ranttalkerAvatar border
TS
ranttalker
Sidney Jones : Kelompok Teroris JI Mulai Lirik Jalur Politik di Indonesia
Bisnis.com, JAKARTA--Kelompok teroris Jamaah Islamiyah, JI, disinyalir mulai mengikuti strategi politik seperti yang dilakukan ormas Front Pembela Islam atau FPI. Langkah JI itu dimaksudkan untuk memuluskan rencana mereka membangun negara khilafah di Indonesia.

Director Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC) Sidney Jones mengemukakan FPI berhasil memberikan contoh bagi JI agar menggunakan jalur politik dan advokasi sebagai salah satu upaya.

Baca Juga : Polri : Lembaga Amal Milik Teroris Lebih Dominan Disebarkan Lewat Media Sosial
Menurut Sidney Jones, kelompok teroris JI sudah sadar aksi kekerasan menggunakan bom tidak lagi relevan di Indonesia, karena itu JI mulai mematangkan kadernya untuk mengikuti jejak FPI.

"FPI kini sudah lebih berhasil mendorong penerapan syariah daripada organisasi jihadis yang pakai kekerasan. JI sudah mulai melihat itu dan mulai mengikutinya serta mulai menghindari kekerasan," tutur Sidney Jones kepada Bisnis, Selasa (13/8/2019).

Baca Juga : PPATK Bantu Polri Telusuri Aset Teroris Jamaah Islamiyah
Kendati tidak setuju dengan aksi kekerasan, hingga saat ini kelompok teroris JI, menurut Sidney Jones, masih belum berhenti mengirimkan kadernya ke Suriah untuk mendapatkan keterampilan militer.

"JI melihat latihan perang atau idad itu sebagai sesuatu yang sangat penting, maka dari itu, JI tetap mengirimkan kadernya ke Suriah," kata Sidney Jones.

Baca Juga : Peta Basis Kekuatan Teroris Jamaah Islamiyah dari Jawa hingga Papua Barat
Sidney berpandangan organisasi teroris JI memiliki strategi jangka panjang hingga 25 tahun ke depan, karena itu kelompok JI lebih memilih untuk melakukan infiltrasi politik daripada menggunakan bom meneror masyarakat.

"JI menganggap Indonesia saat ini tidak layak untuk berperang, karena itu strategi yang dipilih JI adalah melakukan infiltrasi politik," ujarnya.

https://www.google.com/amp/s/m.bisni...k-di-indonesia

Sudah siap menjadi khilafah?
0
1.5K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.