wismangan
TS
wismangan
Tak Hanya Jakarta, Ini 10 Kota dengan Polusi Terburuk di Indonesia


KOMPAS.com — Berdasarkan data www.airvisual.compada Selasa (13/9/2019) siang, setidaknya ada sepuluh kota di Indonesia yang memiliki tingkat kualitas udara terburuk.

Hingga pukul 12.30 WIB, data dari AirVisual menunjukkan bahwa kota-kota yang memiliki kualitas udara buruk tersebut mempunyai tanda merah yang artinya tidak sehat.

Uniknya, kota Jakarta yang sempat diberi predikat sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di Indonesia tidak masuk dalam urutan tersebut karena tercatat dengan kualitas udara 114.

Walaupun begitu, tingkat kualitas udara di Jakarta tetap dianggap tidak sehat bagi orang yang sensitif akan udara yang buruk.

Seperti diberitakan dalam Kompas.com, Selasa (13/8/2019), pagi tadi kota Jakarta sempat menyentuh tingkat kualitas udara di angka 160, yang artinya tidak sehat bagi semua orang.

Kesepuluh kota yang memiliki kualitas udara terburuk di Indonesia ialah Pontianak, Palangkaraya, Balai Pungut, Pemangkat, Singkawang, Sungai Raya, Tangerang Selatan, Rangkasbitung, Pandeglang, dan Pekanbaru.

Posisi pertama yang menduduki kota dengan polusi terburuk siang tadi adalah Pontianak. Kota yang berada di Provinsi Kalimantan Barat tersebut menduduki posisi pertama kota yang memiliki kualitas udara terburuk di Indonesia dengan angka kualitas udara sebesar 191.

Artinya, kota tersebut ditandai dengan warna merah yang berarti tidak sehat.

Tak hanya Pontianak yang ditandai dengan warna merah. Kesembilan kota lain juga mendapat tanda sama.

Kota kedua adalah Palangkaraya. Kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah tersebut tercatat memiliki tingkat kualitas udara sebesar 182.

Posisi ketiga kota dengan udara terburuk di Indonesia adalah Balai Pungut. Kota ini terletak di Provinsi Riau dan memiliki tingkat kualitas udara sebesar 168.

Posisi keempat hingga keenam ditempati oleh kota-kota yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, yakni Pemangkat, Singkawang, dan Sungai Raya.

Ketiga kota tersebut memiliki tingkat kualitas udara sebesar 165, 164, dan 164.

Tiga kota setelahnya ditempati oleh kota-kota yang berada di Provinsi Banten, yakni Kota Tangerang Selatan, Rangkasbitung, dan Pandeglang. Ketiga kota tersebut mempunyai tingkat kualitas udara sebesar 161, 155, dan 154.

Terakhir, kota kesepuluh dengan tingkat polusi tinggi adalah Pekanbaru. Kota ini terletak di Provinsi Riau dan tercatat memiliki tingkat kualitas udara sebesar 154.


https://nasional.kompas.com/read/201...donesia?page=2

Parah bgt
Diubah oleh KASKUS.HQ 15-08-2019 00:21
danQesayabaik46koi7
koi7 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
6.8K
69
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.