terhadap ekonomi Jakarta.

"Bisa menarik pengunjung untuk datang ke Jakarta dan ini mendapat feedbackpendapatan bagi daerah," ucapnya.

Untuk menjadi tuan rumah Formula E, Pemprov DKI Jakarta harus menyediakan biaya sedikitnya USD24,1 juta atau sekitar 20 juta poundsterling. Bila dikonversi ke rupiah, maka Pemprov DKI harus merogoh kocek sebanyak Rp345,03 miliar.

"Semua penyelenggaraan, apakah MotoGP, F1, Piala Dunia, kalau ingin menjadi tuan rumah ada komitmen atau biaya yang harus dikeluarkan oleh penyelenggara," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Menurut Anies, aturan ini juga berlaku pada semua perhelatan internasional, seperti Asian Games 2018. Saat menyelenggarakan pesta olahraga terbesar di Asia itu Indonesia wajib membayar pada Organisasi Olimpiade Asia.

"Justru itu dilakukan agar kita bisa merasakan manfaat ekonomi karena pembangunan dilakukan di sini. Paling banyak dihabiskan di Jakarta dan kita membutuhkan itu," ucap dia.

Mantan Mendikbud ini menjabarkan untuk ajang MotoGP setidaknya butuh biaya sekitar USD7 juta hingga USD9 juta. Lalu biaya penyelenggaraan Formula 1 sekitar USD29,4 juta, dan termahal Piala Dunia sekitar USD11,6 miliar.

"Memang ada biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi kita tahu perekonomian pertumbuhan perekonomian kita sedang turun. Kita perlu kegiatan yang menggerakkan perekonomian," tgas dia.

Kepastian Jakarta menggelar Formula E sempat diumumkan Anies bulan lalu. Hal itu ia sampaikan setelah menghadiri acara World Cities Summit di Medellin, Kolombia.

Formula E merupakan turnamen balapan terpopuler kedua setelah Formula 1. Bedanya, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik dan diadakan di sirkuit jalan raya.

Editor : Husen Miftahudin
sumber

Anggarannya salah hitung,malah nambah 20M.

Gk kerasa lah,kan anggaran DKI bejibun.
Apalagi Anies bilang ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Diubah oleh tokoalshop 15-08-2019 03:08
shotgunBlues
nouze23
dafdiv11
dafdiv11 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
17.6K
298
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.