alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d524bda6df2312c94429979/unik-kuliner-indonesia-ini-berbahan-dasar-jeroan
Lapor Hansip
13-08-2019 12:34
Unik! Kuliner Khas Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Past Hot Thread
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Halo, Agan dan Sista. Ketemu lagi di trit ane. Kalo berbicara kuliner indonesia, memang tidak ada matinya. Begitu cerdasnya bangsa kita, jeroan yang sebagian orang dianggap menjijikkan, karena memang tempat kotoran, bisa disulap jadi makanan yang mampu membuat kita mengangkat jempol, sambil bergoyang lidah.

Dicampur dengan rempah-rempah khas nusantara, menambah kecintaan kita terhadap warisan kuliner bumi pertiwi.

Berikut ini kuliner khas indonesia yang berbahan dasar jeroan.

1. Sate Usus
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Usus ayam bisa menjadi makanan yang lezat jika diolah dengan cara yang tepat. Salah satunya dijadikan sate. Menggunakan bumbu ungkep kuning atau bumbu bacem, sate usus dimasak terlebih dahulu. Kemudian digoreng atau bisa langsung disajikan. Selain dibuat sate, usus ayam juga dapat dijadikan keripik, rasanya yang gurih cocok untuk dijadikan camilan atau lauk pendamping nasi.

2. Paru Goreng
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Paru sapi adalah salah satu jetoan memiliki banyak penggemar. Memiliki tekstur yang halus, kenyal, dan aroma yang tidak menyengat. Sebelum diolah sebaiknya paru direbus dulu dengan rempah-rempah, untuk menghilang bau dan supaya empuk. Setelah direbus, diolah lagi dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Baru kemudian paru dapat digoreng.

3. Soto Babat
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Jeroan yang digunakan adalah bagian babat sapi. Babat adalah bagian yang berasal dari lambung hewan. Soto babat disajikan dengan irisan tomat, daun bawang, dan kerupuk emping. Untuk kuah, Agan dan Sista bisa memilih, mau berkuah bening atau bersantan.

4. Momoh Kendal
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak. Yup, kuliner ini berasal dari Kendal, Jawa tengah. Berbahan dasar jeroan sapi atau kepala dan kaki kambing. Dicampur dengan racikan bumbu-bumbu dan rempah pilihan, makanan yang satu ini diyakini dapat meningkatkan stamina, terutama kaum adam.

5. Gulai Tambusu
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Berasal dari Padang, Sumatra Barat. Gulai Tambusu adalah usus sapi yang didalamnya berisi tahu, telur dan bumbu-bumbu. Rasanya yang pedas dan gurih, dicampur dengan kuah gulai, cocok untuk menemani sepiring nasi hangat.

6. Bacem Jeroan Sapi
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Bagi penggemar jeroan, kuliner ini patut dicoba. Rasanya yang legit dan gurih ditambah teksturnya yang khas, membuat makin nagih. Jeroan yang dipilih haruslah benar-benar segar, supaya tidak mengubah rasa dan bau.

7. Nasi Goreng Piritan
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan
Sumber gambar Di sini

Berasal dari Jawa Barat. Berbahan dasar nasi dan jeroan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan mas. Jeroan ikan dibersihkan, kemudian digoreng setengah kering. Di racik dengan bumbu-bumbu, kemudian masukkan nasi, dimasak seperti nasi goreng pada umumnya. Disajikan dengan irisan timun, irisan tomat dan kerupuk.


Kuliner selalu berinovasi memenuhi tantangan zaman, tapi warisan leluhur harus tetap kita jaga kelestariannya.


Sampai berjumpa lagi, di trit ane berikutnya. Terima kasih atas apresiasinya. Selamat beraktifitas.
Diubah oleh iissuwandi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azid12353 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 11 dari 14
14-08-2019 14:21
Quote:Original Posted By lina.wh
No 5, menggoda...


emoticon-Peluk
0
14-08-2019 14:22
Quote:Original Posted By michaelmike1794
meskipun jeroan, ttp mantul ye kan gan... mantul nih thread inspiratif dan informatif gini gan...
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Istimewa pokonya. Terima kasih, Gan. Sudah mampiremoticon-Angel
0
14-08-2019 14:23
Quote:Original Posted By pinknam00
Favorit ane kripik usus sama sate usus, hati ayam goreng emoticon-Wowcantik emoticon-Genit


Emang endezz, Sis. Juaraemoticon-I Love Indonesia
0
14-08-2019 14:23
Quote:Original Posted By InaSendry
bikin ngiler semua. awas kalap 🤣🤣🤣


Hoohemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0
14-08-2019 14:24
Quote:Original Posted By priamuda69
Buat ane... usus sapi gan yummy emoticon-Leh Uga


Mantap, Gan
profile-picture
priamuda69 memberi reputasi
1
14-08-2019 14:25
Quote:Original Posted By be46
Hanya di +62 daleman aka jeroan diolah jadi makanan wkwkw


Cerdazemoticon-Coolcool
0
14-08-2019 14:25
Quote:Original Posted By keylakey
Aaaa sate usus😍 Jadi pengenn


Yuk, meluncuremoticon-Ngacir2
0
14-08-2019 14:26
Quote:Original Posted By Kaskus3010
Kalo sate usus mah masih enak apalagi usus gorengnya pecel ayam wkwkkwk tapi kalo jeroan jeroan lainn gaa berani anee dan belum pernah coba, gaberani coba jugaa karena udah ngebayangin duluan sebelum dimakan hahahaha apasihh emangg rasanya tuh jeroan jeroan yg lain selain usus wkwkkwkwk


Padahal enak, lho, Ganemoticon-Ngakak
0
14-08-2019 14:27
Quote:Original Posted By brunomydog
gak ada coto makassar
padahal di coto makassar smua jeroan ada
Unik! Kuliner Indonesia Ini Berbahan Dasar Jeroan


Terima kasih sudah mampir. Next trit semogaemoticon-Malu
0
14-08-2019 14:28
Quote:Original Posted By brunomydog
Bner hu @priamuda69
Tmen nubi di blanda mau beli jeroan buat diolah dan di konsumsi sndiri
Malah di bilangin ama yg jual "ini buat dogy ny yah??"
Dari pada panjang x lebar tmen nubi iya in aja dan cepet2 pulang
emoticon-Shutup


Memang kalo di luar negeri dianggap sampahemoticon-Mewek
0
14-08-2019 14:29
Quote:Original Posted By nowbitool
Di inggris juga ada santapan jeroan. Jeroan domba. emoticon-Leh Uga

Makanan yg disebut puding malah awalnya pakai bahan dasar darah ternak emoticon-Cool


Baru tau ane, Gan. Awal bahan dasar puding
0
Lihat 1 balasan
14-08-2019 14:30
hmm koless
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
14-08-2019 14:30
Quote:Original Posted By iissuwandi
Yuk, meluncuremoticon-Ngacir2


Capp cuzz gass
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
14-08-2019 14:51
Quote:Original Posted By dhikapradana
Nice thread gan...
Indonesia emang luar biasa, jeroan aja bisa dimasak jadi sedemikian rupa dan enak enak banget...


emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
Lapor Hansip
14-08-2019 15:18
Balasan post iissuwandi
Quote:Original Posted By iissuwandi


Baru tau ane, Gan. Awal bahan dasar puding


Darah yg dibekukan bisa jadi santapan... Malah klo di panduan survival minum darah buruan bisa jadi pengganti garam yang hilang dalam tubuh...
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
14-08-2019 15:59
Quote:Original Posted By nowbitool
Darah yg dibekukan bisa jadi santapan... Malah klo di panduan survival minum darah buruan bisa jadi pengganti garam yang hilang dalam tubuh...


emoticon-Takutemoticon-Takut
0
14-08-2019 21:12
sate usus mah wajib banget gan kalo lagi makan bubur ayam di Pagi Hari emoticon-Genit
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
15-08-2019 04:32
semuanya dari jeroan, asal makanya jangan kebanyakan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
15-08-2019 09:16
sate usus?
cinta banget deh sama makanan yang ini hahha
ENAKKKK BANGET!!jreenggg…seketika mata melek kalau bahasan topic threadnya tentang makanan. HAHAHHA, Namanya juga ane hobi makan gan-sis, jadi yaw ajar yang dibuka topiknya kuliner melulu. MAKASIH banyak gan rekomendasinya ya dan jadi tambah wawasan tentang kuliner nih hahaha..MAKIN semangat untuk masak di dapur juga deh, karena habis baca thread agan ini, seketika nyari resepnya buat dicoba di dapur ajaib ane gan, MANTUL kan? jeroan pun disulap punya nilai mata uang hahahhaa

emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
iissuwandi memberi reputasi
1
15-08-2019 13:02
Quote:Original Posted By Madnesss
sate usus mah wajib banget gan kalo lagi makan bubur ayam di Pagi Hari emoticon-Genit


Sama temennya tu, Gan. Sate telur puyuh, sempurna dah menunyaemoticon-Peluk
0
Halaman 11 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.