News
Batal
KATEGORI
link has been copied
107
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d54b85c349d0f7b555af0ef/surya-paloh-indonesia-kini-negara-kapitalis-yang-liberal
Menurut Surya Paloh realitas di Indonesia saat ini bertentangan dengan Pancasila. Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menyebutkan bahwa sistem bernegara Indonesia menganut sistem kapitalis yang liberal. Surya Paloh mengatakan itu saat memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, yang bertajuk "Tantangan Bangsa Indonesia Kini dan Masa Depan". "Ket
Lapor Hansip
15-08-2019 08:41

Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal

Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal

Menurut Surya Paloh realitas di Indonesia saat ini bertentangan dengan Pancasila.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menyebutkan bahwa sistem bernegara Indonesia menganut sistem kapitalis yang liberal. Surya Paloh mengatakan itu saat memberikan kuliah umum di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, yang bertajuk "Tantangan Bangsa Indonesia Kini dan Masa Depan".

"Ketika kita berkompetisi (pilpres dan pilkada), wani piro. Saya enggak tahu lembaga pengkajian UI ini sudah mengkaji wani piro itu saya enggak tahu, praktiknya yang saya tahu money is power, bukan akhlak, bukan kepribadian, bukan attitude, bukan juga ilmu pengetahuan. Above all, money is power," kata Surya Paloh, di Jakarta, Rabu (14/8).

Artinya, lanjut dia, sebenarnya Indonesia malu-malu kucing untuk mendeklarasikan sebagai negara kapitalis yang liberal. "Kita ini malu-malu kucing untuk mendeklarasikan Indonesia hari ini adalah negara kapitalis, yang liberal, itulah Indonesia hari ini," jelasnya.

Tokoh nasional ini pun menyayangkan sistem politik yang cenderung kapitalis dan liberal di Indonesia, di mana tidak mendapat perhatian oleh para akademisi. Padahal, realitas di Indonesia saat ini bertentangan dengan Pancasila.

"Tidak ada pengamat, lembaga penelitian dan lembaga ilmiah tidak memperhatikan. You tahu enggak bangsa kita ini adalah bangsa yang kapitalis hari ini. You tahu enggak bangsa kita ini bangsa yang sangat liberal hari ini. Ngomong Pancasila, mana itu Pancasila. Tanpa kita sadari juga, kalau ini memang kita masuk dalam tahapan apa yang dikategorikan negara kapitalis," paparnya.

Menurut dia, saat ini Indonesia terlalu bersahabat dengan pragmatisme transaksional. "Kita bertikai satu sama lain. Kita dekat dengan materialistik, kita bersahabat dengan pragmatisme transaksional, kita pakai jubah nilai-nilai religi, tapi kita sebenarnya penuh hipokrisi (munafik)," tuturnya.

Di hadapan civitas akademi UI, Surya juga mempertanyakan apakah masyarakat Indonesia mampu mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini karena sistem yang tumbuh dan berkembang adalah non-Pancasila. "Ada ideologi baru yang ditawarkan, entah apa bentuknya, saya minta penelitian dari UI," ujarnya.

kolam

Gak nyangka dibalik kumis brewoknya tersimpan pemikiran yang jujur cerdas. 100% benar dan fakta bahwa indonesia sekarang adalah negara kapitalis liberal, mereka yang koar2 saya bhinneka pancasila sejatinya adalah gerombolan koruptor yang sudah menggarong uang rakyat, menjual aset2 negara demi kenyangkan perut dan mulut busuk mereka sendiri, gerombolan antek2 komunis dan antek2 liberal yang tidak suka islam yang merupakan mayoritas di indonesia yang selalu menghalangi aksi busuk mereka.


Sistim Perekonomian Pancasila Menurut UUD 1945


Bonus: Para Pejuang Pancasila

Diubah oleh herberthus
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kimjongos dan 19 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 12:54
intinya kalau lagi males , di buat kompetisi ,

kalau sudah " bablas " , baru di rem
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 13:13
Kapitalis liberal udah terbukti berhasil, semua negara maju pake itu, ini sok2an bikin2 sistem baru emoticon-Big Grin
profile-picture
greedaon memberi reputasi
1 0
1
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 13:15
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan cipokan.yuk memberi reputasi
2 0
2
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 13:22
MENGGELIKAN
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 13:23
sistem yg masih bertahan kan itu jadi mau gmana lagi emoticon-Traveller
profile-picture
greedaon memberi reputasi
1 0
1
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 13:24
kami, dan segenap warga sekitar mengucapkan













































































BODO AMAAT!!!
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
Lapor Hansip
15-08-2019 13:34
Balasan post youdoyouknow
@KaptenNeptunus @Zudah @youdoyouknow poin ane bukan anti pancasila, coba dibaca lagi. ANe jg ga sepakat khilafah ala HTI. Tp faktanya kehidupan bernegara kita masih jauh dr pancasila. Dan diakui atau enggak pancasila saat ini juga dijadikan komoditi utk jualan politik, sbgmn kita sering ngatain kubu sebelah jualan agama buat politik.
profile-picture
KaptenNeptunus memberi reputasi
1 0
1
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
Lapor Hansip
15-08-2019 13:52
Balasan post BP.BOSS
Quote:Original Posted By BP.BOSS
emoticon-fuck manusia2 munafik yang koar2 pancasila, mereka pantas disebut bajingan paok

emoticon-Om Telolet Om! digilas mati aja pelakunya !!!


mereka cuma budak2 penjilat majikan kapitalis
sudah ada sejak jaman penjajahan belanda Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
Lapor Hansip
15-08-2019 13:52
Balasan post tanah.liat
@datalkDasar Antek Wahabi salafi syiah sunni Ikhwan Ukhti Akhwat Ahlan wa sahlan
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 13:57
Jadi maunya apa? Kim Jong un jadi president? Boleh yuk!!!

Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
profile-picture
greedaon memberi reputasi
1 0
1
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 14:02
kata the plongo "bukan urusan saya"
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 14:49
bravo dah buat om bewok bilang money is above all. sesuai kenyataan jaman sekarang.

terlebih rakyat2nya terlalu cupu soal politik. lah masa iya pemimpin pemerintah dielu elukan dan dibela apapun yang terjadi. yang jadi lawan dibully habis2an dari kedua belah pihak.

rakyatnya lupa bahwa bossnya itu rakyat itu sendiri, bukan pimpinan.
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 15:10
aku mencium aroma penantang di 2024
:cheer:
profile-picture
sesova memberi reputasi
1 0
1
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 15:14
Rakyat hanya jadi kacung politikus, membela mati matian politikus sampe berantem sesama keluarga, teman, tetangga, dll, tpi sang politikus malah vlog nyantai dan menikmati hidup emoticon-Leh Uga
profile-picture
xscope memberi reputasi
1 0
1
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 15:51
Hipocrisy ...
Apa mungkin lebih tepat disebut hippocrit, yah ? Hippo (dobel p) ===> Kuda nil. Masuk jenis kuda tapi doyan berendam di air. emoticon-Big Grin
Itu kemudian pada ranah sosial, tidak terlepas dari keberadaan ... snob, atau di kalangan sini aja mungkin dikenal dengan sebutan "mental priyayi" (yang dipakai konotasi negatifnya). Dan tentunya tidak terlepas pula dari keberadaan kaum penjilat ... ;D

Namun itupun semata timbul juga ketika suatu kondisi tercipta ...
Ketika ketimpangan terjadi (oleh berbagai sebab dan itu sudah sampai pada ranah survival), dimana kemudian pihak yang diuntungkan kemudian "masuk" pada "god complex" (terkait keberadaan para hipokrit itu) , sedangkan pihak yang tidak diuntungkan kemudian terbagi, antara yang kemudian berusaha mengambil hati pihak yang diuntungkan (entah itu mungkin karena panggilan hati nurani atau karena terpaksa agar tetap bisa survive), sebagian lagi dalam keinginannya untuk survive kemudian berusaha mengadakan "perlawanan" (entah itu dengan cara berusaha membalik keadaan, atau berusaha memposisikan diri entah dengan cara bagaimana agar bisa berada pada posisi yang menguntungkan), sebagian lagi terima nasib apa adanya, dan sebagian lagi (yang mungkin sangat kecil persentasenya) ... berusaha mengamati/mempelajari kondisi itu dan mengambil pelajaran darinya (dimana itu kemudian digunakan, entah itu dalam menyikapi kondisi tersebut sebijak mungkin atau kemudian pelajaran itu diturunkan kepada generasi selanjutnya bilamana hal serupa menimpa pada diri mereka).
Diubah oleh bingsunyata
profile-picture
ruuuruuu memberi reputasi
1 0
1
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 16:25
Wah wah wah, kayaknya sebentar lagi om bewok bakal ikutan parade cosplay 212 nih...wkwkwkwk. Apalagi muka pas, udah brewokan

Welcome to the Lastcar!!

emoticon-Belgia emoticon-Traveller
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 16:50
Saya bukan ahli ekonomi, bukan jg ahli politik.

Cm saya pikir kalau yg bisa mewakili ekonomi pancasila itu mungkin ya bentuk usaha koperasi.

Tmn2 yg pinter bisnis, kalau bisa buka koperasi. Bantu tmn2 lain yg punya lahan, yg mau kerja, dll, tp ga pinter bisnis.

Kalau ane sih, paling ga bisa bisnis. Bakat karyawan doang.
profile-picture
bangsutankeren memberi reputasi
1 0
1
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 17:59
Quote:Original Posted By fuckinghandsome
Ekonomi syariah yang digagas kyai ma'ruf amin adalah solusi nya.
bagi anjing-anjing penyembah penista agama pasti ga mau terima berbagai bukti keberhasilan ekonomi syariah dalam membangun Indonesia


Quote:Original Posted By fuckinghandsome


ya nanti kamu liat saja Oktober ketika beliau sudah dilantik.
jangan mewek ya, kalo ga suka ekonomi syariah mending minggat aja dari Indonesia.
pergi ke gurun gobi sana.



Ekonomi syariah cm alternatif doang alias wadah buat orang yg ga percaya sm sistem ekonomi konvensional. Klopun kiai ma'ruf amin dah jd wakil presiden bukan berarti sistem ekonomi konvensional gak ada ....emoticon-Wakaka

Jd jgn salah faham lo tong ,
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
Lapor Hansip
15-08-2019 18:27
Balasan post Ultramen.T
Yap, rasa saling percaya itu yang sepertinya perlu dikuatkan lagi di negara kita.

Tapi juga sistem pengawasan mesti dibuat bagus.
0 0
0
Surya Paloh: Indonesia Kini, Negara Kapitalis yang Liberal
15-08-2019 18:41
hipokrit sejati brewok ini
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia