• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia, Asli Bikin Bangga.!!

fanniajahAvatar border
TS
fanniajah
7 Makanan Khas Indonesia Yang Sudah Mendunia, Asli Bikin Bangga.!!


Bicara tentang apa yang membuat kita bangga jadi warga negara Indonesia itu sangat banyak ya gan. Mulai dari kekayaan alamnya yang melimpah, gunung gunung yang menjulang tinggi, keaneka ragam budaya, atau makanan Nusantara yang khas dengan bumbu rempahnya dan masih banyak lagi.

Nah pada thread ane kali ini, ane mau membahas makanan khas Nusantara yang buat kita bangga sebagai warga Negara Indonesia.


1. Bakso
sumber gambar

Bakso adalah makanan sejuta umat di Indonesia, bagaimana tidak. Ada yang dijual harga sepuluh ribuan oleh abang abang gerobak, atau dijual dirumah makan yang bisa dibilang mewah. Harganya pun bervariasi sesuai tempat dan rasa dari bakso itu sendiri. Bakso menjadi salah satu makanan kebanggaan kita, bisa dibilang menu andalan ketika sedang bosan dengan makanan lain karna tampilanya yang menggugah selera. Seiring perkembangan zaman kini penjual bakso telah membuat berbagai macam bakso dengan kreativitasnya. Seperti bakso telor, baso beranak, baso mercondan masih banyak lagi.


2. Gado gado

sumber gambar

Gado gado adalah makanan khas dari Jawa yang berbahan dasar dari berbagai sayuran yang direbus dan dilengkapi dengan lontong yang dibumbui dengan saus kacang yang gurih dan khas. Gado gado juga disebut sebagai saladnya Indonesia. Dan tahukah agan dan sista.? Bahwa Gado gado pernah menjuarai dalam perlombaan memasak tingkat Internasional di Napoli pada tahun 2010, dalam kategori tampilan sajian estetika.
Maka dari itu gado-gado menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang semakin dikenal dunia.


3. Rendang

sumber gambar

Rendang, makanan ini dimasak dengan berbagai macam rempah asli Indonesia dan di masak selama berjam jam agar tekstur daging mencapai kematangan yang sempurna. Rendang, makanan khas dari Sumatra barat ini memang sudah mendunia dari bebedapa tahun lalu, apalagi masakan yang berbahan dasar daging ini pernah menduduki posisi teratas dari 50 makanan terlezat di Dunia versi CNN Internarional pada tahun 2011. Dan pada tahun 2017
Maka tidak heran jika rendang menjadi menu resaurant favorit di salah satu hotel di Jerman dalam rangka kuliner masakan asli Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Jerman Indonesia.

Quote:



4. Soto

sumber gambar

Soto juga makanan Nusantara yang khas dengan bumbu dapurnya, berbahan dasar dari beberapa sayuran dan daging atau ayam dilengkapi sambal dan kerupuk melinjo menjadi perpaduan tepat untuk dijadikan makanan lezat. Yang lebih unik lagi soto punya ciri khas masing masing dari setiap daerah asalnya. Artinya ada beberapa macam soto di Indonesia, ada yang kuah bening, kuah santan atau kuah yang dibumbui tauco, selain dari kuah isinya pun berbeda. Dan ternyata soto adalah menu dari nusantara yang selalu hadir dalam acara festival makanan di Jepang yang diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam komunitas PPIJ-Komsat Ibaraki, oleh karena itu Soto dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang.


5. Sate

sumber gambar

Makanan Nusantara yang sudah mendunia selanjutnya ada sate. Sate, tusukan daging yang dipotong dadu lalu dibakar, daging ayam atau daging kambing bisa juga hewan daging lainya. Di Indonesia ada beberapa macam sate, seperti Padang, sate Tegal, dan biasanya yang paling banyak dicari adalah sate Madura. Buka hanya masyarakat Indonesia saja, rupanya sate sudah punya penggemar sendiri dari luar negri.

Di sebuah bazar International yang berlangsung di Tiongkok pada tahun 2013 lalu, sate telah habis terjual oleh pengunjung setempat. Bahkan acara tersebut juga menyediakan kuliner dari berbagai negara, tapi kuliner dari Indonesia memiliki daya tarik tersendiri. Terbukti, pada tahun 2017 CNN International telah merilis daftar 50 makanan terenak di dunia. Dan sate Indonesia menempati urutan ke 14 sebagai 50 makanan terenak di dunia. Menurut ane, kunci kelezatan sate ini dari bumbu kacangnya yang gurih dan ada manis manisnya.



6. Nasi goreng

sumber gambar

Pada ajang World Expo Shanghai China 2010, nasi goreng diikut sertakan sebagai makanan asli dari Indonesia dan tahukah agan bahwa nasi goreng mampu menghabiskan 700 prosi dalam sehari pada saat itu. Lewat ajang perlombaan masak bertaraf International ini, nasi goreng jadi semakin dikenal oleh dunia.

Dibeberapa negara luar memang ada juga nasi goreng, namun nasi goreng dari Indonesia ini memiliki cita rasa yang lebih kuat dari bumbunya sehingga nasi goreng dari Indonesia banyak digemari oleh masyarakat luar. Salah satunya Shane Filan, salah satu personil Westlife, ia sangat menyukai kuliner khas Nusantara ini. Dan seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa Presiden Amerika ke 44, Barack Obama juga sangat menyukai nasi goreng Indonesia.


7. Mie instan

sumber gambar

Selanjutnya ada makanan dalam bentuk kemasan, yaitu mie instan. Siapa yang tidak suka dengan mie instan, rasanya hampir semua orang sangat suka dengan mie instan yah gan. Selain rasanya yang buat ketagihan, praktis dan ekonimis juga menjadi alasanya. Di negara kita tercinta ada produk mie instan yang menjadi andalanya, bahkan sangkin enaknya mie instan ini sudah diekspor hampir keseluruh dunia loh gan dan. Dari beberapa negara tersebutpun masing masing punya iklan versinya sendiri.

Quote:


Hingga kini menurut World-Grain.com, Pt.Indofood yang memproduksi mie instan tersebut menjadi produsen mie instan terbesar di dunia karna sangkin populer dan larisnya mie instan ini. Sedangkan menurut RamenRater.com yang melakukan survey, mengakui bahwa mie instan dari Indonesia ini menjadi mie instan dengan citarasa terlezat.


Dan masih banyak lagi makanan khas Nusantara yang disukai oleh masyarakat luar, seperti pempek, gorengan, sop buntut dll. Jadi diantara maraknya makanan luar yang dijual disini, ane si lebih bangga dengan makanan asli Nusantara yang ber aneka ragam dan nikmat tentunya. Ya boleh boleh saja jika kita menyukai makanan luar negri seperti, Jepang, Korea, Itali tapi jangan lupa dengan makanan khas dari negri sendiri yah..


Quote:


feliia
bedypop
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.8K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.