alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.92 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d51151a9a972e345e5edd88/kreneng-pembungkus-daging-kurban-yang-ramah-lingkungan
Lapor Hansip
12-08-2019 14:28
Kreneng Pembungkus Daging Kurban Yang Ramah Lingkungan
Past Hot Thread
Kreneng Pembungkus Daging Kurban Yang Ramah Lingkungan


Assalamualaikum, Gansist. Apa kabar?

Udah nyate belum Gansist? Wiiih Idul Adha kagak nyate berasa kurang afdol gitu, yak?

Bedewey Gansist, ngomongin Idul Adha ane jadi kepikiran masalah sampah plastik. Kenapa? Karena di setiap pembagian daging hewan kurban kebanyakan menggunakan kantong kresek. Iye kan?

Seperti yang kita tahu ya Gansist bahwa sampah plastik itu sulit terurai di dalam tanah, butuh waktu bertahun-tahun lamanya. Kali ini ane mau memperkenalkan pembungkus daging kurban yang ramah lingkungan yaitu kreneng. Selain menggunakan kreneng juga menggunakan daun jati sebagai alasnya.

Kreneng ini terbuat dari bambu, menjadikannya ramah lingkungan. Sudah empat tahun, warga di desa ane menggunakan kreneng sebagai pembungkus daging kurban. Dan Alhamdulillah sekarang banyak warga di desa sekitar juga mengikuti jejak kami.

Saat malam takbir, ibu-ibu di desa ane bergotong-royong membuat kreneng, ada yang bertugas mengeblek dan ada juga yang mengenam. Tali yang akan digunakan untuk membuat kreneng merupakan hasil sumbangan dari warga di desa ane, Gansist.

Kreneng Pembungkus Daging Kurban Yang Ramah Lingkungan

Sekarang ane mau kasih tau cara bikin kreneng ini, Gansist. Membuat kreneng memiliki tiga tahapan, yang pertama ngirat, kedua ngeblek dan ketiga ngenam.

Nah sekarang ane jelaskan satu per satu.

1. Ngirat.

Bahan yang digunakan adalah pisau dan bambu. Bambu yang digunakan sebaiknya menggunakan bambu apus. Karena tidak memakai jenis bambu yang lain? Karena kalau memakai bambu apus talinya ulet Gansist, jadi tidaak mudah patah.

Potong bambu sesuai ukuran, lalu buang kulitnya. Setelah itu belah menjadi tipis-tipis, seperti gambar di bawah ini.

Kreneng Pembungkus Daging Kurban Yang Ramah Lingkungan

2. Ngeblek

Setelah ngirat langkah berikutnya adalah ngeblek atau menganyam. Seperti menganyam pada umumnya.

Caranya adalah ambil sepuluh tali lalu di jejer, setelah itu ambil ambil tali ke 2, 4, 6, 8, dan 10, sisipkan satu tali. Selanjutnya ambil tali ke 1, 3, 5, 7, 9, sisipkan lagi satu tali. Ulangi langkah tersebut sampai sepuluh tali habis. hasilnya terlihat seperti gambar di bawah ini.

Kreneng Pembungkus Daging Kurban Yang Ramah Lingkungan

2. Ngenam

Setelah ngeblek langkah selanjutnya adalah ngenam. Langkah ini lumayan sulit ya Gansist, ane aje lumayan lama belajarnya buat bisa ngenam.

Caranya adalah ambil salah satu bagian sisi eblekan tekan sedikit dan ambil tali ke 6 tarik ke sisi kiri sisipkan ke tali no 5, 3, dan satu, selanjutnya ambil tali no 5 tarik ke sisi kanan dan selipkan ke tali no 6, 8, 10, lakukan ke sampai sisi bagian itu teranyam semua. Setelah itu ambil bagian sisi kedua lakukan seperti cara tadi, lakukan sampai ke empat sisi teranyam semua.

Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Kreneng Pembungkus Daging Kurban Yang Ramah Lingkungan


Nah kreneng telah jadi Gansist, keren kan? Itulah tadi cara membuat kreneng.

Semoga bisa menginspirasi sobat kaskuser. Dan di Hari Raya Idul Adha tahun depan bisa menggunakan kreneng ini sebagai pembungkus daging kurban, sehingga sampah plastik bisa berkurang.

Kreneng ini juga bisa dipakai buat pembungkus buah dan gerabah loh. Yang mau melihat atau belajar bisa datang langsung di Desa Wisata Kali Pucang rt. 04 Bangunjiwo Kasihan Bantul, Gansist.

Sekian trit ane Gansist, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di trit berikutnya, pay pay ....

Jan lupa cendol n subscribenya ya

Sumber tulisan. Asli ts
Sumber gambar. Dokpri

Jogja, 12 Agustus 2019
Diubah oleh lintangayudy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 12
14-08-2019 04:12
Quote:Original Posted By gondez2011
Manteb tenan iki dab. Pernah nginep di Air* Kasihan, dapet pinjeman sepeda trs muter2 sawah, bukit kapur dan desa. Memang luar biasa desa ini. Tenteram, nyaman, hijau, penduduk ramah dan tidak jauh dari keramaian. Harga makanan juga murah, anak gw ampe kaget hahaha.
Semoga masih tetap terpelihara gan.

Wah jangan-jangan lewat rumahku, deaaku dikelilingi sawah dan benatuan kapur juga soalnya. Semoga bisa berkunjung lagi di sini. Amiin semoga anak cucu kita nantinya bisa tetap melestarikan adat budaya baik, amiin
profile-picture
gondez2011 memberi reputasi
1
14-08-2019 04:14
Quote:Original Posted By safirariandita
Wah kita tetangga sist! Rumah ane barat jembatan rusak emoticon-Malu (S)

Semoga tradisi nya bisa terus berlanjut ya.. supaya bisa terus menjaga lingkungan dan melestarikan Kreneng


Wow, Alhamdulillah ketemu tetangga. Di tempat kamu masih pake plastik, semoga besok bisa ketularan memakai wadah yang ramah lingkungan untuk membungkus daging kurban, ya. Amiin
0
14-08-2019 04:15
Quote:Original Posted By pinknam00
Karena warga +62 warga yg paling santuy tetap plastik yg paling di minati emoticon-No Hope


Memang, kesadaran dari diri kita sendiri yang bisa mengubahnya. Semoga saja trit ini bisa menginspirasi ya, Gan.

Semangat!emoticon-Jempol
0
14-08-2019 04:16
Quote:Original Posted By srks87
mantul... Dari bantul ya? jadi ingat "Buantul" Abdurrahman peserta hafidz RCTI emoticon-Cool


Owh iya wkwkwk logatnyaemang begitu, Gan. Lucu😅
0
14-08-2019 04:17
Quote:Original Posted By michaelmike1794
tradisional dan ramah lingkungan nih... mantul nih thread inspiratif dan informatif gini gan...


Amiin. Semoga bisa menggugah kesadaran masyarakat lainnya, agar sampah plastik semakin berkurang.
0
14-08-2019 04:20
Quote:Original Posted By Arleneoctav
Kreatif dan ramah lingkungan gan, cara ngerjainnya kaya pas ngayam zaman sd aja. Tapi pasti harganya lebih mahal dikit dibanding plastik


Di sini kita model patugan, Gan. Ada beberapa warga yang menyumbangkan bambu, ada yang tali dan dikerjakan bareng-bareng oleh ibu-ibu saat malam takbir. Kalau untuk ukuran segitu sih sekitar 400an rupiah.
0
14-08-2019 04:22
Quote:Original Posted By Kaskus3010
Salut deehh sekarang banyak Masyarakat yang makin aware sama bahaya plastik. Makin banyak juga perusahaan yang concern sama penggunaan plastik. Isunya makin penting buat kitaa. Bangga sama orang indonesia yang udh ubah mindsetnyaa buat makin peduli sama lingkungan dan makin jaga lingkungan


Bermulai dari kesadaran diri dulu, semoga menginspirasi buat yang lainnya. Jangan sampai kita mewariskan sampah plastik untuk anak cucu kita.
0
14-08-2019 04:23
Quote:Original Posted By DevilMayHorny
mantap, semoga bisa mengurangi sampah plastik.
Jogja istimewa~


Alhamdulillah, semoga menginspirasi ya, Gan.

Salam santun dari Jogja
0
14-08-2019 04:24
Quote:Original Posted By mars1234
Kereeennn kerenn semoga hal kecil kaya gini bisa berdampak besar buat masa depan nanti dan bisa membantu keselamatan kehidupan cucu cucu kitaa. Buminya makin seneng dehhh, Makin dirawat hahahaha


Amiin. Semoga saja kita tidak mewarisi samah plastik buat anak cucu kita. Ayok bergerak! Tunggu kapan lagi?

Semoga menginspirasi ya, Gan.
0
14-08-2019 04:25
patut di contoh nih, tapi bikin krenengnya lumayan sulit ya
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
1
14-08-2019 04:25
Quote:Original Posted By papkai84
keren banget..go green nihhh


Iya betul, sangat ramah lingkungan.

Semoga menginspirasi ya, Gan.
0
14-08-2019 04:26
Quote:Original Posted By Ana.WH26
woow ramah lingkungan ini gan


Banget. Semoga menginspirasi ya, Gan.
0
14-08-2019 04:28
Quote:Original Posted By 2V7
= kranjang emoticon-Leh Uga


Iya keranjang, tetapi di tempat ku namanya kreneng,Gan.
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
14-08-2019 05:04
Quote:Original Posted By TaraAnggara
patut di contoh nih, tapi bikin krenengnya lumayan sulit ya


Iya butuh ketelitian, sebenarnya sama seperti nganyam cuma ya mesti teliti aja sih
0
14-08-2019 05:12
Kreneng Pembungkus Daging Kurban Yang Ramah Lingkungan
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
1
14-08-2019 05:15
Ramah lingkungan ini, cuma butuh bbrp hari aja klo bahan dari bambu utk terurai emoticon-Cool
profile-picture
lintangayudy memberi reputasi
1
14-08-2019 05:56
Quote:Original Posted By lintangayudy
pejwan


Wah baru tau ni namanya kreneng
0
14-08-2019 05:59
ini jaman dulu, sebelum ada besek untuk berkat hajatan
0
14-08-2019 06:09
wih mantap masih ada yang mau bikin
0
Halaman 5 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.